Bahaya Stres Bagi Ibu Hamil

HINDARI STRESS SAAT HAMIL

Stres menjadi sesuatu yang sulit untuk di pisahkan dari kehidupan kita sekarang. Kondisi stres umumnya di tandai dengan gejala sakit kepala, gelisah, tegang dan tidak karuan. Kondisi ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, pikiran dan mood seseorang terlebih bagi wanita yang sedang hamil cenderung mengalami stres.

Pada saat hamil bukan hanya fisik saja yang mengalami perubahan namun emosi juga akan mengalami perubahan. Untuk itulah mempersiapkan fisik juga mental dengan matang sebelum kehamilan sangat dibutuhkan. Hadirnya janin dalam kandungan juga perubahan hormon selama periode kehamilan bisa mempengaruhi emosi dan mental ibu hamil.

bahaya stress ibu hamil

Stres yang dialami pada waktu hamil tentu saja dapat mempengaruhi janin dalam kandungan. Ada banyak hal yang seringkali dikhawatirkan oleh ibu hamil di masa kehamilan, rasa khawatir yang berlebihan inilah yang membuat stres menjadi tak dapat dihindari. Baca pula: manfaat musik klasik untuk meredakan stress ibu hamil.



Dampak Stres pada Pada Kehamilan Dan Janin

1. Alergi Pada Janin

Stres pada ibu hamil dikatakan dapat meningkatkan resiko alergi pada bayi nanti. Hal ini disebabkan saat stres janin menyerap hormon kortisol yang diproduksi ibu hamil pada saat mengalami stres. Bayi dengan tingkat kadar hormon kortisol yang tinggi dapat beresiko lebih besar mengidap alergi dibandingkan bayi dengan kadar hormon kortisol rendah.

2. Resiko Keguguran

Stres yang dialami oleh ibu hamil tentunya beresiko sangat berbahaya terhadap janin dalam kandungan. Kehilangan janin atau keguguran merupakan dampak terparah yang terjadi pada ibu hamil. Hal ini tidak terjadi pada ibu hamil dengan tingkat stres yang rendah dengan sistem pengendalian yang baik ketika menghadapi stres saat hamil.

3. Sistem Kekebalan Bayi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Ibu hamil yang sering mengalami cemas, tegang dan juga panik yang berlebihan dapat menyebabkan melemahnya sisitem kekebalan bayi saat berusia 6 bulan.

Oleh karenanya, ibu hamil terutama wanita karir dianjurkan agar menghindari stres dan menjaga kesehatannya dengan baik. Hal ini bertujuan agar ibu hamil tetap sehat dan bayi lahir dengan sehat nanti.



Untuk terhindar dari stres selama kehamilan adalah dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat. Jalani masa kehamilan dengan penuh kebahagiaan dan kegembiraan. Kenali dan temukan solusi untuk masalah anda untuk mengatasi stres yang di alami.

435 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • resiko stres dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil

Leave a Comment

error: Content is protected !!