Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Bolehkan Ibu Hamil makan Buah Durian

Amankan ibu hamil makan buah Durian? Hampir semua masyarakat di seluruh Indonesia menyukai buah durian, Dibalik lezatnya buah durian, ternyata buah durian memiliki beberapa risiko kesehatan terutama bagi ibu hamil. Banyak anggapan yang ada di masyarakat mengatakan ibu hamil tidak boleh makan buah durian karena membahayakan janin atau bayi dalam kandungan. Namun, apakah buah durian benar-benar berbahaya dan ibu hamil harus menghindarinya?

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah dan penelitian yang membuktikan dampak negatif buah durian bagi ibu hamil. Namun, bukan berarti ibu hamil bisa menikmati durian sepuasnya. Ibu hamil memang tidak dilarang untuk mengonsumsi durian, tapi perhatikan porsinya.

Buah Durian

 

Resiko Ibu Hamil makan Buah Durian Berlebih

Ada beberapa resiko dan akibat negatif yang ditimbulkan bila buah durian dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang berlebihan terutama pada kesehatan ibu hamil dan janin atau bayi dalam kandungan. Berikut ini beberapa dampak buruk dan pengaruh mengonsumsi terlalu banyak durian bagi ibu hamil;

Meningkatkan Gula Darah

Walaupun buah durian tidak memiliki rasa yang tidak terlalu manis, buah ini ternyata memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya akan meningkatkan risiko bayi lahir terlalu besar dan berat, bahkan bisa mengakibatkan obesitas pada bayi semasa kanak-kanaknya. Selain itu, jika ibu hamil memiliki diabetes gestasional atau ada sejarah diabetes dalam keluarga, sebaiknya hindari dulu buah ini.

Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Buah Durian memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi. Dalam satu butir daging buah durian terkandung kalori sejumlah 54 hingga 60. Oleh karena itu, terlalu banyak mengonsumsi buah durian bisa membuat ibu hamil kelebihan kalori, terutama bagi ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini bisa memicu diabetes gestasional, preeklamsia, kelahiran prematur, dan infeksi saluran kemih. Pada beberapa kasus, kelebihan berat badan juga berisiko mengganggu kerja bius epidural saat proses bersalin. Jadi sebaiknya Anda memerhatikan porsi durian yang dikonsumsi selama hamil, jangan sampai kalap dan melebihi batas yang wajar.



Bolehkan Ibu Hamil makan Buah Durian

Efek lain Durian Bagi Ibu Hamil

Buah durian sebenarnya tidak memiliki dampak buruk atau efek langsung pada kandungan ibu hamil. Tapi buah durian mengandung 2 zat yang pada kadar tertentu dapat memberi dampak negatif pada kehamilan bunda. 2 zat yang berbahaya tersebut adalah alkoh*l dan asam arachidonat.

Efek buruk alkoh*l bisa mengganggu tumbuh kembang janin yang berdampak pada kelahiran prematur. Sedangkan asam arachidonat bisa memicu pembentukan prostaglandin yang merupakan senyawa yang bisa merangsang kontraksi. Sehingga bisa memicu keguguran saat awal kehamilan dan bayi lahir prematur.

Namun demikian, kadar dari kandungan kedua zat tersebut dalam sebuah durian tidak dapat mencukupi untuk menimbulkan kedua efek di atas.

Bila dikonsumsi dalam porsi yang wajar buah durian aman untuk dikonsumsi selama buat tersebut masih dalam keadaan segar, bersih serta dengan porsi konsumsi yang tidak berlebihan. Jadi, selama ibu hamil tidak berlebihan saat mengonsumsi durian baik jumlah dan waktu mengonsumsinya maka tidak berakibat terhadap janin yang dikandungnya.

Bolehkan Ibu Hamil Makan Produk Olahan Berbahan Dasar Durian?

Pada umumnya produk olahan durian memiliki kadar zat alkohol dan juga arachidonat yang rendah ketimbang dengan buah durian yang masih segar. Meskipun demikian bukan berarti anda dapat mengkonsumsi produk olahan durian dengan porsi yang besar. Untuk sebagian produk, proses pembuatan dan bahan bahan lainnya akan menentukan kandungan nutrisi untuk kesehatan anda.

Sekali lagi yang perlu kita garisbawahi dan diperhatikan adalah tingkat kesegaran, cara pengolahan produk makanan tersebut, bahan penyerta serta seberapa banyak porsi yang dikonsumsi seorang ibu hamil.

Untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat kesehatan diabetes sebaiknya menghindari konsumsi buah durian karena akan menggangu kesehatan anda dan janin.

Makanan olah durian untuk ibu hamil



:

  • ibu hamil makan buah durian

 


Pencarian Terkait :

  • efek durian buat ibu hamil

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!