Ibu Hamil Menyusui

Cara Menyusui dan Asupan Bergizi untuk Ibu Menyusui


Memberikan ASI eksklusif merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu terhadap anaknya. Dengan menyusui, anak akan mendapatkan asupan nutrisi yang sehat yang tentu akan mendukung bayi tersebut untuk semakin berkembang dan tumbuh dengan sempurna dan dengan maksimal seperti yang diharapkan oleh semua orang tua. Menyusui adalah sangat penting karena bayi membutuhkan ASI dimana ASI tersebut mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sang bayi.

cara-menyusui-bayi

Dan supaya ASI berkualitas, si Ibu menyusui juga harus memperhatikan kesehatan dan juga menjaga asupan nutrisi supaya ASI yang nantinya akan diberikan kepada bayi mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa asupan makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui.



Asupan Makanan Untuk Ibu Menyusui

Asupan makanan yang pertama yang sangat dianjurkan sebagai makanan ibu menyusui adalah telur. Telur ini merupakan salah satu sumber protein yang sangat mudah untuk ditemukan dan cara pengolahannya pun juga sangat mudah. Dan kuning telur ini juga memiliki peran yang sangat besar dalam proses metabolisme tubuh. Dan telur ini juga tidak akan meningkatkan kolesterol darah anda sehingga telur ini sangat aman untuk dikonsumsi. Makanan untuk ibu menyusui yang kedua adalah sayuran hijau. Sayuran hijau ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, apalagi untuk disalurkan kepada bayi melalui ASI.

Makanan ibu menyusui selanjutnya adalah Salmon. Salmon ini sangat baik dan bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu menyusui. Salmon ini mengandung asam amino dan juga omega 3 yang nutrisinya sangat baik untuk perkembangan otak buah hati anda. Dan salmon ini juga mengandung berbagai macam vitamin yang akan menyehatkan ibu yang sedang menyusui tersebut dan akan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.

Selain Salmon, sereal gandum juga ternyata sangat baik karena mengandung serat dan karbohidrat yang cukup untuk ketahanan tubuh anda dan buah hati. Dan sereal ini biasanya dimakan bersama dengan susu. Dan untuk ibu menyusui sebaiknya menggunakan susu yang rendah lemak. Selain rasanya lezat, susu juga mengandung kalsium yang sangat berguna untuk tulang anda dan buah hati.

Cara Menyusui Bayi Yang Benar

Sebagian orang mengira bahwa menyusui bayi adalah hal yang sangat mudah. Namun tidak bagi sebagian wanita. Bagi wanita, apalagi yang baru pertama kali menyusui menganggap bahwa cara menyusui bayi adalah hal yang tidak mudah. Karena pada kali pertama memang lidah bayi terasa kasar sehingga kerap kali melukai puting payudara ibu menyusui. Hal ini pun sering kali membuat ibu menyusui menjadi enggan dan malas untuk menyusui. Namun karena kasih sayangnya terhadap anaknya sehingga kesakitan itu bukan menjadi masalah asalkan gizi dan nutrisi anak tercukupi melalui ASI maka hal itu sudah sangat melegakan bagi si ibu.

Dan karena sebagian ibu menyusui belum begitu mengetahui cara menyusui yang benar, maka berikut ini akan kami ulas mengenai cara menyusui bayi yang benar. Pada saat pertama kali bayi lahir tentu bayi akan merasa kehausan dan tentunya menyusui adalah juga merupakan tahap ke sekian kali dari proses persalinan. Dan pada tahap ini bayi akan ditengkurapkan pada bagian dada sang ibu, lalu dengan instingnya sendiri bayi akan mulai menjilat-jilat payudara ibunya untuk menemukan bagian putingnya. Dan tahukah anda bahwa pada saat bayi menjilati payudara ibunya, air liur bayi tersebut ternyata sangat berguna untuk merangsang payudara sang ibu untuk mengeluarkan ASI.

Dan selanjutnya setelah bayi menemukan putting susu ibunya, sang bayi akan langsung menyedot air susu ibu tersebut. Dalam hal ini ada beberapa wanita yang bisa langsung mengeluarkan air susu secara otomatis. Namun ada juga sebagian wanita yang mengalami kesulitan karena air susunya belum keluar atau jumlah air susu yang keluar sangat sedikit dan dalam hal ini tentu wanita membutuhkan bantuan pompa air susu. Dan jika anda mengalami hal ini sebaiknya anda hubungi dokter atau bidan yang bersangkutan supaya anda mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dan untuk melancarkan keluarnya ASI ini, biasanya bidan atau dokter akan meyarankan berbagai macam suplemen dan makanan ibu menyusui supaya merangsang keluarnya ASI.

Gambar Ibu Sedang Menyusui Bayi

Langkah Langkah Menyusui Bayi yang Dianjurkan

Sesaat setelah bayi lahir sebaiknya segera disusui, proses ini selambat-lambatnya dilakukan tiga puluh menit setelah bayi dilahirkan. Dan pada pertama kali menyusui ini jika anda masih belum begitu cekatan maka mintalah bantuan pada bidan. Dan sebaiknya ibu menyusui membersihkan tangan dahulu sebelum melakukan proses menyusui ini. Karena dengan membersihkan tangan maka anda akan bersih dari bakteri dan kuman yang bisa mengganggu dan bahkan bisa masuk ke dalam mulut bayi jika anda menyentuh payudara anda. Selanjutnya perah sedikit ASI atau kolostrum lalu perahan tersebut dioleskan ke daerah bagian puting dan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bayi supaya dapat menemukan puting susu ibunya.

 

Posisi Bayi Yang Benar Saat Menyusui

Dan posisi ibu menyusui sebaiknya bisa duduk atau sambil berbaring atau tiduran. Terserah si ibu lebih nyaman untuk duduk atau sambil berbaring yang terpenting si ibu tidak merasa tegang atau pegal. Dan posisi yang benar untuk si bayi supaya si bayi tersebut juga merasa nyaman sehingga bisa menikmati ASI dan bisa lebih banyak mendapatkan asupan ASI. Posisi yang benar yang pertama adalah dengan menempelkan perut bayi ke perut ibu. Lalu posisi yang kedua adalah dengan menempelkan dagu bayi pada payudara ibu dan posisi yang ketiga adalah telinga dan lengan bayi usahakan agar berada dalam satu garis lurus.

Dan yang terakhir adalah usahakan mulut bayi supaya terbuka lebar sehingga mampu menutupi seluruh area gelap di sekitar puting susu. Dengan posisi tersebut dapat dipastikan bayi akan merasa nyaman saat menyusu sehingga bayi akan betah dan makin banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bayi. Lalu bagaimana caranya agar mulut bayi mau terbuka lebar?

Caranya adalah memancingnya dengan menggunakan puting payudara ke daerah sekitar mulut bayi. Dengan cara menyusui bayi yang benar ini akan terangsang dan akan membuka mulutnya. Setelah bayi membuka mulut langsung masukkan puting payudara ke dalam mulut bayi.

Ibu Hamil Menyusui

 

Cara Melepaskan Puting Susu dari Mulut Bayi

Jika bayi telah terlalu lama menyusu namun air susu ibu menyusui telah kosong, jadi mungkin saja anda ingin memindahkan bayi ke payudara yang sebelah namun bayi anda tidak mampu melepaskan putting susu anda. Lalu bagaimana caranya agar bayi mau melepaskan putting susu anda tanpa melukai bayi? Caranya adalah dengan menekankan dagu bayi ke arah bawah. Dengan begitu mulut bayi akan terbuka dan putting susu anda akan terlepas dari mulut bayi.


Atau jika dengan cara itu bayi anda masih belum mau melepaskan putting susu anda, maka anda bisa memasukkan jari ke dalam mulut bayi. Dengan begitu bayi akan melepaskan putting susu anda. Dan hal terpenting dalam cara menyusui bayi adalah selalu utamakan ASI. Berikan ASI untuk bayi selama 6 bulan penuh dan berikan ASI dan makanan tambahan yang lunak hingga bayi berumur 2 tahun.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: