Manfaat telur bagi ibu hamil

Choline, pada Telur Bermanfaat Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin


Telur merupakan salah satu jenis makanan yang populer yang enak dan praktis untuk di makan. Praktis dikonsumsi sebagai makanan untuk sarapan, makan siang, makan malam, lauk, dan pendamping menu utama makanan ibu hamil. Selain mudah diperoleh, telur juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir beberapa studi ilmiah menyatakan bahwa telur memiliki kadar kolesterol yang tinggi, namun telur tetap menjadi pilihan utama makanan yang baik bagi kesehatan kehamilan.

Manfaat telur bagi ibu hamil

Nutrisi pada telur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan juga untuk janin dalam kandungan. Kandungan choline yang terdapat pada telur ternyata baik sekali untuk meningkatkan perkembangan otak pada janin. Itulah sebabnya dalam FASEB journal yang diterbitkan tim University of North Carolina, menyatakan ibu hamil dibolehkan makan telur. Karena, di US (United State of America), telur termasuk yang dihindari untuk dikonsumsi ibu hamil, karena khawatir bakteri masuk melalui pori telur dan membahayakan kesehatan ibu hamil.

Dari hasil penelitian tim tersebut, terbukti bahwa choline berperan penting untuk perkembangan otak janin terkait dengan kemampuan mengingat. Asupan choline untuk wanita hamil disarankan mencapai 425 mg per hari sedangkan untuk pria 550 mg per hari.



Sumber choline terbesar terdapat dalam daging merah tanpa lemak (lean meat), kacang-kacangan dan
telur. Intinya, tumbuh ke bayi yang sehat secara optimal memang dimulai dari asupan nutrisi ibu yang cukup sebelum dan selama kehamilan

Memperbaiki Sel Tubuh Yang Rusak

Selama masa kehamilan, bunda sangat rentan dengan kondisi atau kesehatannya. Aktivitas dan beban perutnya, mampu memicu gangguan kehamilan karena kerusakan sel yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu di sarankan bagi ibu hamil untuk menambahkan telur pada menu makanannya. Sebab khasiatnya mampu memperbaiki sel yang rusak. Bukan hanya itu, namun telur juga berguna untuk merawat sel, memperbaiki, dan menjaga kualitas sel agar tetap baik.

Telur juga mengandung manfaat dan asupan energi yang cukup untuk ibu hamil.

  • Telur kaya akan protein, folat dan zat besi, nutrisi yang penting bagi wanita hamil.
  • Telur adalah sumber yang baik dari beberapa vitamin dan juga mengandung mikro-nutrisi yang disebut lutein, yang juga diperlukan untuk kesehatan.

Khasiat telur bagi kehamilan ibu

Tips Aman Makan Telur Selama Kehamilan

Berikut  tips aman mengkonsumsi telur bagi ibu hamil  untuk mengurangi resiko yang disebabkan oleh makan telur selama kehamilan:

  • Jangan meninggalkan telur yang dimasak pada suhu kamar selama lebih dari 2 jam, bahkan telur rebus ( Telur rebus tidak boleh disimpan lebih dari tiga hari di dalam lemari es.).
  • Untuk mengurangi resiko bahaya bakteri salmonella pada telur. Telur harus dimasak sempurna hingga kedua kuning dan putihnya padat. Telur harus dimasak dengan matang sempurna untuk membunuh bakteri lainnya yang mungkin ada.
  • Telur disimpan pada suhu 4-5 °C / pada lemari es.
  • Jagalah telur dalam wadah terpisah dan tidak bersentuhan dengan makanan lain.
  • Hindari memasak Telur dengan cangkang yang rusak, sebab bakteri dan kotoran sudah masuk ke dalamnya. Cuci tangan Anda dengan baik setelah memegang telur.
  • Berhati-hati saat menangani telur mentah, jangan sampai isinya mencemari makanan lain atau peralatan memasak.

Kalau Bunda berhati-hati dan selalu melakukan tindakan pencegahan, maka mengkonsumsi telur bagi ibu hamil terbukti sangat baik bagi Kesehatan ibu hamil dan Janin.


Semoga Bunda sehat selalu!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: