Cara Cek NUPTK Online Berdasarkan Nama & Nik Mudah 2022

Buat para guru ataupun para tenaga kependidikan yang ingin cek NUPTK secara online ataupun mencetaknya, tetapi belum tau caranya. NUPTK ini adalah nomor yang hanya didapat oleh mereka yang menjadi guru atau para tenaga pendidik.

Ketika seseorang sudah mendapatkan nomor ini maka tidak akan berubah meskipun tempat mengajarnya itu berpindah-pindah. Apakah NUPTK ini langsung didapat begitu seseorang menjadi guru?

Atau proses bagaimana yang harus dilalui agar setiap gur dan tenaga pengajar bisa mendapatkan NUPTK ini dan juga apa kegunaannya. Informasi yang lebih lengkap lagi mengenai Cek NUPTK dan semua yang berkaitan dengan NUPTK akan kami jelaskan secara rinci di ayovaksindinkeskdi.id.

Apa Itu NUPTK?

apa-itu-nuptk

Apakah kamu sudah pernah mendengar soal kode NUPTK? Kode yang satu ini pastinya masih asing di kalangan beberapa orang karena NUPTK ini hanya dimiliki oleh masyarakat tertentu saja. Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara cek NUPTK.

Kamu harus tahu dulu tentang NUPTK itu sebenarnya apa dan gunanya untuk apa? NUPTK adalah singakatan dari Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Sesuai dengan namanya saja berarti orang yang memiliki NUPTK ini hanyalah para pendidik dan juga tenaga pendidik.

NUPTK ini bisa dimiliki oleh semua guru dan juga tenaga pendidik lainnya yang sudah memenuhi kualifikasi. Perlu diketahui juga kalau NUPTK ini bisa dimiliki oleh tenaga pengajar yang sudah PNS maupun yang masih honorer.

Ketika seseorang sudah mendapatkan NUPTK sekali, maka nomor tersebut tidak akan berubah meskipun kamu pindah kerja ke luar kotak. Nomor dari NUPTK ini terdiri dari 16 angka unik yang tentunya setiap orang itu berbeda.

Kode ini tentu saja dibuat untuk kegunaan tertentu yang berkaitan dengan pendidikan. Tidak semua orang bisa mendapatkan kode NUPTK ini karena hanya yang berprofesi sebagai pengajar dan juga tenaga pendidik lah yang berhak mendapatkan kode tersebut.

Mungkin pembaca disini ada yang merupakan seorang guru atau tenaga kependidika yang belum tau syarat untuk mendapatkan nomor NUPTK atau masih bingung mengenai cara cek status NUPTK itu bagaimana. Untuk itulah akan kami jelaskan informasi yang lebih lengkap lagi di ayovaksindinkeskdi.id.

Syarat Untuk Mendapatkan Nomor NUPTK

Jika kamu adalah seorang guru atau tenaga kependidikan di suatu sekolah dan merasa belum mendapatkan NUPTK. Maka jangan lupa untuk daftarkan dirimu agar bisa memperoleh kode khusus tersebut.

Untuk mendapatkan kode NUPTK ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi lebih dulu. Baik itu tenaga pengajar yang sudah berstatus PNS ataupun yang belum. Ada persyaratannya tersendiri dan kamu harus baca baik-baik agar tidak salah.

Proses pengajuan ini bisa dilakukan sendiri atau diajukan langsung oleh pihak sekolah. Namun, kamu tetap harus tahu syarat yang harus dilengkapi jika ingin memperolah nomor unik pengajar dan tenaga kependidikan ini.

Apa saja syarat yang dibutuhkan? Ini dia daftar persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendapatkan kode NUPTK resmi.

Berikut ini adalah syarat pendaftaran kode NUPTK bagi guru atau tenaga kependidikan honorer.

  • Mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Melampirkan ijazah dari sekolah dasar hingga pendidikan yang ditempuh terakhir
  • Memenuhi syarat kualifikasi pendidikan, yaitu mininal D-IV atau S-1 khususnya para pengara yang berada di satuan pendidikan formal
  • Melampirkan SK pengangkatan dari Kepala Dinas Pendidikan jika bertugas di satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah
BACA JUGA   Aplikasi Penghasil Uang 2024

Untuk guru atau tenaga pengajar yang sudah PNS, maka syarat yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah Pendidikan
  • Memenuhi syarat kualifikasi pendidikan
  • Melampirkan SK pengangkatan PNS dan SK penugasan dari Dinas Pendidikan

kalau kamu sudah memenuhi semua syarat yang tertera di atas maka barulah bisa mengajukan untuk mendapat kode NUPTK yang resmi.

Cara Mendapatkan NUPTK Bagi Seorang Guru Dan Tenaga Kependidikan

cara-mendapatkan-nomor-unik-gtk

Sebelum kita membahas NUPTK, mungkin kamu juga penasaran kan bagaimana sih cara mendapatkan NUPTK ini. Ada beberapa cara yang harus kamu lalui sebelum pada akhirnya kamu bisa mendapatkan kode nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan ini.

Admin akan menjelaskan secara tunas langkah apa saja yang harus kamu lakukan dari awal hingga akhir. Simak baik-baik penjelasan berikut ini karena siapa tahu saja di kemudian haari kamu menjadi seorang guru atau tenaga kependidikan.

Dan jika waktunya tiba kamu sudah tidak bingung lagi mengenai cara mendapatkan kode unik ini. Cara untuk mendaptkan NUPTK ini ya hanya dengan mendaftarkan diri melalui dinas pendidikan.

Meskipun kamu sudah lama menjadi tenaga pengajar ataupun tenaga kependidikan, tetapi belum pernnah mengajukan pendaftaran sama sekali. Ya, itu artinya kamu tidak memiliki kode NUPTK dan tidak bisa di cek NUPTK apakah statusnya aktif ataukan tidak.

Memenuhi Syarat Yang Ditetapkan

Langkah pertama yang tentu saja harus kamu lalui adalah menyiapkan semua persyaratan yang sudah ditentukan. Pada pembahasan seelumnya kami sudah menjelaskan apa saja dokumen syarat yang harus kamu lengkapi untuk mendaftarkan diri mendapatkan kode NUPTK ini.

Tidak boleh ada syarat yang tidak terpenuhi karena kalau salah satu saja tidak ada, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan kode tersebut. Semua syarat tadi bisa kamu lengkapi lebih dulu.

Kalau untuk pendaftaran kan bisa diajukan secara online dan semua syarat dokumen bisa kamu scan untuk kebutuhan pendaftaran. Jangan sampai ada syarat yang terlewat ya teman-teman.

Mengajukan Pendaftaran

Jika kamu sudah melengkapi semua syarat yang diminta, maka sekarang waktunya untuk mengajukan pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu repot pergi ke Dinas Pendidikan atau tempat mengurus kode NUPTK ini.

Dimana mereka bisa mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan kode unik tersebut? Kamu bisa langsung membuka link website vervalptk data kemendikbud dan sebelumnya kamu harus memiliki akun untuk login terlebih dahulu.

Biasanya semua tenaga pengajar pasti sudah memiliki akun untuk login ke dalam website kemendikbud ini. Kalau kamu berhasil login maka langkah selanutnya adalah mengunggah semua persyaratan yang diminta ke dalam kolom yang telah disediakan.

Baca baik-baik formulir yang tertera dan apa saja yang diminta. Jangan sampai salah memasukkan data ya karena itu akan berakibat fatal jika sudah dikonfirmasi. Jika kamu sudah mengunggah semua persyaratan yang dibutuhkan.

Maka status pendaftaranmu akan berubah menjadi antrian. Kamu bisa menunggu selama beberapa waktu hingga akhirnya status proses berubah menjadi disetujui.

Lulus Proses Verifikasi Dan Validasi

Langkah terakhir adalah proses verifikasi dan juga validasi dan proses inilah yang menentukan apakah statusmu disetujui atau tidak. Dalam hal ini pendaftar bisa langsung datang ke Dinas Pendidikan setempat untuk melakukan verifikasi dan validasi.

Sehingga status pendaftaranmu bisa lebih cepat berubah menjadi disetujui. Kalau sudah disetujui kamu bisa melihat kode NUPTKmu melalui situs kemendikbud juga.

Fungsi Dari NUPTK Untuk Guru Dan Tenaga Kependidikan

Bagi tenaga pengajar dan juga tenaga Kependidikan, NUPTK ini sangatlah penting untuk dimiliki. Oleh karena itu, dihimbau untuk semua tenaga kependidikan dan guru agar segera mengajukan pendaftaran kalau memang belum mendapatkan NUPTK tersebut.

BACA JUGA   Subway Surfers Mod Apk Download Unlimited Coin & Full Karakter

Sebagai tambahan informaso untuk kalian yang membaca artikel kali ini. Admin akan menjelaskan apa guna fungsi dari NUPTK ini. NUPTK ini merupakan salah satu sarana dalam mendukung program pemerintah yang ingin meningkatkan kesejahteraan untuk tenaga pendidik di Indonesia.

Dengan adanya NUPTK ini maka data pada guru dan tenaga kependidikan lebih terarah dan juga mudah di tracknya. Dengan NUPTK ini juga para pemiliknya bisa mendapatkan tunjangan pendidikan.

Setiap guru juga kan harus mengikuti ujian komptensi guru dan salah satu syaratnya adalah adanya NUPTK ini. Bagi guru yang belum berstatus PNS atau masih honorer dapat memiliki kesempatan untuk meraih beasiswa dari kemendikbud.

Dan yang paling penting adalah NUPTK ini merupakan nomor identitas yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Berikut Ini Cara Cek Nomor NUPTK Secara Online

cek-nomor-nuptk

Bagi kamu yang sudah mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan nomor NUPTK. Mungkin masih belum tahu berapa kode nomor unik tersebut sehingga belum bisa melihat statusnya.

Jangan lupa untuk cek NUPTK ini melalui website resmi dari GTK Kemendikbud agar kamu dapat mengetahui status NUPT bagi seorang guru dan juga tenaga kependidikan.

Apabila masih bingung mengenai cara cek NUPTK ini bagaimana. Baca baik-baik penjelasan yang ada di bawah ini dan setelah itu kamu bisa langsung mempraktikannya.

Perhatikan apa saja yang harus kamu isi di dalam laman website tersebut dan jangan sampai salah ya pada saat proses pengisiannya. Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak pembahasan mengenai cara cek NUPTK melalui laman GTK kemendikbud.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website untuk mencari akun GTK. Atau gunakan link berikut ini untuk akses yang lebih cepat https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.
  • Pindahkan link tersebut melalui mesin pencarian apapun dan kamu bisa langsung masuk ke dalam situsnya.
  • Jika berhasil masuk ke situs yang dimaksud, maka ada beberapa kotak yang harus kamu isi.
  • Masukkan nama GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) dengan lengkap. Atau di kotak tersebut kamu bisa memasukkan data yang lain sesuai dengan yang tertera disana.
  • Kemudian pilih provinsi dimana kamu tinggal saat ini.
  • Lalu pilih kota domisili kamu tinggal saat ini.
  • Dan dua kotak terakhir tidak usah kamu ubah.
  • Lanjutkan proses pencarian dengan klik tombol “Cari GTK”.
  • Tunggu hingga selesai.

Nah, kalau sudah selesai maka ada beberapa informasi yang akan muncu l terasuk kode UPTK sebenyak 16 digit. Kamu bisa langsung salin kode tersebut agar tidak lupa lagi terutama jika kamu belum memiliki kartu NUPTKnya.

Cara Cek NUPTK Terdaftar Atau Tidak Statusnya

cara-cek-nuptk-online

Kamu mungkin ingin tahu apakah kode NUPTK ini masih aktif ataukah tidak. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek status kode NUPTK secara online. Cek NUPTK ini juga tidaklah susah untuk dilakukan.

Apalagi kamu kalu sudah tau berapa kode unik NUPTK milikmu sendiri melalui cara yang sebelumnya sudah kami jelaskan di atas. Buat kamu yang belum tau berapa kode NUPTK milikmu sendiri bisa ikuti langkah-langkah di atas ya teman-teman.

Disini admin juga akan memberi tahu bagaimana cara cek NUPTK apakah statusnyanya aktif ataukah belum. Karena ada juga ternyata yang sudah mendaftar NUPTK ini ternyata tidak valid ataupun statusnya masih belum aktif.

Oleh karena itu, kamu harus memastikannya kembali apakah NUPTK ini aktif dan jika tidak maka bisa segera diurus. Langkah untuk cek NUPTK online ini bahkan jauh lebih mudah dari sebelumnya karena tidak banyak data yang harus dimasukkan.

Langsung saja kita masuk ke pembahasan berikutnya mengenai cara cek status NUPTK secara online.

  • Kunjungi website GTK Kemendikbud atau gunakan alamat situs berikut ini http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status. Kamu bisa masukkan alamat website tadi ke Google dan akan diarahkan untuk langsung masuk ke dalam websitenya.
  • Tampilan untuk cek status NUPTK ini jauh lebih sederhana dan tidak banyak kolom yang harus diisi.
  • Ada satu kotak yan harus kamu isi, yaitu masukkan kode NUPTK. Darimana mendapatkan kode NUPTK ini? Ya, kamu bisa cari melalui langkah-langkah yang sudah kami jelaskan sebelumnya.
  • Jika kamu sudah memasukkan kode NUPTK, maka klik tombol cari yang ada di sebelah kotak. lalu tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Nanti akan muncul di bagian bawah mengenai status NUPTKmu. Dan akan ada bacaan status Aktif.
BACA JUGA   cek kuota by u tanpa aplikasi

Lebih mudah bukan untuk mengecek status NUPTK ini? Namun, lebih dulu kamu harus tau berapa nomor unik pengajar dan tenaga kependidikan milikmu.

Inilah Cara Cetak Kartu NUPTK Online Dengan Mudah Dan Praktis

cara-cetak-nomor unik-gtk

NUPTK ini bisa di cetak menjadi kartu lho sehingga kalau amu membutuhkan data kodenya tidak perlu cari-cari di website lagi. Namun, untuk mencetak kartu NUPTK ini tidak bisa langsung begitu saja karena harus melalui beberapa proses tertentu juga.

Informasi yang ada di dalam kartu NUPTK adalah nomor kartunya, nama, tempat tanggal lahir, dan juga jenis kelamin. Syarat utama kalau kamu ingin mencetak kartu NUPTK ini adalah sudah daftar pengajuan sebelumnya ya.

Jadi, statusmu sudah disetujui lebih dulu dan kamu telah mengecek statusnya. Maka barulah kamu bisa mencetak NUPTKnya menjadi sebuah kartu. Untuk mencetaknya pun ada website khusus lho.

Di ayovaksindinkeskdi.id kami juga akan menjelaskannya secara lengkap mengenai cara cetak NUPTK dengan mudah dan cepat.

  • Kunjungi website cetak kartu NUPTK yang ada di situs internet.
  • Lalu kamu bisa scroll layar ke bawah dan isilah form pendaftaran yang tertera disana.
  • Kamu bisa masukkan pas foto yang sesuai dengan ketentuan yang sudah tertera disana, yaitu ukuran 3×4 dengan format file JPG, JPEG, dan PNG. Serta maksimal file yang diunggah sebesar 250 Kb.
  • Kemudian masukkan 16 digit kode NUPTK .
  • Lalu isi tempat dan tanggal lahir. Dan yang terakhir pilih gender.
  • Berikutnya tekan cetak kartu dan kamu akan menerima dalam bentuk file PDF sebelum akhirnya kartunya bisa di cetak.

Bagaimana Jika NUPTK Tidak Ditemukan?

Pada saat mengecek nomor NUPTK melalui website yang sudah kami jelaskan di atas. Mungkin saja kamu mendapati bahwa ada bacaan status tidak valid yang muncul. Mengapa hal ini bisa terjadi? Penyebab utama mengenai ketidakvalidan ini adalah bisa jadi karena kamu salah dalam memasukkan data-data sebelumnya.

Semua data yang kamu masukkan harus sama dengan yang ada di Dapodik dan kamu bisa mengeceknya. Dengan begitu kamu bisa langsung melihat apakah ada yang salah dengan data yang sudah kamu buat.

Jika memang ada salah maka kamu bisa langsung datang ke dinas pendidikan atau langsung laporkan ke sekolah tempat kalian bekerja.

Baiklah, mungkin itu saja yang bisa admin jelaskan mengenai cek NUPTK online termasuk cara untuk mengetahui apakah aktif atau ada yang tidak valid.

Artikel Lainnya :

  • Cara Cek Ijazah Dikti Online (Mudah & Legal) Terbaru 2022
  • Cara Cek NISN Siswa Online Berdasarkan Nama (Mudah)
  • Cara Cek Bansos PKH Tahap 4 November 2022 (Kapan Cair)
  • Cek NPWP Online Pakai NIK dan KTP Valid Tanpa KK Terbaru
  • Cek Bansos Kemensos Bantuan BNPT, BST, PKH & BLT BBM
  • Cara Cek Bantuan STB Pemerintah Dari Kominfo Go Id 2022
  • Cara Cek Bantuan UMKM 2022 Lewat HP + Mendapatkannya

Originally posted 2022-11-10 09:28:48.

The post Cara Cek NUPTK Online Berdasarkan Nama & Nik Mudah 2022 appeared first on Ayovaksindinkeskdi.