Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting

Semua wanita yang sudah berkeluarga tentu ingin cepat-cepat mendapatkan buah hati. Namun sayang, tidak semua wanita bisa mendapat anugerah buah hati dengan cepat untuk itu menjaga kehamilan menjadi hal yang sangat penting bagi para calon ibu. Setiap calon ibu wajib untuk menjaga kehamilannya agar tetap sehat dan berkualitas.

Dengan menjaga kehamilan inilah para calon ibu nantinya bisa melahirkan dengan lancar dan bayi yang dilahirkan pun bisa terhindar dari kecacatan. Segala hal yang dilakukan oleh ibu hamil harus diperhatikan sebab tidak semua hal bisa dikerjakan saat sedang mengandung karena itu apa yang dilakukan harus sesuai dan diseimbangkan dengan kapasitas dan kemampuannya.

ibu hamil mengkonsumsi kepiting

Banyak ibu hamil yang tetap memaksakan kehendaknya untuk dapat melakukan banyak hal yang mungkin saja dapat membahayakan kehamilannya. Meskipun sudah diberitahu dan dilarang, beberapa calon ibu ini tetap melakukan pekerjaan yang terlalu keras sehingga dapat membuat gangguan nanti pada si jabang bayi. Ibu hamil yang tetap ingin bekerja dan melakukan aktifitas seperti biasa ini biasanya memiliki fisik yang kuat dan stamina yang fit sehingga semua kegiatan bisa dilakukan meskipun disaat sedang hamil. Ibu hamil yang melakukan aktifitas seperti saat sebelum hamil ini biasanya akan berhenti jika telah muncul keluhan kehamilan mereka jika hal ini dibiarkan akan membahayakan si jabang bayi dan membuat calon ibu menyesal nantinya.

Di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bolehkah ibu hamil makan kepiting? Mau tau? Yuk, simak artikel berikut.

Melakukan kegiatan atau menyantap makanan hendaklah diperhatikan saat sedang hamil sebab jika tidak diperhatikan, akan timbul tangis kekesalan yang muncul saat kehamilan yang masih muda harus gugur karena tidak kuat menahan aktivitas berat yang dijalankan ibu hamil. Ini tentu menjadi hal yang sangat menakutkan dan bahkan dapat menjadi mimpi buruk bagi para calon ibu yang telah menanti kehadiran si buah hati ditengah-tengah keluarga tercinta.

Untuk itu sangat penting jika para ibu hamil memperhatikan segala yang dilakukan agar bayi yang  berada di dalam janin tetap sehat dan berkualitas. Tidak hanya aktivitas saja yang dapat mempengaruhi kualitas dari si jabang bayi, menu makanan yang dikonsumsi pun turut menjadi faktor penentu apakah bayi dalam kandungan berada dalam kondisi yang baik atau tidak. Hal ini disebabkan karena apa yang dikonsumsi oleh para ibu hamil akan turut dikonsumsi oleh si jabang bayi yang berada dalam janin dan menjadi penentu tumbuh kembang bayi dalam kandungannya.

Perlu kita ketahui jika bayi yang tumbuh dalam rahim mampu hidup dengan cara mengambil nutrisi dan gizi yang didapat dari sang ibu. Bayangkan saja jika selama ini apa yang kamu konsumsi adalah makanan yang tidak sehat bagaimana si kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dalam rahim kamu. Mengenai pertanyaan bolehkah ibu hamil makan kepiting, kamu harus tau dulu lebih banyak apa itu kepiting.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting?

Kepiting menjadi salah satu varian masakan laut yang sangat lezat. Saking lezatnya, hidangan ini digemari banyak orang hampir semua orang disleuruh dunia.  Kepiting sendiri tidak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga memiliki daging yang lembut dan bisa diolah dalam berbagai hidangan masakan yang beragam. Tidak hanya rasa, kepiting juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Lalu, bolehkah ibu hamil makan kepiting? Sebenarnya pertanyaan ini menimbulkan berbagai kontroversi di berbagai pihak. Beberapa mengatakan jika boleh-boleh saja mengonsumsi kepiting dan beberapa yang lain mengatakan jika sebaiknya ibu hamil menghindari dari makanan yang satu ini sebab makanan laut satu ini dapat membahayakan kesehatan si jabang bayi dalam kandungan ibu hamil.



Secara klinis, bolehkah ibu hamil makan kepiting?

Ibu hamil mengkonsumsi sea food

Pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil makan kepiting jika dilihat secara klinis sebenarnya hingga saat ini belum ada larangan khusus yang menyatakan jika ibu hamil tidak boleh mengonsumsi kepiting. Bahkan sebaliknya, ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan kepiting sebab didalam kepiting memiliki kandungan yang baik dan memiliki manfaat besar untuk kehamilan. Namun, pada faktanya, ibu hamil memang tidak boleh mengonsumsi kepiting yang mengandung logam berat seperti metal merkuri. Baca Juga Bolehkan ibu hamil makan jengkol.?

Bolehkah ibu hamil makan kepiting dan apa manfaatnya?

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil makan kepiting ini masih menjadi perdebatan. Namun, untuk menghindarinya kamu bisa memakan kepiting secukupnya karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik nantinya.

1. Kepiting Mengandung Protein yang Cukup Tinggi

Ternyata, kepiting untuk kehamilan ada manfaatnya lho. Manfaat pertama yang didapat dari makan kepiting saat hamil adalah kepiting mengandung protein yang cukup tinggi dan zat ini sangat dibutuhkan untuk tubuh kembang sel otak anak dalam kandungan. Peran protein juga akan memperbaiki sel tubuh ibu yang rusak dan dapat membangun pembentukan ketuban dan sel darah merah ibu hamil.

2. Kaya Akan Kandungan Vitamin B12

Kepiting juga memiliki kandungan vitamin B12 . Ibu hamil sendiri umumnya memiliki metabolism yang rendah sehingga sangat rentan terhadap berbagai penyakit pada masa kehamilan. Kandungan pada kepiting seperti vitamin B12 ini dapat membantu ibu hamil agar tetap menjaga stamina tubuh sehingga tubuh lebih segar.

3. Salah Satu Sumber Omega 3 Bagi Ibu Hamil

Kepiting juga mengandung omega 3. Omega 3 merupakan zat yang bisa menunjang penglihatan dan kognitif anak yang di dalam kandunga jadi sangat baik untuk dikonsumsi. Ibu hamil juga harus mempersiapkan ASI ekslusif untuk si jabang bayi dan omega 3 ini dipercaya mampu membantu ibu dalam memproduksi ASI.

4. Mengandung Selenium Zat Anti Radikal Bebas

Kandungan terakhir yang terdapat pada kepiting adalah selenium. Selenium sendiri seperti yang kita tahu merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikan bebas. Nah, di dalam kandungan selenium ini akan menjadi perisai bagi ibu hamil dalam menghadapi penyakit dan kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Kepiting memiliki begitu banyak manfaat terutama untuk ibu yang sedang hamil. Namun, kita harus sadar jika faktanya kepiting ini memiliki logam berat seperti metal merkuri.  Hal ini tentu akan berpengaruh negative terhadap kehamilan. Pengaruh dari logam ini juga dikhawatirkan dapat memicu timbulnya kebutaan, gangguan mental, sulit berbicara dan hal negative lainnya.

Jadi, pada dasarnya mengonsumsi kepiting saat Hamil bukanlah hal yang dilarang untuk dikonsumsi saat hamil. Dan ternyata, tentang bolehkah ibu hamil makan kepiting jawabannya adala boleh sebab ibu hamil tidak boleh makan kepiting hanyalah mitos semata.



Yang benar adalah para ibu hamil disarankan untuk menjalankan diet seimbang dengan menyantap makanan yang mengandung zat besi, kalsium dan juga asam folat. Dimana ketiga makanan ini menunjang tumbuh kembang janin sehingga dapat berjalan dengan baik. Itulah tadi beberapa hal yang bisa saya sampaikan kepada para ibu hamil, semoga artikel mengenai bolehkah ibu hamil makan kepiting ini dapat bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!