Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? dan Pengaruhnya

ibu hamil minum kopi

Siapa yang tak mengenal minuman hitam dengan ciri khas rasa pahit ini.  Kopi, begitu banyak kalangan yang menyukai Aroma authentic dari minuman ini. Kopi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di Benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu.

Kini kopi sudah dibudayakan oleh lebih dari 50 Negara di dunia. Secara umum Kopi memiliki dua varietas pohon yang lebih di kenal yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora ), dan Kopi Arabika (Coffea Arabica).

Kopi sendiri merupakan salah satu minuman dengan pemrosesan yang sangat panjang, mulai dari pemilihan biji kopi unggulan, pengeringan, penyangraian, dan proses penggilingan atau penghalusan biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang siap untuk di seduh menjadi minuman.

Minuman hitam beraroma khas yang satu ini memang sangat digemari banyak orang baik pria maupun wanita tak terkecuali ibu hamil, namun banyak pro kontra yang sering menjadi pertanyaan masyarakat umum maupun ibu hamil itu sendiri, Bolehkah Ibu hamil minum kopi?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ?

bolehkah ibu hamil minum kopi

Seiring dengan perkembangan zaman, Kopi hadir dengan berbagai jenis olahan, dan memiliki ciri khas yang mampu mencuri hati setiap penikmatnya. Tak heran bila banyak orang yang tak bisa menolak kenikmatan dari minuman hitam ini termasuk Ibu hamil sendiri.

Namun, mengingat kondisi seorang ibu hamil, tentunya harus memikirkan kandungan dari makanan atau minuman yang dikonsumsinya, karena hal itu akan mempengaruhi kondisi pertumbuhan maupun perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Lalu … bolehkah ibu hamil minum kopi?

Banyak alasan yang mungkin bisa untuk menjawab pertanyaan tersebut, salah satunya ialah Kandungan kopi seperti Kafein yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.  Kandungan kafein pada kopi juga tidak baik bagi keselamatan dari janin yang ada di dalam kandungannya, karena hal ini bisa berdampak buruk bagi ibu hamil dan janinnya.

Kafein bisa menembus dan merusak plasena ibu hamil sehingga bisa memberikan dampak pada detak jantung bayi. Maka dari itu sebaiknya jumlah asupan Kopi untuk ibu hamil harus dibatasi sebanyak 200mg saja per harinya ( 2 cangkir kopi per hari).

Efek Negatif bagi Ibu Hamil Minum Kopi Secara Berlebihan

BAHAYA Kopi Untuk ibu hamil

Terlalu banyak meminum kopi atau terlalu banyak menerima asupan kafein pada orang normal bisa memberikan efek seperti insomnia, gejala kecemasan, detak jantung yang kencang, bahkan sampai gangguan pencernaan. Hal ini juga bisa dirasakan oleh ibu hamil yang menerima terlalu banyak asupan kafein kopi. Bukan hanya itu masih banyak dampak dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan bagi ibu hamil seperti :

1. Mengalami Keguguran

Terlalu banyak meminum kopi bahkan bisa berbahaya bagi janin dalam kandungan, atau sang ibu bisa melahirkan seorang bayi dengan prematur. Bahkan selain berdampak untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan, juga akan berdampak nyeri pada ulu hati dan bisa mengalami asam lambung.



2. Bisa Menyebabkan Anemia

anemia pada ibu hamil

Ibu hamil yang terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan anemia. Anemia sendiri sangat tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya. Secara umum kafein tidak hanya berasal dari kopi saja, melainkan banyak makanan dan minuman lain yang mengandung kafein seperti coklat, makanan ringan dan teh.

Oleh sebab itu seorang ibu hamil penting sekali untuk mencari informasi yang lebih mengenai makanan dan minuman apa saja yang mengandung kafein. Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa kafein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil setiap harinya hanya 200 mg.

3. Peredaran Darah yang Tidak Lancar

Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan bayi yang anda kandung memiliki aliran darah yang tidak lancar karena disebabkan pembuluh darahnya mengecil, bahkan oksigen pun tidak berjalan dengan lancar. Hal ini bisa menyebabkan bayi terkena berbagai macam gangguan kesehatan.

4. Gangguan Janin Dalam Kandungan

Terlalu banyak minum kopi bagi ibu hamil juga akan menyebabkan gangguan pada janin yang ada di dalam kandungan, gangguang yang dimaksud seperti testis atau tidak bisa turun dari panggil terlebih jika anak yang anda kandung berjenis kelamin laki- laki. Baca juga Sindrom Baby Blues.

5. Insomnia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa terlalu banyak minum kopi, akan menyebabkan insomnia bagi mereka yang sering meminum kopi. Hhal ini juga akan berdampak pada bayi yang di kandungan, seorang ibu hamil yang sering mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan bayi yang di kandungnya terkena insomnia.

6. Sesak Nafas

Ibu hamil yang terlalu banyak meminum kopi akan menyebabkan kafein yang merupakan kandungan utama dalam kopi akan masuk kedalam tubuh bayi dan hal itu bisa menyebabkan bayi terkena sesak nafas, dan seperti yang kita ketahui bahwa asma merupakan penyakit yang susah disembuhkan.

7. Bayi Terlahir Cacat Fisik ataupun Mental

Terlalu banyak menerima asupan kafein kopi juga akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan tidak tumbuh dan berkembang dengan sempurna, sehingga menyebabkan bayi lahir dengan cacat.

Secara singkat “Bolehkah Ibu hamil minum kopi ?”, ibu hamil TIDAK dianjurkan untuk meminum kopi. banyak minuman lain yang kaya akan gizi dan nutrisi yang baik untuk sang bayi, seperti misalnya, susu kedelai, susu sapi, susu kambing, jus buah, air putih dan minuman sehat lainnya.

Kesehatan ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan sang janin yang ada didalam kandungannya. Jika Anda terbiasa mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi per hari sebelum hamil, Anda bisa beralih ke minuman jenis lain yang pastinya tidak mengandung risiko kafein dan lebih sehat baik untuk Anda maupun janin. Contoh minuman alternatif yang dapat Anda konsumsi adalah teh atau kopi decaffeinated yang kandungan kafeinnya jauh lebih rendah atau sama sekali tidak ada.



Namun apabila anda adalah wanita penyuka kopi namun kondisi anda saat ini sedang hamil, bisa-bisa saja untuk mengkonsumsi kopi,  dengan catatan membatasi porsi kopi yang anda minum setiap harinya, seperti misalnya 2 cangkir kopi saja setiap harinya.

 

 

444 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Leave a Comment

error: Content is protected !!