Mengetahui Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi

tanda-tanda-bayi-tumbuh-gigi

Setiap orang tua pasti ingin mengetahui tumbuh kembang dari sang buah hati dan mengharapkan pertumbuhannya optimal. Salah satu hal yang menjadi tolak ukur pertumbuhan sang buah hati adalah pertumbuhan gigi pada bayi. Awal pertumbuhan gigi pada bayi biasanya menyebabkan si kecil sedikit lebih rewel. Bagi kita para orang tua yang mungkin baru memiliki satu orang anak atau bahkan lebih dari satu, salah satu pertanyaan yang mungkin sering muncul adalah umur berapa bayi tumbuh gigi. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pertumbuhan gigi pada bayi, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi?

bayi tumbuh gigi

Pertumbuhan gigi adalah salah satu fase penting dalam tumbuh kembang bayi, di mana beberapa tanda bayi tumbuh gigi berikut ini akan membantu kita untuk lebih mengetahui kapan waktunya si kecil mulai tumbuh gigi dan pada umur berapa bayi tumbuh gigi.

1. Bayi Kelihatan Tidak Nyaman Akibat Sakit Pada Gusi

Untuk gejala atau tanda pertama yang bisa kita lihat pada bayi yang akan tumbuh gigi adalah rasa sakit atau tidak nyaman yang diakibatkan rasa sakit pada gusi. Tentu saja bayi belum bisa mengekspresikan rasa sakit tersebut, namun kita bisa mencoba melihat beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa buah hati kita mengalami sedikit kesakitan pada saat tumbuh gigi.

2. Bayi Maunya Menggigit Benda Apapun

Tanda-tanda-bayi akan tumbuh gigi

Untuk tanda bayi tumbuh gigi yang selanjutnya, kita juga akan menemukan bahwa bayi akan lebih sering menggigit barang apapun. Hal ini dilakukan oleh bayi bukan tanpa alasan, namun bayi melakukan ini karena adanya rasa geli, nyeri, dan gatal yang timbul akibat gigi yang akan keluar dari gusi. Jika kita menemukan gejala atau tanda ini, maka mungkin si kecil sudah mengalami beberapa gejala gatal dan nyeri pada gigi yang membuatnya ingin melapiaskan perasaan tidak nyaman tersebut dengan menggigit barang apa saja. Selain itu jika si kecil masih menyusu maka sang ibu bisa merasakan bahwa si kecil mulai menggigitputing ibu.

3. Bayi Sering Mengeluarkan Air Liur

Kita juga bisa melihat tanda bayi tumbuh gigi yang selanjutnya di mana bayi akan lebih sering mengeluarkan air liur. Jika kita melihat buah hati kita mulai mengeluarkan air liur, itu bukan karena bayi akan secara alami memproduksi lebih banyak air liur. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan gigi yang merangsang produksi air liur yang berlebih pada bayi.

Untuk itu jika kita mulai menemukan beberapa tanda di atas termasuk banyaknya air liur yang diproduksi oleh tubuh si kecil, maka bisa jadi si kecil sudah mulai masuk pada tahap pertumbuhan gigi yang biasanya dimulai pada usia 5 bulan sampai 11 bulan. Namun pertumbuhan gigi pada bayi juga bervariasi dan berbeda-beda sehingga kita juga harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui lebih banyak mengenai pertumbuhan pada bayi.

4. Kurangnya Nafsu Makan Pada Bayi

bayi susah makan



Selain itu hal selanjutnya yang bisa kita temukan sebagai salah satu tanda bayi tumbuh gigi adalah berkurangnya nafsu makan pada bayi. Rasa nyeri dan gatal pada gigi menyebabkan si kecil merasa tidak nyaman dan pada akhirnya akan menghilangkan nafsu makan. Bahkan ketika bayi sudah akan mengalami tumbuh gigi, mereka bahkan tidak akan mau untuk menyusu karena pada saat menyusu rasa nyeri juga akan terasa.

Untuk itulah mengapa bayi yang akan mulai tumbuh gigi akan kehilangan nafsu makan atau tidak mau lagi menyusu yang disebabkan karena beberapa hal tersebut. Meskipun si kecil kehilangan nafsu makan, kita harus tetap secara rutin memberikan ASI atau makanan padat agar si kecil tidak kekurangan asupan gizi.

Lebih Banyak Tahu Tentang Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi

tanda-tanda-bayi-tumbuh-gigi

Beberapa hal di atas adalah beberapa hal yang mungkin sudah cukup jelas mengenai tanda bayi tumbuh gigi dan juga sedikit mengenai umur berapa bayi tumbuh gigi. Untuk lebih mengetahui mengenai tanda-tanda tersebut, berikut adalah beberapa gejala atau tanda lain yang juga akan kita temukan ketika bayi akan tumbuh gigi. Salah satunya adalah terjadi demam pada buah hati kita.

Pada saat gigi akan muncul pada gusi, akan terjadi peradangan. Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya demam karena setiap peradangan seperti yang terjadi pada gigi bahkan pada pertumbuhan gigi pada orang dewasa juga akan menyebabkan demam. Namun demam ini adalah gejala yang normal yang bisa diatasi dengan obat penurun panas ringan.

Bayi akan Merasakan Nyeri pada Gusi dan juga Demam

Pada saat bayi akan mengalami pertumbuhan gigi maka bayi akan merasakan nyeri pada gusi dan juga demam. Beberapa hal tersebut tentu saja akan membuat bayi atau buah hati kita merasa tidak nyaman. Itulah mengapa kita akan menemukan tanda bayi tumbuh gigi yang selanjutnya seperti rewel.

Tentu saja hal ini diakibatkan karena perasaan tidak nyaman oleh rasa nyeri, gatal dan juga demam yang terjadi karena pertumbuhan gigi pada bayi. Pada saat bayi merasakan beberapa rasa tidak nyaman di atas, maka yang bisa kita lakukan untuk menenangkan si kecil adalah dengan membuatnya selalu merasa nyaman dan juga memberikan paracetamol sesuai dengan anjuran dokter untuk meredakan rasa nyeri yang timbul karena tumbuhnya gigi.

Jika si kecil sudah memperlihatkan beberapa tanda bayi tumbuh gigi seperti di atas, maka kita juga harus memberikan kondisi gusi dari si kecil. Jika kita melihat terdapat adanya gumpalankemerahan pada gusi si kecil maka sudah hampir bisa dipastikan jika buah hati kita sedang mengalami pendarahanpada bawah gusi atau yang juga dikenal dengan hematoma gusi. Jika kita tidak yakin apakah gumpalan yang kita temukan pada gusi adalah pengarahan yang disebabkan oleh proses pertumbuhan gigi, kita juga bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter untuk memastikan kondisi yang dialami oleh bayi.

Pentingnya Mengetahui Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Umur Bayi tumbuh Gigi

Meskipun pertumbuhan gigi pada bayi hanyalah salah satu bagian dari tumbuh kembang sang buah hati, namun kita perlu memberikan perhatian lebih untuk mengenali tanda bayi tumbuh gigidan juga mengetahui umur berapa bayi tumbuh gigi yang menjadi umur yang wajar bagi bayi untuk mulai mengalami pertumbuhan gigi.



Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat mengantisipasi kapan kita harus berkonsultasi dengan dokter ketika mungkin terdapat indikasi terjadinya suatu permasalahan kesehatan yang serius di luar beberapa tanda di atas. Untuk itu pengetahuan mengenai tanda-tanda ketika bayi sedang akan mengalami tumbuh gigi akan sangat penting untuk membekali setiap orang tua dengan hal-hal yang harus dilakukan ketika menemukan beberapa tanda di atas.

 

 

182 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • bayi tumbuh gigi ukur brap
  • umur berapa bayi keluar gigi
  • umur berapa bayi tumbuh gigi

Leave a Comment

error: Content is protected !!