Cara Memandikan Bayi Dengan Mudah

cara memandikan bayi

Mengikuti perkembangan bayi anda memanglah hal yang menyenangkan, dan memiliki kesan tersendiri ketika anda harus terlibat dalam mengurus bayi anda. Terlebih jika anda adalah ibu muda yang baru saja memiliki bayi dan itu sebagai pengalaman pertama anda. Cobalah untuk mengurus bayi anda sendiri walau mungkin anda akan membutuhkan bantuan dari orang terdekat seperti ibu anda ataupun kerabat anda yang sudah pengalaman dalam menangani si kecil.

Memandikan bayi memang susah-susah gampang, sebab sifat bayi yang aktif membuat kita terkadang kewalahan dalam menanganinya.  Ada beberapa cara memandikan bayi yang mudah untuk dilakukan oleh ibu di rumah, terlebih bila anda adalah ibu pemula yang baru saja memiliki seorang bayi. Hal ini akan membantu anda untuk mengurus si kecil dengan mudah.

 

Tips Cara Memandikan Bayi Dengan Mudah Bagi Ibu Pemula

cara mudah memandikan bayi

Sebelum anda memandikan bayi anda, pastikan anda sudah mengetahui waktu yang tepat untuk memandikan bayi anda. Dan yang paling penting ketika anda memandikan bayi anda di rumah, anda tidak boleh meninggalkan bayi anda sendirian, walaupun hanya beberapa detik saja.

Dan hal yang kedua yang harus anda perhatikan sebelum anda memandikan bayi, pastikan anda dalam keadaan bersih baik dari keadaan tubuh anda maupun baju anda. Sebab anda adalah orang pertama yang akan bersentuhan pertama kali dengan bayi ketika ia sedang mandi maupun sesudah mandi.

Berikut dibawah ini beberapa tips cara memandikan bayi yang mudah bagi ibu pemula :

1. Persiapkan Ruangan

Sebelum anda mulai memandikan bayi anda, pastikan anda memiliki ruangan yang bersih dengan suasanya yang nyaman. Bunda tidak harus selalu memandikan bayi anda di dalam kamar mandi, anda bisa memandikan bayi anda diruangan lain yang nyaman untuk bayi dan untuk anda sendiri. Sebab terkadang memandikan bayi biasanya menggunakan bak, dan pastikan anda meletakan bak tersebut di permukaan lantai yang bersih dan stabil, yang terpenting ialah ibu merasa nyaman untuk memandikan si kecil.

2. Peralatan Mandi

Persiapkan perlatan mandi seperti sabun, shampoo bayi , handung dan perlatan lainnya sebelum mulai memandikan bayi, agar nantinya anda mudah menjangkau peralatan mandi tersebut, agar bunda tidak kesusahan saat ingin mengambil peralatan mandi tersebut.

3. Air di Dalam Bak

Pastikan anda sudah menuangkan air dalam bak mandi bayi terlebih dahulu sebelum anda membawa bayi anda, dan jika bayi anda masih di bawah umur 6 bulan. Pastikan air yang digunakan pun aman untuk bayi, seperti air hangat kuku yang aman untuk suhu tubuh bayi dan baik untuk kesehatan bayi tersebut, agar ia merasa nyaman selama anda memandikannya. Baca juga mengetahui penyebab bayi menangis dari jenis tangisanya.

4. Temperature Air

Cara memandikan bayi selanjutnya ialah anda harus memastikan temperature dari air yang anda gunakan untuk memandikan bayi anda, hampir sama seperti langkah di atas, bahwa biasanya untuk memandikan bayi, anda harus menggunakan air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, agar kulit bayi tetap merasa aman dan nyaman.

 

5. Melepaskan Pakaian

Cara memandikan bayi selanjutnya, memasuki tahap melepas pakaian bayi, pada langkah ini pastikan bahwa anda melepaskan pakaian bayi anda dengan hati-hati, karena bila anda tidak hati-hati akan menyakiti leher dan kepala si bayi, setelah anda melepaskan pakaian si kecil masukan lah bayi kedalam bak mandi yang sudah berisi air secara perlahan.



6. Memandikan Bayi

cara memandikan bayi

Langkah selanjunya, ialah memandikan si kecil , cara memandikan bayi mulailah dengan membasuh tubuh si kecil secara lembut dan perlahan. Gunakan satu tangan untuk membasuhkan air kepada tubuh mungil si bayi, dan kemudian satu tangan yang lainnya untuk memegang tubuh si bayi. Dalam tahapan membasuh tubuh bayi mulailah dari tubuh, kemudian bagian atas seperti kepala leher dan yang lainnya. Ingat, harus hati-hati ketika memandikan bayi pada bagian wajahnya.

7. Keluarkan Bayi dari Bak Mandi

Jangan lebih dari 5 menit ketika anda memandikan bayi, sebab jika anda memandikan bayi terlalu lama akan membuat bayi anda merasa kedinginan. Angkatlah si bayi perlahan dan hati-hati, setelah mengeluarkan bayi dari bak mandi cepatlah selimuti bayi anda dengan handuk yang lembut, dan segeralah keringkan tubuhnya dengan lembut.

8. Gunakan Lotion Bayi

Setelah anda selesai mengeringkan tubuh bayi dari sisa air yang menempel di tubuh bayi, gunakan lotion bayi pada tubuh si kecil. Hal ini bertujuan untuk memberikan dan menjaga kelembaban kulit bayi dan jangan lupa untuk memilih lotion yang anti nyamuk, agar bayi anda terhindar dari gigitan nyamuk sepanjang hari. Oleskan lotion bayi pada sekujur tubuhnya, khususnya di bagian tubuh yang mudah kering seperti bekas popok bayi .

9. Memberikan Pakaian Bayi.

Setelah semuanya selesai, pasanglah pakaian yang bersih untuk bayi anda. Pastikan anda memilih pakaian yang lembut dan nyaman untuk bayi anda, agar ia bebas bergerak dan mudah menjalani aktifitas hariannya setiap harinya. Berikan wangi-wangian kepada bayi anda, agar dia selalu segar sepajang hari, pastikan wangi – wangian tersebut aman untuk bayi anda.

Itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan mengenai cara memandikan bayi yang mudah bagi ibu pemula, dan semoga bisa memberikan manfaat bagi anda. Sebagai orang tua merawat bayi memang perlu ketelitian dan kehati-hatian. Sebab kesehatan bayi sendiri sangat rentan karena seperti yang kita ketahui bahwa bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

cara mengatasi bayi sering kaget

Ada banyak perawatan bayi yang harus kita perhatikan, demi kebersihan si kecil. Ada beberapa mitos yang beredar mengenai si kecil seperti kebiasaan memandikan si kecil dengan air dingin dan di percaya bisa membuat bayi jadi kuat. Kenyataannya ini adalah mitos belaka, sebab faktanya hal itu akan membuat bayi kedinginan dan membakar metabolism tubuh si kecil meningkat.



Dan bisa membuat bayi mudah sakit, sebaiknya memandikan bayi dengan air hangat kuku atau dengan susu sekitar 37o Celcius , dan cukup dengan waktu 5 menint saja untuk memandikannya, memandikan bayi tidak perlu lama karena seperti yang kita ketahui bahwa bayi tidak kotor maka dari itu tidak perlu membersihkan bayi dengan mandi terlalu lama.

 

 

315 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Leave a Comment

error: Content is protected !!