Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Proses Melahirkan


mempersiapkan-kelahiranKehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu dalam sebuah hubungan pernikahan. Memiliki buah cinta sebagai hasil rasa cinta dan sayang dari sebuah hubungan adalah hal yang diimpikan semua pasangan. Untuk itu, kehamilan harus benar-benar dijaga dengan sebaik-baiknya terutama pada kehamilan pertama karena kondisi ibu dan rahimnya yang belum berpengalaman dalam hal ini. Selain itu, sebelum proses melahirkan ibu harus benar-benar tahu langkah-langkah atau tahapan persiapan dan juga tanda-tanda melahirkan sehingga ketika hal itu terjadi, ibu tidak panik dan bisa mengatasinya dengan tenang. Untuk pembahasan yang lebih jelas, ikuti terus artikel kali ini.

Tips Agar Melahirkan Normal dengan Bayi yang Sehat

Semua ibu pasti menginginkan cara melahirkan dengan proses yang normal dengan bayi yang sehat dan kondisi fisik yang lengkap dan tidak cacat. Untuk itu anda perlu tahu beberapa tips agar melahirkan secara normal dengan bayi yang sehat. Yang pertama adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko bayi lahir dalam keadaan cacat seperti cacat jantung bibir sumbing dan lainnya. Asam folat juga sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang. Makanan yang mengandung asam folat adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Usahakan untuk selalu mengkonsumsinya setiap hari sebagai persiapan melahirkan dengan normal.

Lalu anda juga perlu menghindari yang namanya rokok. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif pun beresiko dapat mengakibatkan kelahiran bayi dengan cacat seperti bibir sumbing atau bahkan hingga kematian. Selama pra melahirkan, vaksinasi juga sangat dibutuhkan untuk membantu melindungi ibu dari resiko terinfeksi kuman atau penyebab cacat lainnya. Dengan vaksinasi juga, ketika ibu melahirkan, si jabang bayi memiliki kemungkinan besar lahir dalam keadaan sehat. Selain rokok, alkohol juga sangat berbahaya bagi kesehatan terutama ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Anda juga harus senantiasa hidup dengan sehat dengan cara melindungi diri dari berbagai penyebab infeksi yang bisa membahayakan kehamilan anda dan juga calon bayi anda. Budayakan hidup bersih dan sehat. Dan terakhir, selalu lakukan konsultasi kepada dokter kepercayaan agar perkembangan kondisi kehamilan selalu diketahui dengan baik.



Tahapan Persiapan Jelang Melahirkan

proses-melahirkanMenyambut kedatangan si kecil adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Untuk itu perlu dilakukan beberapa persiapan melahirkan sejak usia kandungan ibu mulai memasuki trimester ketiga. Jika anda telah melakukan USG dan mengetahui jenis kelamin calon bayi anda, sebaiknya anda memulai persiapan dengan membeli berbagai keperluan bayi sehingga ketika lahir nanti tak perlu repot lagi harus membeli ini itu. Selain itu, anda juga sudah bisa menyiapkan sebuah nama untuk sang jabang bayi. Masa-masa ini merupakan masa yang sangat indah mengingat calon bayi yang ada di kandungan anda akan segera hadir.

Selanjutnya, alangkah baiknya jika anda mendiskusikan segala sesuatu mengenai proses persalinan dan juga tempat melahirkan dengan dokter kandungan anda sejak usia kandungan memasuki trimester ketiga atau 6 bulan kehamilan. Disini juga akan ditentukan proses melahirkan atau persalinan yang akan anda jalani sesuai dengan kondisi kesehatan anda sendiri dan juga janin dalam kandungan anda. Perkirakan segala sesuatunya seperti jauhnya jarak yang akan anda tempuh sehingga ada baiknya jika anda menyewa sebuah kamar di rumah sakit terlebih dahulu.

Lalu persiapkan juga tas yang berisi keperluan menjelang dan setelah melahirkan. Setelah Ibu melahirkan biasanya dibutuhkan baju tidur dengan desain kancing depan agar bisa menyusui si kecil dengan mudah. Selain itu, dibutuhkan pula pakaian dalam, pembalut khusus pasca melahirkan, keperluan mandi, korset dan juga alat untuk memompa ASI serta beberapa keperluan bayi seperti popok kain, baju, celana, kaus kaki, selimut, sarung tangan dan juga topi. Anda juga bisa menyiapkan hal-hal lain yang bisa membantu mengusir rasa bosan anda ketika harus berada di rumah sakit dengan waktu yang cukup lama.

Dan satu hal yang amat sangat perlu anda persiapkan menjelang kelahiran adalah bukan hanya segala persiapan menyambut kehadiran si kecil, tapi diri anda sendiri. Kondisi fisik dan psikis anda harus benar-benar dalam keadaan yang sehat. Untuk kesehatan fisik, anda bisa melakukan persiapan sebelum melahirkan dengan selalu menjaga pola makan secara teratur dan juga konsumsi makanan yang kaya akan gizi serta vitamin yang bisa membantu kelancaran proses melahirkan nanti. Sedangkan untuk psikis, biasanya ibu akan mengalami rasa cemas secara berlebihan menjelang kelahiran dan kekhawatiran terhadap proses yang akan dijalani.

Untuk mengatasi masalah psikis ini, anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter pribadi anda karena kondisi psikis atau mental yang tenang merupakan salah satu bentuk persiapan melahirkan yang sangat penting. Terlebih pada ibu dengan usia kehamilan yang tua sangat rentan mengalami stres pra melahirkan. Pastikan kondisi anda selalu dalam keadaan tenang dan tidak cemas secara berlebihan. Pikirkan tentang kebahagiaan yang akan menghampiri anda ketika si kecil yang selama 9 bulan terjaga di dalam kandungan, telah lahir dan bisa melihat dunia.

Tanda-Tanda Ibu akan Melahirkan

Memasuki bulan-bulan akhir, ibu atau ayah sebaiknya mengetahui tanda-tanda yang biasa terjadi sebelum proses melahirkan sebagai persiapan untuk segera ditindak lanjuti. Tanda-tanda ibu akan melahirkan biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian selangkangan. Ini dikarenakan posisi kepala bayi yang mulai turun dan menekan ke bagian tulang pelvis. Selain pada bagian selangkangan, anda pun akan merasakan sakit pada bagian tulang belakang dan juga panggul. Lalu tanda lainnya adalah keluarnya cairan kental yang tercampur dengan darah.

Selanjutnya, tanda ibu melahirkan yang sudah lumrah terjadi adalah kontraksi. Kontraksi ini biasanya sangat kuat menyerang dengan rasa sakit pada bagian punggung lalu pada bagian perut bawah. Ketika rasa sakit ini menjalar ke bagian perut, anda akan merasakan perut anda mulai mengeras. Lalu akan berlanjut pada proses bukaan yang pada tahap awal akan berlangsung dengan waktu yang cukup lama dan muncul setiap 15 hingga 20 menit. Setelah itu rasa sakitnya akan semakin menguat dan menjadi lebih sering sekitar 3 sampai 5 menit sekali. Hal ini akan membuat anda terasa sangat tidak nyaman dan sebaiknya anda cepat dibawa ke rumah sakit sebelum air ketuban pecah. Pastikan anda tetap tenang dengan mengambil nafas secara pendek-pendek tapi juga cepat.


Dan tanda terakhir adalah dengan air ketuban yang pecah. Ini terjadi akibat desakan kontraksi dan juga kepala bayi yang terus menekan mulut cervix. Jika hal pecahnya air ketuban ini sudah terjadi, maka proses melahirkan pun akan segera berlangsung. Demikianlah sedikit informasi tentang segala sesuatu mengenai kehamilan dan kelahiran yang mungkin bisa membantu anda yang masih awam terhadap hal-hal yang berbau kehamilan. Pastikan anda selalu menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hindari pekerjaan berat karena itu akan memperngaruhi kesehatan kandungan anda dan juga janin dalam kandungan anda. Semoga bermanfaat.

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • yg perlu ibu ketahui sebelum melahirkan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: