Tips Kehamilan – Cek Lendir Cerviks

cek lendir serviks

Salah satu cara untuk mengetahui masa subur Bunda yaitu cobalah untuk selalu mengecek Lendir Serviks atau cervical mucus. Cervical mucus adalah gumpalan lendir seperti putih telur, lentur dan jika dipegang tidak terputus yang biasa Anda dapati di area mrs V. Cara melihatnya bisa dengan menggunakan tisu atau jari bersih. Jika terdapat cervical mucus di mrs V, itu pertanda Anda berada dalam puncak masa subur dan menjadi saat yang paling tepat untuk melakukan hubungan dengan pasangan agar cepat hamil. Baca juga: Waspadai Bahaya Kanker Seviks.

Lendir cerviks ini memungkinkan sperma melaju ke saluran tuba dengan mudah. Sperma juga bisa bertahan “hidup” selama dua hingga tiga hari menunggu sel telur matang.

Jika Anda sampai saat ini belum hamil, ada berbagai cara yang bisa Anda dan pasangan usahakan untuk memiliki buah hati. Salah satu cara sederhana adalah mengetahui lendir serviks.

Mengapa? Karena lendir serviks ini mempengaruhi masa kesuburan dan membantu Anda untuk hamil lebih pasti.

cek lendir serviks

1. Apa itu lendir serviks?

Lendir serviks adalah cairan kental yang keluar dari rahim melalui liang mrs V. Mengecek masa subur bisa dilakukan dengan melihat tekstur lendir serviks ini. Selama siklus, Anda pasti akan mengalami haid. Selama haid, hanya darahlah yang keluar dari mrs V. Usai haid, mrs V akan bersih dan kering selama beberapa hari. Baru kemudian Anda mulai memiliki endapan lendir yang lengket.

cek lendir serviks

Jika mendapati tanda ini, peluang Anda untuk hamil lebih kecil, karena pada masa ini Anda tidak subur. Beberapa hari menjelang ovulasi, lendir akan segera berubah menjadi lebih jernih dan licin. Bentuknya sangat mirip dengan putih telur ayam dan jumlahnya banyak. Lendir inilah yang jadi alarm waktunya berhubungan agar cepat Hamil. Lendir ini juga yang membuat hamil lebih pasti karena kemampuannya membawa sperma menuju ke sel telur jauh lebih mudah. Baca juga posisi tidur ibu hamil yang direkomendasikan.

Apakah seorang perempuan sedang dalam masa subur atau tidak, bisa dilihat dari tekstur dan banyaknya lendir serviks yang keluar. Untuk memeriksa kondisi lendir ini, ambil sedikit dengan menggunakan jari langsung dari mrs V, atau dari tisu toilet, atau dari lendir yang tertinggal di celana dalam.

cek lendir serviks dan masa subur



2. Mengecek Lendir Serviks Sebagai Tanda Masa Subur Anda

Penjelasan berikut akan membantu Anda mengecek masa subur.

  • Lendir serviks memprediksi puncak kesuburan.

Selama masa menstruasi, jumlah, warna, dan tekstur lendir yang ada di leher rahim ini akan berubah karena fluktuasi kadar hormon. Bentuk dan tekstur kondisi lendir ini setiap bulan membantu memprediksi kapan masa paling subur Anda.

  • Lendir serviks seperti putih telur: subur

lendir serviks suburSetelah haid. Anda akan melihat perubahan tekstur lendir, yaitu menjadi lebih basah dan licin setelah beberapa hari. Lendir yang teksturnya seperti putih telur diyakini sebagai penAnda masa paling subur.

Teksturnya yang halus dan elastis memungkinkan sperma berenang dengan mudah menuju sel telur. Saking elastisnya, lendir ini di masa subur bisa diregangkan sekitar 5-7,5 cm tanpa putus di tengah.

  • Lendir serviks bening dan lentur: subur

lendir serviks tampak basahSemakin mendekati masa ovulasi, serviks akan lebih basah dan teksturnya menjadi semakin elastis (cenderung cair). Tujuannya, semakin memudahkan sperma bergerak kencang menuju sel telur.

Pada kondisi seperti ini. Anda mungkin akan merasa sedang buang air kecil di celana. Lendir yang ada di leher rahim ini pada masa subur warnanya benar-benar bening dengan tekstur yang licin dan fleksibel (cenderung cair).

  • Lendir Serviks seperti krim: tidak subur

Lendir serviks tampak seperti lotionSetelah masa ovulasi, lendir tidak lagi basah atau licin. Lendir serviks dengan tekstur krim ini dianggap tidak subur karena menghambat pergerakan sperma. Warna lendir biasanya putih atau kuning krem. Teksturnya yang tebal membuat lendir ini seperti losion saat digosokkan di antara jari.

 

  • Lendir Serviks lengket: tidak subur

lendir serviks lengketMenuju masa menstruasi, tekstur lendir ini biasanya menjadi lebih lengket dan rekat. Ini menunjukkan Anda berada dalam kondisi yang kurang subur. Teksturnya tebal dan kental seperti pasta lengket, membuat sperma semakin sulit berenang ke dalam rahim.

  • Mencatat Siklus Haid

Mencatat perubahan tekstur lendir serviks setiap bulan membantu Anda menemukan pola siklus menstruasi pribadi. Dengan begitu, memprediksi masa paling subur pun akan lebih mudah.



Semoga Bermanfaat.

195 kali dilihat, 11 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • gambar lendir servik
  • lendir serviks jernih lengket
  • lendir subur

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!