Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol?

Bolehkah ibu hamil makan jengkol

Seperti yang kita tahu, Indonesia sangat kaya akan wisata kulinernya dan bahkan tiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas tersendiri yang sangat unik dan lezat sehingga mampu menggoyang lidah masyarakat tak hanya dari Indonesia saja bahkan warga Negara asing pun banyak yang menyukai makanan Indonesia.

Ada begitu banyak olahan makanan yang dibuat dengan sedemikian rupa dan disukai oleh banyak orang. Makanan akan sangat enak disantap saat tubuh dalam kondisi yang sehat karena tubuh yang sehat akan membuat semua organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik sehingga indera perasa yang ada dalam tubuh pun dapat mampu mencicipi nikmatnya makanan yang kamu santap.

Hal ini tentu tidak akan terjadi pada tubuh yang sedang sakit. Apapun makanan yang disantap, mau selezat apapun makanan itu tidak akan enak dirasa jika kondisi tubuh tidak baik. Tubuh yang tidak sehat akan mempengaruhi indera perasa dan membuat mereka tidak bisa menikmati makanannya dengan baik. Orang yang sakit juga tentunya akan terbatas dalam mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Hal ini yang membuat mereka tidak bisa menyantap makanannya dengan puas.

masakan jengkol

Tidak hanya orang sakit saja yang terbatas dalam mengonsumsi makanan, hal ini juga berlaku pada wanita yang sedang hamil. Mengapa demikian? Ibu hamil juga terbatas dalam mengonsumsi makanan sebab apa yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap jabang bayi yang ada dalam kandungannya atau dalam arti makanan dan gizi yang dimakan ibu hamil tidak bisa dipisahkan dengan si jabang bayi. Di artikel kali ini saya akan mengupas sedikit tentang bolehkah ibu hamil makan jengkol? Mau tau jawabannya? Yuk simak artikel berikut ini.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai bolehkah ibu hamil makan jengkol, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu jengkol. Jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang hadir di tanah air dan sangat menggoda bagi beberapa orang. Jengkol merupakan bahan makanan yang merupakan komoditi pertanian asli Indonesia yang khas dengan aromanya yang menyengat. Baca Juga Bolehkan ibu hamil makan durian?

Meskipun begitu, jengkol menjadi makanan yang tidak boleh dilupakan bagi beberapa orang . Makanan beraroma menyengat seperti jengkol ini memberikan kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya meskipun bau dari jengkol tidak bisa dihilangkan dengan mudah sehingga membuat beerapa orang akan was-was saat menyantapnya.

Bolehkah ibu hamil makan jengkol?

Banyak sekali yang bertanya mengenai bolehkah ibu hamil makan jengkol. Pertanyaan ini tentu diajukan oleh para wanita penggemar jengkol yang ingin mencari informasi apakah berbahaya atau tidak memakan jengkol selama masa kehamilan.

Untuk wanita hamil, makanan memang harus menjadi salah satu perhatian serius sebab semua makanan yang disantap ibu hamil akan berdampak langsung pada kesehatan bayi mereka. Ibu hamil harus makan makanan yang bernutrisi sehingga bayi pun akan menerima asupan nutrisi tersebut.  Asupan nutrisi ini penting terutama jika mereka hobi menyantap jenis kuliner yang berbau seperti jengkol.

Jengkol memang menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang di tanah air sehingga tak heran meski saat hamil sekalipun beberapa wanita akan tetap mengonsumsi jengkol tanpa memikirkan apakah menyantap jengkol saat hamil aman atau tidak. Sebenarnya, jika ada yang bertanya mengenai bolehkan ibu hamil makan jengkol,  masih susah untuk dijawab sebab belum ada penelitian ataupun tulisan ilmiah yang menyatakan jika mengonsumsi jengkol atau sejenisnya itu berbahaya.

Namun, untuk menghindari segala hal yang tidak diinginkan, lebih baik untuk menghindari atau makan dengan porsi yang tidak berlebihan sebab segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik.

Bolehkah ibu hamil makan jengkol dan manfaatnya untuk Ibu Hamil

resiko ibu hamil makan jengkol



Seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya tentang bolehkah ibu hamil makan jengkol, belum ada penelitian yang melarang ibu hamil memakan jengkol. Akan tetapi sebaiknya konsumsi jengkol dengan tidak berlebihan apalagi saat Anda sedang hamil.

Jengkol selain tidak dilarang untuk dikonsumsi ternyata bahan makanana ini memiliki kandungan yang baik dan bermanfaat lho untuk ibu hamil. Jengkol bisa menjadi sumber energy yang baik untuk kesehatan karena didalam jengkol terdapat bahan kandungan fruktosa, surkrosa dan juga glukosa yang bisa menghasilkan energy serta tenaga yang cukup besar dimana energy ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menunjang kinerja tubuhnya.

Ibu Hamil bisa mengonsumsi jengkol dengan jumlah yang cukup untuk bisa merasakan manfaat dari makanan ini. Ibu hamil yang memakan jengkol bisa mendapat tubuh yang lebih sehat dan lebih fit.

Di dalam jengkol ternyata juga terdapat kandungan prebiotik untuk mengatasi sembelit. Sembelit memang acapkali datang dan menyerang ibu hamil sebagai tanda bahwa dirinya sedang mengalami kehamilan. Seperti yang kita tahu, tanda ini akan mengganggu serta menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Dengan mengonsumsi jengkol dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu Anda mengatasi sembelit yang Anda alami karena didalam jengkol terdapat kandungan serat yang akan membantu tubuh dalam melancarkan buang air besar pada saat hamil. Jadi, jika Anda masih bingung dan bertanya bolehkah ibu hamil makan jengkol, Anda bisa jawab dengan tegas bahwa makan jengkol itu boleh asal tidak berlebihan.

Makan jengkol saat hamil ternyata juga baik untuk tumbuh kembang si janin. Tidak hanya manfaat yang dirasakan oleh ibu hamil, sebab sang janin dalam kandungan pun akan merasakannya. Konsumsi jengkol saat hamil dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi si kecil meskipun masih berada dalam rahim.

Hal ini dikarenakan kandungan pada kalsium yang tinggi sehingga membuat ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi jengkol saat hamil. Dengan begitu banyaknya manfaat yang baik dan menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil makan jengkol, kita juga harus tahu bahayanya. Ini bisa menjadi informasi buat Anda yang masih ragu dalam menyantap makanan lezat asli Indonesia ini saat hamil.

Bolehkah ibu hamil makan jengkol? Apakah bahayanya?

Meskipun di awal tadi saya menjawab bahwa ibu hamil boleh makan jengkol,  namun jangan berpendapat jika jengkol hanya memberikan kebaikan untuk tubuh. Ternyata jengkol juga dapat menimbulkan masalah terhadap kesehatan pada ibu hamil.

Kandungan jengkolat yang ada di dalam jengkol dapat mempengaruhi kinerja ginjal dalam tubuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu timbulnya nyeri di sekitar punggung ibu hamil. Sebab itu, konsumsilah jengkol pada porsi yang cukup. Selain dapat melancarkan pencernaan, jengkol juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Gangguan ini akan terjadi jika ibu hamil mengonsumsi jengkol dalam jumlah banyak sehingga akan menimbulkan sembelit pada ibu hamil. Sembelit ini terjadi karena jengkol merupakan makanan berserat yang apabila masuk kedalam tubuh secara berlebihan terutama paa wanita hamil dapat menimbulkan masalah dan yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan diare atau mencret.



Jadi, meskipun jengkol ini banyak memberikan kebaikan untuk ibu hamil, ternyata jengkol juga memiliki dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Itulah tadi artikel mengenai bolehkah ibu hamil makan jengkol. Semoga menjawab keresahan yang ibu hamil alami ya guys.

288 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • indera perasa hilang apakah tanda hamil
  • jengkol
  • ibu hamil makan jengkol
  • ibu hamil dilarang makan jengkol
  • Ibu makan
  • aman kah ibu hamil mkn jengkol
  • boleh tidak ibu hamil makan jengkol
  • BOLEHKAN WANITA HAMIL BERDANDAN
  • buah yg tidak boleh dimakan ibu hamil
  • Ibu menyusui boleh makan buah jengkol

Leave a Comment

error: Content is protected !!