Hal Hal Yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil


Di jaman modern seperti sekarang ini, perkembangan dunia medis sudah semakin maju dan mampu memberikan kontribusi yang begitu besar bagi dunia ibu dan anak, sehingga berkat daya dukung kesehatan yang semakin maju itu pula maka kebanyakan kehamilan berlangsung normal, alamiah, dan tanpa masalah.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian selama masa kehamilan berlangsung. Tujuannya adalah agar kehamilan berlangsung aman dan lancar, ibu dan bayi yang dikandungnya sehat dan selamat sampai pada saatnya persalinan berlangsung. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat tentu diperlukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, serta dibutuhkan persiapan dan rencana yang baik pula untuk menyongsong persalinan. Agar itu semua bisa tercapai, maka ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Menerapkan Jadwal Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin-Berkala

Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur bertujuan untuk menjaga agar ibu dan bayi yang dikandung bisa terpantau kesehatannya. Apabila ada masalah maupun penya- kit pada ibu hamil atau pada janin akan dapat segera diketahui, sehingga bisa ditangani dengan segera. Ibu hamil dapat menghubungi bidan, dokter kandungan, puskesmas, rumah sakit, maupun klinik-klinik bersalin swasta, untuk keperluan pemeriksaan kehamilan ini.

Yang penting untuk diperhatikan adalah, dalam melakukan pemeriksaan kehamilan sebaiknya tidak berpindah-pindah dari satu dokter ke dokter lain, dari klinik yang satu ke klinik yang lain, dan sebagainya. Hal ini untuk mengantisipasi persalinan kelak.

Karena apabila persalinannya bermasalah, para ahli medis ditempat persalinan tersebut akan kesulitan mendapatkan catatan medis yang merekam semua basil pemeriksaan selama masa kehamilan, sehingga akan menghambat dalam memberikan pertolongan.

Pemeriksaan kehamilan dilakukan secara menyeluruh meliputi; pengukuran panggul, ada tidaknya penyakit yang membahayakan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, apakah ibu hamil menderita kurang darah, dan sebagainya.

Pemeriksaan kehamilan dilakukan secara teratur mengikuti usia kehamilan;

jadwal pemeriksaan kehamilan

Namun demikian, ibu hamil harus segera mencari dokter atau bidan apabila menemukan tanda-tanda kurang baik, keluhan, atau gangguan pada kehamilannya, supaya bisa segera mendapatkan pertolongan.

Ibu hamil juga perlu melakukan imunisasi tetanus. Hal ini bertujuan agar bayi yang akan dilahirkan nantinya tidak terserang penyakit tetanus talipusat, yang merupakan suatu penyakit yang sangat mematikan. Imunisasi tetanus bagi ibu hamil diberikan sebanyak 3 kali pada usia kehamilan 3-8 bulan;

Imunisasi Tetanus pada ibu hamil

 

2. Menjalankan Pola Hidup Keseharian yang Sehat Bagi Ibu Hamil

Semua ibu hamil perlu menjaga kesehatannya selama masa kehamilan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ke- hamilannya tetap sehat adalah sebagai berikut;

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Pada masa kehamilan, terjadi perubahan fisik yang berpengaruh pada hormonal dan tingkat nafsu makan ibu hamil. Hal ini akan berpengaruh besar pada kesehatan mulut. Untuk itu diperlukan perawatan yang teratur untuk menjaga kesehatan mulut. Buruknya kesehatan mulut akan berdampak tidak baik pada asupan nutrisi ibu hamil, dimana asupan nutrisi ini sangat penting dan dibutuhkan bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup janin dalam kandungan.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Pada masa kehamilan ada dua hal yang berdampak pada gigi ibu hamil.

Yang pertama adalah terjadinya perubahan hormonal yang berakibat pada melemahnya gigi dan gusi. Masalah yang sering timbul pada ibu hamil adalah terjadinya radang gusi (gingivitis), pembengkakan dan perdarahan pada gusi, dan terkadang melonggarnya gigi-gigi. Bahkan ada beberapa ibu hamil mengalami tumor kehamilan pada gusi, yaitu munculnya benjolan pada gusi yang berwarna ungu kemerahan dan terasa sakit.

Yang kedua adalah berkaitan dengan perubahan pola makan. Ibu hamil sering mengalami mual dan muntah- muntah, dan pola makannya pun juga berubah, salah satunya adalah mengidam makanan atau camilan yang manis-manis, sehingga mengakibatkan gigi berlubang dan membusuk. Bakteri yang ada pada gigi dan mulut ibu hamil dapat menular kepada bayi dalam kandungan. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulutnya, terlebih selama masa kehamilan.

Apabila terjadi masalah pada gigi selama kehamilan, segeralah menghubungi dokter gigi agar bisa secepatnya mendapat pertolongan. Namun penting untuk diketahui bahwa sebagian besar obat tidak dianjurkan selama masa kehamilan, termasuk obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, maupun piroksikam. Obat-obatan tertentu seperti tetrasiklin dapat mempengaruhi perkembangan susunan gigi pada bayi sehingga tidak boleh diberikan selama masa kehamilan.

Oleh karena itu, beritahukan kepada dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil sehingga dokter bisa mengubah rencana perawatan gigi Anda berdasarkan informasi tersebut.

Tindakan medis/pengobatan gigi selama trimester pertama kehamilan sebisa mungkin harus dihindari, karena

periode tersebut adalah masa penting pertumbuhan dan perkembangan bayi sehingga sebaiknya menghindari se- gala tindakan medis pada ibu hamil yang bisa berpengaruh pada bayi dalam kandungan. Namun setelah menginjak trimester kedua, tindakan medis yang rutin pada gigi boleh dilakukan. Singkatnya, segala tindakan medis terhadap gigi yang dapat ditunda, sebaiknya ditunda sampai melewati waktu persalinan.

Informasi berikut ini mungkin bisa dijadikan tips yang sangat berguna berkaitan dengan kesehatan gigi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya;

Selama masa kehamilan, nutrisi yang baik sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil, karena dengan demikian bayi yang dikandungnya juga akan mendapatkan nutrisi yang baik pula dari tubuh sang ibu. Dengan mengkon- sumsi makanan yang sehat dan bernutrisi baik, seorang ibu hamil telah berperan serta dalam pembentukan dan perawatan gigi yang baik bagi bayinya sejak masih dalam kandungan. Perlu diketahui bahwa gigi bayi mulai berkem- bang pada tiga bulan pertama usia kehamilan. Oleh karena itu pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D dan kalsium yang cukup dalam menu sehari-hari. Sebagai contoh; produk susu, keju, maupun yoghurt merupakan sumber kalsium dan mineral yang baik bagi perkembangan gusi, gigi, dan tulang pada bayi dalam kandungan.

  1. Merawat Payud4ra

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil pada masa kehamilan adalah perawatan payud4ra. Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya. Saat hamil payudar4 akan membesar, dan area seki- tar puting menjadi berwarna lebih gelap dan sangat peka. Semua ini telah disiapkan oleh alam bagi ibu hamil untuk menyusui bayinya kelak.

Perawatan p4yudara dilakukan setiap hari selama 6 minggu terakhir masa kehamilan dengan cara berikut;

  • Menggosok puting susu secara perlahan-lahan dengan handuk yang lembut setiap habis mandi. Hindari peng- gunaan sabun agar puting susu tidak kering dan lecet.
  • Memilin puting susu dengan meletakkan ibu jari dan telunjuk pada puting susu. Pilinlah secara hati-hati dengan memutarnya ke kiri dan ke kanan dengan pelan.
  • Dengan gerakan memutar, urutlah payud4ra secara perlahan-lahan dengan cara menekankan jemari dan ibu jari di atas dada. Lakukan gerakan memutar ini pada seluruh permukaan payud4ra, dimulai dari bagian atas dan berakhir di daerah sekitar put1ng susu. Pengurutan dapat dilakukan dengan menggunakan minyak atau krim yang tidak mengandung minyak wangi.

Dengan perawatan yang telaten, payud4ra akan menjadi sehat. Jika payud4ra sehat, maka produksi dan pengelu- aran air susu (ASI) akan menjadi deras dan lancar. Puting susu pun sehat dan tidak mudah lecet maupun terinfeksi.

  1. Mengenakan Pakaian Yang Sehat
  • Pakaian ibu hamil sebaiknya longgar, nyaman, dan mudah dikenakan.
  • Pilih Bra/BH yang sesuai dengan ukuran p4yudara supaya bisa menyangga seluruh bagian p4yudara.
  • Pada kasus kehamilan yang menggantung, perut perlu disangga menggunakan pembebat kehamilan, berupa stagen atau kain bebat di bawah perut.
  • Hindari memakai sepatu berhak tinggi.
  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Ibu hamil tidak boleh makan secara berlebihan, tetapi juga tidak boleh kekurangan. Makanan yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan ibu hamil, karena dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang bisa mengakibatkan keracu- nan kehamilan, atau ukuran bayi menjadi besar sehingga akan menyebabkan kesulitan saat kelahiran kelak.

Namun kekurangan makan juga tidak baik bagi kesehatan, karena tubuh menjadi bdak cukup kuat untuk memelihara kehamilan dan menempuh kelahiran, disamping itu bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah. Bayi yang demikian tergoiong bayi yang lemah, mudah sakit, dan terancam kematian.

3. Mengontrol Berat Badan dengan Benar

Menjaga Berat Badan Ibu Hamil

Berat badan ibu hamil yang sehat adalah yang penambahannya antara 10-12 kg sejak sebelum hamil.

Apabila berat badan naik melebihi 16 kg, lakukan hal-hal berikut ini;

  1. Kurangi makanan yang banyak mengandung zat pab. Seperb makanan yang berasal dari tepung gandum, beras, jagung, ketela, atau juga kue-kue.
  2. Kurangi makanan yang berlemak bnggi.
  3. Konsumsi sayur dan buah-buahan harus cukup.

Apabila berat badan tetap atau kurang, lakukan hal-hal berikut;



  1. Perbanyak asupan makanan yang berpntein tinggi, seperti telur, susu, ikan, tabu, tempe, serta daging.
  2. Perbanyak konsumsi jenis makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, daun katuk, kangkung, dan sayuran hijau lainnya untuk penambah darah.

Apabila berat badan normal namun kaki membengkak, lakukan hal berikut; kurangi makanan yang asin-asin.

4. Mengelola Emosi Selama Kehamilan

Pada masa kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hormon-hormon pada wanita akan mengalami pasang-surut yang sangat tajam. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap emosi. Sehingga pada wanita hamil sering terjadi perubahan-perubahan emosi secara mendadak. Apabila PMS (Pre Menstrual Syndrome) yang terjadi setiap sebelum wanita mendapatkan siklus menstruasi setiap bulan saja sudah bisa membuat emosi wanita berubah-ubah, apaiagi di saat hamil? Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga agar emosinya selama masa kehamilan tidak melonjak tajam naik-turun, dan meledak-ledak?

Memahami efek kehamilan pada pola pikir seseorang akan membantu Anda dalam mengelola emosi yang berubah-ubah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena pada dasarnya tekanan emosi tidak memiliki efek negatif pada kondisi kehamilan. Memang benar bahwa tekanan emosi bisa menimbulkan stress yang berpengaruh pada ibu hamil, tapi belum ada indikator yang jelas akan pengaruhnya bagi janin dalam kandungan. Yang sudah pasti diketahui oleh para ahli adalah bahwa ketika mengalami stress.

Detak jantung ibu hamil akan meningkat dan sang janin dalam kandungan bisa merasakan perubahan ini.

Jadi, strategi yang bagaimanakah yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dalam mengelola emosinya supaya bdak menjadi stress? Berikut ini mungkin bisa menjadi tips yang bermanfaat bagi ibu hamil dalam mengelola emosinya dan mencegahnya menjadi stress yang merugikan;

  1. Tingkatkan rasa percaya pada diri sendiri.
  2. Luangkan waktu untuk membaca buku-buku yang bisa memberi inspirasi dalam menikmati dan mensyukuri kehidupan yang merupakan anugerah bada tara.
  3. Perbanyak pengetahuan mengenai kehamilan dan perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh Anda.
  4. Lepaskan tekanan emosi dengan melakukan aktivitas ringan yang nyaman dan menyenangkan, seperti jalan santai di pagi hari, berenang, mendengarkan musik, mendengarkan lagu-lagu favorit, atau hal-hal kecil lainnya yang menjadi kesukaan Anda.
  5. Usahakan untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan.
  6. Dapatkan dukungan dari keluarga, sahabat, dokter atau ahli medis lainnya.
  7. Pelajari teknik-teknik relaksasi lewat buku atau mengambil kelas-kelas khusus, atau dengan mengikuti latihan-latihan relaksasi seperi yoga dan meditasi.
  8. Manjakan diri dengan mengkonsumsi makanan-makanan lezat kesukaan Anda dengan tetap memperhatikan nilai gizi dan kesehatannya.
  9. Lakukan yang terbaik untuk segala hal, dan selalu prioritaskan kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

5. Memahami Pentingnya Relaksasi

Saat mengandung, ibu hamil sangat memerlukan istira- hat secara cukup dan hams tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Namun biasanya meskipun letih dan lelah, ibu hamil mungkin sulit tidur. Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang medis yang semakin maju akhirnya mampu menjelaskan bahwa rasa lemah, lelah, dan letih yang dialami ibu hamil disebabkan oleh metabolisme janin yang dikandungnya.

Janin dalam kandungan tumbuh dan berkembang sepan- jang waktu, dan metabolismenya tidak pernah surut meski pada malam hari. Sel-selnya selalu bekerja sangat cepat. Hal ini be- rarti, tubuh sang ibu harus selalu menyediakan nutrisi dan oksi- gen bagi sang janin. Karena metabolisme yang tidak pernah reda inilah sehingga sang ibu menjadi lemah, lelah, dan letih.

Namun hal ini bukanlah masalah besar. Hal ini merupakan rangkaian proses yang alamiah selama kehamilan. Ibu hamil akan beradaptasi dalam tahapan-tahapan kehamilannya.

Pada trimester pertama kehamilannya, ibu hamil mungkin merasa sangat lelah karena, meskipun janin yang dikandungnya masih kecil tetapi sang ibu harus berjuang mengatasi berbagai perubahan hormonal yang terjadi secara dramatis dalam tubuhnya karena kehamilan tersebut.

Namun demikian, saat menginjak trimester kedua, biasanya ibu hamil sudah bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi dan mulai merasa lebih bertenaga, bukannya kelelahan.

Pada trimester ketiga, terutama 6 minggu menjelang per- salinan, ibu hamil mungkin akan merasa kelelahan lagi dan perlu menambah waktu istirahatnya sebanyak 2 sampai 4 jam per hari. Apabila kesulitan untuk mengatur waktu isbrahat secara teratur setiap hari, maka sebaiknya ibu hamil bersantai atau beristira- hat setiap ada kesempatan. Alternatif lainnya adalah, ibu hamil bisa berbaring-baring saja tidak harus sampai tertidur. Dan ketika duduk, usahakan untuk mengangkat kaki sebisanya.

Istirahat dan relaksasi sangat penting pada masa kehami- lan. Oleh karena itu, apabila ibu hamil merasa sangat kelelahan, jangan melawannya tetapi beristirahatlah setiap ada kesempatan, semua demi keamanan dan keselamatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

6. Melakukan Senam Kehamilan dan Latihan Pernapasan

latihan pernafasan ibu hamil

Senam kehamilan dan latihan pernapasan sangat penting bagi ibu hamil karena bermanfaat untuk memperlancar persali- nan nantinya. Ada banyak program senam, latihan pernapasan, dan olahraga pranatal yang diselenggarakan oleh rumah-rumah sakit maupun oleh klinik bersalin. Anda bisa memilih program dan cara pengajaran yang paling Anda sukai. Selain di rumah sakit dan klinik bersalin, Anda juga bisa mengikuti program- program semacam itu yang biasanya juga diselenggarakan oleh organisasi-organisasi independen atau workshop yang khusus ditawarkan untuk ibu hamil.

Berikut ini adalah latihan-latihan sederhana yang juga dia- jarkan dalam program-program tersebut yang bisa Anda pelajari dan Anda praktekkan sendiri di rumah;

1. Latihan-Latihan Pemanasan

Latihan-latihan pemanasan hams selalu dilakukan sebelum memulai program senam atau olahraja pranatal. Latihan-latihan pemanasan ini bermanfaat untuk merang- sang sirkulasi darah, mengendorkan otot-otot, dan tulang- tulang sendi sehingga bisa bergerak lebih bebas, dengan demikian akan mengurangi risiko kerusakan. Ulangilah setiap latihan pemanasan sebanyak lima sampai sepuluh kali.

a. Pergelangan tangan, Tangan, dan Lengan.

Duduklah bersila di lantai dengan posisi punggung tegak lurus, lengan di angkat lurus ke depan, dan kedua siku terkunci. Tegakkan jari-jari Anda ke arah langit-langit, kemudian ganti arahkan ke bawah menunjuk lantai.

b. Pergelangan dan Telapak tangan

Tekuklah lengan Anda ke arah dada, kepalkan kedua telapak tangan dan letakkan di depan dada. Bukalah telapak tangan Anda, dan lemparkan keluar seolah- olah sedang melemparkan mantera.

c. Pinggang

Duduklah bersila, dengan posisi tegak lalu dongakkan kepala ke atas. Lepaskan nafas dan tengokkan badan ke kanan. Posisikan tangan kanan di lantai arah be- lakang punggung, gunakan untuk menumpu badan. Letakkan tangan kiri di lutut kanan dan gunakan sebagai pengungkit untuk memutar tubuh Anda agak ke be- lakang lagi, regangkan otot-otot pinggang.

d. Dada

Duduklah bersila di lantai. Tariklah tangan ke belakang punggung sehingga punggung tangan Anda bertolak belakang dengan punggung tubuh. Tempelkan kedua telapak tangan bagian dalam, gerakkan siku ke luar dan ke dalam. Dongakkan kepala ke atas, tarik dan keluar- kan nafas dan tahan posisi tubuh ini selama 20 detik.

e. Lengan dan bahu

Duduklah bersila di lantai, angkat lengan kanan ke atas dan regangkan ke arah langit-langit. Tekuklah tangan kanan ke belakang dan jatuhkan di punggung. Satukan jari-jari tangan kiri lewat bawah dengan jari-jari tangan kanan. Regangkan otot-otot tangan dan bahu selama 20 detik. Lakukan sebaliknya, tangan kanan di bawah dan tangan kiri di atas.

f. Tungkai dan kaki I

Duduklah tegak lurus dengan kaki berselonjor ke depan. Sanggalah berat tubuh Anda menggunakan kedua tangan di lantai. Tekuk dan luruskan lutut secara ber- gantian.

g. Tungkai dan kaki II

Duduklah dengan tungkai berselonjor lurus ke depan. Keluarkan nafas, tariklah jari-jari kaki ke arah tubuh Anda dan doronglah tumit ke arah depan dengan se- dikit mengangkatnya. Tariklah nafas dan dorong jari- jari ke depan. Kepalkan tangan dan letakkan di punggung bagian bawah. Gosokkan kedua kepalan tangan ketika Anda meregangkan kaki ke atas dan ke bawah.

2. Latihan-latihan Umum

Latihan-latihan umum ini cukup mudah dan dapat dilakukan setiap hari. Tujuan dari latihan ini adalah untuk memberikan manfaat kesehatan selama masa kehamilan. Seluruh gerakan dilakukan secara pelan di lantai terbuka, sehingga Anda akan merasa nyaman dan rileks. Ketika baru pertama kali melakukan latihan ini, Anda cukup mengulanginya sampai lima kali saja. Kemudian pada lati- han-latihan berikutnya bisa Anda tingkatkan hingga Anda bisa melakukannya sebanyak 10 atau 15 kali. Namun jangan terlalu memaksakan diri, berhentilah sebelum Anda merasa kelelahan

a. Penguatan Dada

Latihan ini dilakukan untuk menguatkan otot-otot dada di belakang payudara untuk membantu me- nyangga payudara ketika membesar. Duduklah bersila di lantai, peganglah kedua lengan Anda kuat-kuat dan angkat siku setinggi bahu. Dorong lengan Anda ke arah siku dan Anda akan merasakan mengencangnya otot- otot di bawah payudara.

b. Penguatan Paha

Bersila di lantai dengan posisi punggung tegak. Rapat- kan kedua telapak kaki dan tumit sedekat mungkin dengan tubuh Anda. Letakkan tangan di pergelangan kaki dan, dengan punggung tegak, dorong tubuh Anda ke depan dengan menekankan siku pada lutut. Tahan peregangan ini selama 20 detik.

c. Penguatan Pantat dan Paha

Berbaringlah dengan kedua lengan diletakkan di samping tubuh, tungkai terbuka, lutut di tekuk, telapak kaki menjejak di lantai. Angkat pantat Anda ke atas, kemudian angkat lingkar panggul. Tahan selama 5 detik kemudian lepaskan.

d. Penguatan Punggung

Ambil posisi merangkak, lengan lurus di bawah bahu Anda> wajah menghadap ke lantai. Tarik tungkai kanan lurus ke belakang, kemudian angkat lengan kiri lurus ke muka sehingga kaki kanan dan lengan kiri Anda lurus dengan punggung. Tahan selama 5 detik. Turunkan tungkai dan lengan lalu ulangilah dengan tungkai dan lengan lainnya dengan punggung tetap lurus.

f. Pelemasan Pinggul dan Penguatan Perut



Berdiri dan angkat tungkai kanan lurus ke depan setinggi dan senyaman mungkin. Ayunkan kaki kanan ke belakang dan ke depan. Ulangi hal yang sama untuk

 

586 kali dilihat, 17 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • apa yang dilakukan ibu untuk menjaga kehamilan secara islami
  • hal hal yang di butuhkan ibu hamil
  • hal hal yg dianjurkan saat sdng hamil
  • hal yang dianjurkan bagi ibu hamil
  • https://ibu-hamil id/hal-hal-yang-dianjurkan-bagi-ibu-hamil/
  • makanan yang baik bagi ibu menyusui
  • senam untuk ibu hamil 8 bulan
  • tindakan yang dapat dilakukan pada ibu hamil

Leave a Comment

error: Content is protected !!