Bahayakah Mengkonsumsi Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil?


Manfaat Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang paling membahagiakan untuk setiap pasangan. Kehadiran calon buah hati, keinginan ngidam hingga drama seputar kehamilan menjadi saat-saat yang ditunggu. Perubahan hormon pun turut berperan dalam drama tak berkesudahan dengan pasangan. Tak jarang ibu hamil lebih sensitif dengan pasangan daripada sebelumnya. Begitu pula saat memilih makanan, banyak hal yang dipertimbangkan termasuk mitos daun pepaya untuk ibu hamil.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Ibu hamil


Mitos ini beredar luas di tengah masyarakat, terutama mereka yang awam. Bunda tentunya sadar, menjaga asupan makanan selama kehamilan dapat membantu tumbuh kembang janin. Itulah mengapa setiap makanan yang masuk diperhitungkan nilai gizinya. Begitu pula dengan daun pepaya untuk ibu hamil, sebenarnya tidak dilarang secara medis. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa daun pepaya sangat bagus bagi ibu dan janin pada masa kehamilan.

Hanya saja tetap harus dikonsumsi dalam batas yang normal atau tidak berlebihan. Hampir semua bagian pepaya memang dimanfaatkan oleh manusia, termasuk daun pepaya untuk ibu hamil. Tetapi buah pepaya serta daun pepaya mentah atau setengah matang harus tetap dihindari. Pasalnya pada kedua bagian pepaya tersebut terdapat gentah yang berefek buruk pada kehamilan. Getah yang tak sengaja masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan kram serta kontraksi pada janin.

Resiko terburuknya Bunda akan mengalami keguguran atau pingsan. Oleh karena itu, daun pepaya untuk ibu hamil sebaiknya benar-benar dimasak hingga matang. Bila Bunda doyan dengan rasa pahitnya, sebisa mungkin olah dengan cara yang lebih sehat. Entah itu dengan merebusnya hingga matang atau menumis daun pepaya. Jangan sesekali mengkonsumsi buah pepaya ataupun daun yang benar-benar mentah. Ini hanya akan memperburuk kondisi kesehatan Bunda dan janin selama hamil.

 

Manfaat Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil

Banyaknya mitos yang beredar seputar daun pepaya untuk ibu hamil tak pelak mengundang tanda tanya. Kalau memang daun pepaya tidak dilarang, apakah ada manfaatnya bagi kesehatan ibu dan bayi? Jawabannya tentu saja ada, sebagai sanggahan dari mitos yang berkembang di atas. Agar Bunda tidak salah kaprah dan termakan mitos pula, sebaiknya baca beberapa manfaat daun pepaya berikut ini.

1. Meningkatkan Nafsu Makan Pada Ibu Hamil

Manfaat daun pepaya bagi ibu hamil
Daun pepaya, Meningkatkan Nafsu Makan Pada Ibu Hamil

Pada masa awal kehamilan, para Bunda tentunya kehilangan nafsu makan akibat mual dan muntah. Guna memperbaiki pola makan tersebut, cobalah mengkonsumsi daun pepaya. Rasa pahit pada daun pepaya disinyalir mampu meningkatkan nafsu makan. Di samping itu, rasa pahitnya pun dapat mencegah morning sickness yang cukup mengganggu. Bukan hanya itu, daun pepaya untuk ibu hamil pun kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B1, vitamin C, protein, dan kalsium. Adapula senyawa yang mampu mencegah cacingan, yaitu carposide.

2. Mencegah Terjadinya Anemia

manfaat daun pepaya untuk mencegah anemia ibu hamil
Manfaat daun Pepaya, Mencegah Terjadinya Anemia Ibu Hamil

Masalah paling klise yang dialami selama masa kehamilan adalah anemia atau kurang darah. Rata-rata ibu hamil mengalami hal tersebut dan harus mengkonsumsi suplemen penambah darah. Bagi Anda yang tak ingin bergantung pada suplemen, cobalah makan daun pepaya untuk ibu hamil. Hasil penelitian membuktikan bahwa daun pepaya mengandung zat besi yang sangat tinggi. Zat besi inilah yang berperan aktif dalam pengangkutan oksigen dari paru-paru serta elektron baik yang memproduksi energi. Bersama protein, zat besi yang mengangkut oksigen akan membentuk darah merah atau hemoglobin yang dibutuhkan oleh tubuh.



3. Mengatasi Masalah Sembelit/ Wasir Pada Ibu Hamil

manfaat daun pepaya, mengatasi wasir pada ibu hamil
Manfaat daun pepaya, mengatasi wasir pada ibu hamil.

Perubahan hormon serta berkembangnya janin di dalam rahim ternyata turut mempengaruhi sistem pencernaan pada ibu. Gerak peristaltik pada otot terganggu dan mengakibatkan terjadinya sembelit atau susah buang air. Guna menyiasatinya, konsumsi daun pepaya untuk ibu hamil secara rutin dan dalam porsi wajar. Dengan begini, serat pada daun pepaya akan mempermudah pencernaan protein serta lemak. Alhasil tentu saja Bunda lebih mudah buang air besar tanpa harus sembelit.

4. Menyehatkan Tulang

Kandungan vitamin D yang tinggi pada daun pepaya untuk ibu hamil seringkali diabaikan oleh para Bunda. Selain memenuhi asupan vitamin D alami dari sinar matahari, Bunda juga bisa mengkonsumsi daun pepaya. Vitamin D sendiri berfungsi menguatkan tulang pada ibu hamil. Untuk janin, vitamin D bisa membantu pembentukan tulang dan gigi selama berada di rahim. Kekurangan vitamin D serius dapat mengakibatkan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sebagian besar kasus osteoporosis dan anemia didominasi oleh para wanita daripada pria.

5. Meningkatkan Fungsi Metabolisme

Ibu hamil rentan terserang virus, bakteri dan kuman dari lingkungan sekitar. Kondisi ini dikarenakan adanya penurunan sistem metabolisme selama masa kehamilan. Oleh karena itu, daun pepaya untuk ibu hamil sangat dianjurkan. Mengingat daun pepaya kaya akan vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin C mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Pastinya Bunda tak perlu khawatir akan jatuh sakit akibat perubahan suhu ataupun lingkungan yang tak mendukung.

6. Menangkal Radikal Bebas

Selain vitamin D, C dan B1, ternyata daun pepaya pun kaya akan vitamin E. Vitamin E diketahui berperan aktif menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit serius. Memenuhi kebutuhan vitamin E akan membantu Bunda jauh lebih bugar dan fit. Manfaat lainnya dari daun pepaya untuk ibu hamil ini tentu saja untuk mempercantik tampilan fisik. Dengan terpenuhinya vitamin E, maka kulit tubuh akan terlihat lebih halus, lembut dan bersinar.

Cara Mengolah Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil

Khasiat Daun Pepaya Bagi Ibu hamil

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, selama masa kehamilan porsi konsumsi daun pepaya harus diperhatikan. Hindari mengkonsumsi daun pepaya setiap hari atau terlalu sering. Bunda bisa memberi jeda waktu seminggu sekali atau seminggu dua kali. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi daun pepaya untuk ibu hamil di trimester pertama atau usia kehamilan 1 bulan. Hal ini dikarenakan zat papain di dalam daun pepaya dapat meyebabkan keguguran secara spontan.

Di samping itu, porsi konsumsi daun pepaya untuk ibu hamil yang terlalu banyak akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Biasanya Bunda akan langsung merasakan perut kembung dan begah setelahnya. Kembung sendiri diakibatkan banyaknya gas yang terperangkap di dalam tubuh kita. Sehingga rasa tidak nyaman tersebut membuat kita tidak nyaman untuk melakukan aktivitas lain. Ada baiknya pula hindari kebiasaan mengkonsumsi daun pepaya secara langsung.

Pada beberapa daerah, daun pepaya biasa dijadikan menu lalapan atau urap dalam menu sehari-hari. Menu olahan daun pepaya seperti ini tentu saja tanpa melewati pengolahan daun pepaya hingga matang sempurna. Inilah yang ditakutkan dari efek daun pepaya untuk ibu hamil, yakni mengganggu kesehatan janin dan ibu. Cara menyiasatinya tentulah sangat gampang, Bunda bisa memastikan daun pepaya sudah benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Tambahkan garam atau rempah lainnya untuk mengurangi rasa pahit, bila tidak terlalu diinginkan. Ingat, takaran rempah dan garam pun jangan berlebihan supaya tidak memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi.


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: