Kumpulan Do’a Untuk Ibu Hamil

Doa untuk ibu hamil

Tahukah bunda, Bahwa ahlak yang baik bisa diturunkan kepada anak sejak dalam kandungan. Banyak hal yang harus dilakukan ibu hamil untuk memberikan hal yang baik untuk anaknya sedini mungkin. Mulai dari menjaga asupan makan yang bergizi dan kaya akan nutrisi, hingga menjaga sikap dan sifat yang baik, agar sifat dan sikap tersebut menurun kepada anaknya sampai ia lahir kedunia ini.

Sebagai seorang muslim, do’a merupakan hal yang baik dilakukan para ibu hamil untuk membentuk perilaku sang anak saat di dalam kandungan, hingga ia lahir kedunia nantinya.

amalan dan doa doa bagi ibu hamil

Do’a untuk ibu hamil di lakukan untuk memohon kepada yang Maha Kuasa agar bayi bisa lahir dengan sempurna dan sehat wal afiat, serta di berikan kecerdasan dan ahlak yang baik. Selain aktivitas fisik yang bisa di lakukan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang janin dalam kandungan, Do’a sangat di perlukan untuk menyempurnakan segala usaha yang dilakukan oleh sang ibu maupun keluarga lainnya, karena seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu tidak akan terjadi tanpa restu dan ridho Nya.

Segala hal yang ada di dunia ini terjadi atas seizin Tuhan Yang Maha Esa. Do’a adalah hal penting yang seharusnya kita panjatkan di dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk umat muslim.

Apa Saja Do’a Untuk Ibu Hamil?

Banyak sekali kumpulan do’a di dalam kitab suci Al-qur’an yang bisa dijadikan sebagai panutan untuk umat muslim, maupun do’a-do’a yang bisa kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari.  Termasuak do’a yang diamalkan untuk ibu hamil, berikut ini do’a untuk ibu hamil. ( Baca Juga: Amalan dan Dzikir Untuk Ibu Hamil. )

Bacaan Alqur'an bagi ibu hamil

1. Surat Ali Imran 35-36

Do’a pertama di ambil dari surat Ali Imran ayat 35 – 36;

Bismillahirrahmanirrahim,

Robbi inni nadzaartulaka maa fiibathnii muharroron fattaqobbalminni , Innaka antassami’ul alim.

Artinya :

“ Ya Tuhanku , sesungguhnya aku menazarkan kepadaMu anak yang ada di dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh (shaleha) dan berkhidmat , karena itu terimalah (nazar) itu daripada ku . Ya Tuhan kami engkaulah maha mengetahui dari segalanya , aku mohon berikanlah perlindungan Mu untuknya dan untuk semua keturunannya dari seta yang terkutuk .

 

2. Surat Ali Imran 38

Do’a yang satu ini di berikan untuk ibu hamil agar kelak ia dapat melahirkan keturunan yang baik untuk keluarga maupun untuk orang lain.

“Rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa”

Yang Artinya :

Ya Allah berikanlah kepadaku dasri sisi – Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkaulah Maha Pendengar.

3. Surat Ibrahim 40

Do’a untuk ibu hamil selanjutnya di ambil dari potongan surat Ibrahim ayat 40:

“Robbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa”

Yang artinya :

Ya Allah Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku sebagai orang – orang yang tetap mendirikan shalat . Ya Tuhan kami perkenankanlah do’a ku.

 

4. Surat Al Furqan 74

Do’a untuk ibu hamil yang ini bertujuan untuk memohon keturunan yang bisa I menenangkan hati yang bisa menjadi penenang hati agar menjadi dambaan bagi setiap orang, do’a ini di ambil dari surat Al – Furqan 74,

“Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata a’yuniw waaj’alnaa lilmuttaqiina imaaman”

 

Amalan Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Selain beberapa do’a untuk ibu hamil diatas, Surat Maryam juga bisa dijadikan sebagai do’a untuk ibu hamil.

Surat Maryam Untuk Ibu Hamil



Bacaan Surat Maryam 1 -15

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
كٓهٰيٰعٓصٓ ۚ١
1. Kaaf Haa Yaa ‘Aiin Saad.
ذِكْرُ رَحْمَةِ رَبِّكَ عَبْدَهٗ زَكَرِيَّا ۚ٢
2. (Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hamba-Nya, Zakaria,
إِذْ نَادٰى رَبَّهٗ نِدَآءً خَفِيًّا ٣
3. (yaitu) ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut.
قَالَ رَبِّ إِنِّيْ وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّيْ وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَّلَمْ أَكُنْ بِدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيًّا ٤
4. Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku.
وَإِنِّيْ خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَّرَآئِيْ وَكَانَتِ امْرَأَتِيْ عَاقِرًا فَهَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّا   ۙ٥
5. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabatku sepeninggalku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu,
يَرِّثُنِيْ وَيَرِثُ مِنْ اٰلِ يَعْقُوْبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا ٦
6. yang akan mewarisi aku dan mewarisi dari keluarga Yakub; dan jadikanlah dia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai.”
يٰزَكَرِيَّآ إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلٰمٍ اسْمُهٗ يَحْيٰىۙ لَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا ٧
7. (Allah berfirman), “Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya.”
قَالَ رَبِّ أَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ غُلٰمٌ وَّكَانَتِ امْرَأَتِيْ عَاقِرًا وَّقَدْ بَلَغْتُ مِنَ الْكِبَرِ عِتِيًّا   ٨
8. Dia (Zakaria) berkara, “Ya Tuhanku, bagaimana aku akan mempunyai anak, padahal istriku seorang yang mandul dan aku (sendiri) sesungguhnya sudah mencapai usia sangat tua?”
قَالَ كَذٰلِكَ قَالَ رَبُّكَ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ وَّقَدْ خَلَقْتُكَ مِنْ قَبْلُ وَلَمْ تَكُ شَيْئًا ٩
9. (Allah berfirman), “Demikianlah.” Tuhanku berfirman, “Hal itu mudah bagi-Ku; sungguh telah Aku ciptakan sebelum itu, padahal (pada waktu itu) engkau belum berwujud sama sekali.”
قَالَ رَبِّ اجْعَلْ لِّيْٓ اٰيَةًۗ قَالَ اٰيَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ النَّاسَ ثَلٰثَ لَيَالٍ سَوِيًّا ١٠
10. Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda.” (Allah berfirman), “Tandamu ialah engkau tidak dapat bercakap cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal engkau sehat.”
فَخَرَجَ عَلٰى قَوْمِهٖ مِنَ الْمِحْرَابِ فَأَوْحٰٓى إِلَيْهِمْ أَنْ سَبِّحُوْا بُكْرَةً وَّعَشِيًّا ١١
11. Maka dia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu dia memberi isyarat kepada mereka; bertasbihlah kamu pada waktu pagi dan petang.
يٰيَحْيٰى خُذِ الْكِتٰبَ بِقُوَّةٍۗ وَاٰتَيْنٰهُ الْحُكْمَ صَبِيًّا ۙ١٢
12. “Wahai Yahya! Ambillah (pelajarilah)*  Kitab (Taurat) itu dengan sungguh sungguh.” Dan Kami berikan hikmah kepadanya (Yahya)* selagi dia masih kanak kanak,
وَّحَنَانًا مِّنْ لَّدُنَّا وَزَكٰةًۗ وَكَانَ تَقِيًّا ۙ١٣
13. dan (Kami jadikan) rasa kasih sayang (kepada sesama) dari Kami dan bersih (dari dosa). Dan dia pun seorang yang bertakwa,
وَّبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا ١٤
14. dan sangat berbakti kepada orang tuanya, dan dia bukan orang yang sombong (bukan pula) orang yang durhaka.
وَسَلٰمٌ عَلَيْهِ يَوْمَ وُلِدَ وَيَوْمَ يَمُوْتُ وَيَوْمَ يُبْعَثُ حَيًّا ؑ١٥
15. Dan kesejahteraan bagi dirinya pada hari lahirnya, pada hari wafatnya, dan pada hari dia dibangkitkan hidup kembali.

Surat Maryam adalah surat ke 19 di dalam Al – Qur’an. berikut adalah beberapa kandungan surat Maryam untuk ibu hamil;

1. Keimanan:

Kandungan dari surat Maryam yang pertama adalah tentang keimanan, untuk menyadarkan kita bahwa Allah bisa melakukan apapun sesuai dengan kehendak-Nya, sekalipun hal itu bisa menyimpang dengan logika dan hukum alam seperti lahirnya nabi Isa a.s. yang diketahui lahir tanpa ayah, namun beliau bukan lah anak Allah, karena mustahil Allah mempunyai anak.

2. Kisah – kisah

Banyak kisah–kisah yang tersurat yang ada didalam surat Maryam salah satunya kisah dari nabi Zakaria a.s, dimana beliau berdoa untuk memperoleh anak dan allah mengabulkan do’a beliau. Padahal usia beliau sudah sangat tua dan istri beliau di nyatakan sebagai wanita yang mandul, selain itu menceritakan tentang kelahiran Isa a.s , Kisah nabi Ibrahim a,s, dan beberapa nabi lainnya.

3. Kisah Lainnya,

Selain memuat kisah tentang para nabi, dalam surat ini juga menceritakan dan memperingati umat muslim tentangan ancaman terhadap  orang yang meninggalkan sembahyang dan mengikuti nafsu duniawi.

Sebagai seorang umat muslim kita memang selalu disarankan untuk melakukan ibadah termasu untuk membaca do’a – do’a setiap harinya. Beberapa do’a di dalam kitab suci Al – Qur’an yang di sarankan untuk ibu hamil karena bertujuan agar ibu hamil mudah menjalani persalinan dan melahirkan dengan selamat dan lancar.

Maka dari itu disarankan untuk ibu hamil khususnnya umat muslim agar menghafal dan membaca do’a untuk ibu hamil sebelum menjalani proses persalinan agar mendapatkan kemudahan dalam menjalani persalinannya. Surat Maryam untuk ibu hamil di percaya wanita atau ibu hamil yang sering membaca surat Maryam akan melahirkan anak yang cantik apabila anak yang dikandungnya adalah perempuan. Dan bila anak yang dikandungnya adalah laki-laki sebaiknya ibu hamil sering membaca surat yusuf agar anak laki – laki yang ia lahirkan nanti setampan nabi yusuf. Baca juga: nama bayi perempuan islami.

Namun disamping tujuan dari surat-surat tersebut, sebagai umat yang beragama kita memang sudah sewajarnya untuk selalu memanjatkan do’a kepada sang pencipta, Do’a yang ibu hamil yang sering beribadah di masa kehamilannya dipercaya bisa menurun menjadi kebiasaan sang bayi nantinya. Adapun surat Maryam untuk ibu hamil adalah Surat Maryam ke 19 ayat 1 – 15, akan lebih baik jika dibaca semuanya.



Do’a untuk ibu hamil sendiri di harapkan bisa memberikan perlindungan dan kemudahan bagi ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya, serta sebagai umat yang beragama khususnya agama islam. Memanjatkan do’a dalam posisi yang lagi hamil juga di harapkan mengajarkan kepada bayi yang ada di dalam kandungan agar ia selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar ia menjadi anak yang sholeh maupun sholeha dan pastinya berguna bagi kedua orang tua dan sesama.

379 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • doa hamil
  • doa ibu hamil
  • SURAT MARYAM 1-15
  • doa untuk ibu hamil
  • doa selama hamil
  • doa agar yg ada dlm kandungan cewek
  • doa buat yang hamil
  • doa ibu hamil sampai lahir
  • doa kesehatan ibu hamil
  • doa mudah melahirkan surat aliimran

Leave a Comment

error: Content is protected !!