Berenang Untuk Ibu Hamil

Berenang Saat Hamil

Berenang adalah jenis aktivitas olahraga ibu hamil yang paling dianjurkan dan sangat  baik dilakukan pada masa kehamilan. Aktivitas Berenang untuk ibu hamil memiliki resiko cedera yang sangat kecil, tidak ada risiko Bunda bisa terjatuh menghantam perut dan melukai janin. Selain itu, berolahraga di air memungkinkan ibu hamil untuk bebas bergerak tanpa menekan sendi-sendi. Pada umumnya, berenang pada saat hamil boleh dilakukan kapan saja selama masa-masa kehamilan, bahkan aman dilakukan pada trimester 3 kehamilan sekalipun.

Berenang Untuk Ibu Hamil

Banyak manfaat yang diperoleh ibu hamil dengan gerakan-gerakan olah raga berenang diantaranya;

  • Membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak.
  • Menjaga agar berat badan ibu hamil tetap ideal.
  • Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan.
  • Melemaskan kembali ketegangan punggung.
  • Memperkuat otot rahim dan sendi-sendi panggul, agar proses persalinan bunda menjadi mudah nantinya.
  • Meredakan pembengkakan lengan dan kaki bengkak ibu hamil (edema).
  • Terapi untuk kesehatan sendi dan otot.
  • Menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

Aktivitas fisik dengan berenang yang teratur akan membuat otot-otot tubuh ibu hamil menjadi lentur, napas teratur dan tubuh tidak mudah lelah, hal ini tentu sangat berguna ketika ibu akan mengejan saat bersalin.

Ibu hamil boleh berenang sejak trimester ke I kehamilan hingga trimester ke III kehamilan. Pada trimester ke III kehamilan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya bunda lebih berhati-hati mengingat kandungan ibu yang semakin besar, selain juga beban ibu hamil kian berat.

Berenang Untuk Ibu hamil

Tips Untuk Ibu Hamil Berenang Dengan Aman.

Bagi Ibu hamil yang rutin melakukan aktivitas berenang dari sebelum hamil, aktivitas olahraga air ini bagus dilanjutkan ketika Bunda sedang menjalani kehamilan. Namun bagi Bunda yang belum terbiasa berenang, tidak ada ada baiknya mulai mencoba aktivitas olahraga air yang satu ini. Pertimbangan pertama saat melakukan aktivitas berenang untuk ibu hamil ialah kebersihan kolam renang. Pastikan Bunda memilih kolam renang yang tingkat kebersihan dan keamanannya terjamin. Walaupun biasanya fasilitas kolam renang yang kebersihanya terjamin lebih mahal. Namun pertimbangkan pula dengan manfaat yang bisa didapatkan Bunda dan bayi di kandungan.



Nah berikut beberapa petunjuk keselamatan berenang untuk ibu hamil agar tetap aman dalam melakukan olah raga di dalam air ini;

  • Gunakan pakaian renang ibu hamil yang nyaman, tidak sempit dan menekan area perut.
  • Berenanglah dengan gerakan tenang pelan dan tetap santai. Hindari gerakan-gerakan mengentak dan jangan sampai ada benturan pada bagian perut agar rahim tidak tergoncang. Hal ini termasuk benturan dengan air kolam, sehingga anda harus berhati-hati ketika masuk ke dalam kolam renang. Jangan melompat, namun gunakan saja tangga di tepi kolam renang
  • Jangan menggunakan gaya punggung. Karena dikhawatirkan akan terjadi penekanan pada pembuluh darah di bagian belakang rahim.
  • Jangan memaksakan diri untuk terus bergerak. Jika lelah, istirahatlah dengan cara mengapung atau merelakskan diri.
  • Jangan terlalu lama, cukup 15 – 20 menit (jangan lebih dari 30 menit). Berenang terlalu lama dapat meningkatkan suhu dalam kandungan ibu hamil yang bisa saja membahayakan janin.
  • Gunakan pula sepatu atau alas kaki anti-slip (aqua shoes) supaya ibu hamil tidak terpeleset.
  • Ibu yang sebelumnya jarang berenang, sebaiknya jangan berenang terlalu lama. Bisa dimulai 5-10 menit, lalu secara bertahap tambah 1-2 menit setiap minggu. Berenang bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.
  • Pastikan kolam renang menggunakan air yang bersih, khususnya bila ibu hamil menggunakan fasilitas kolam renang umum, pastikan kolam renang tsb dibersihkan secara berkala.
  • Lakukan Renang di pagi hari sebelum pukul 10.00 dan sore hari sesudah pukul 15.00. Hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara yang panas yang tidak baik bagi janin Anda.
  • Setelah berenang, ibu hamil biasanya terasa lapar atau haus, konsumsilah makanan/minuman yang bernutrisi supaya pertumbuhan janin maksimal.

Berenang Saat Hamil

Berenang mempunyai manfaat sama seperti ketika anda melakukan olahraga aerobik, berlari, atau berjalan yang berfungsi melatih paru-paru dan jantung. Yang berbeda adalah Ketika berenang, suhu badan ibu lebih stabil. Sehingga gangguan pada janin di dalam kandungan akibat meningkatnya suhu tubuh ibu tidak terjadi.



Pencarian Terkait;

 

  • ibu hamil berenang
  • renang untuk ibu hamil
  • berenang untuk ibu hamil
  • renang ibu hamil
  • berenang saat hamil
  • apakah ibu hamil boleh berenang
  • ibu hamil renang
  • ibu hamil boleh berenang
  • berenang bagi ibu hamil
  • renang saat hamil

 


Pencarian Terkait :

  • 2bulan hamil berenang
  • baik kah ibu hamil renang
  • berenang bagi ibu
  • berenang untuk ibu hamil
  • bolehkah renang untuk ibu hamil
  • bolehkahibu hamil4 bulan renang?
  • ibu hamil renang
  • makanan untuk ibu hamil 2 bulan loc:ID
  • Renang ibu hamil
  • senam untuk ibu hamil tua

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!