Waspada! Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil Dan Janin


Mie Instan merupakan makanan cepat matang dan praktis dalam penyajian, namun dibalik kemudahan dalam penyajiannya mie instant sangat berbahaya bagi ibu hamil bila sering mengkonsumsinya. Banyak merek mie Instan yang beredar di masyarakat seperti; Indom*e, Super*mie, Mie Sed*p, Sari*Mie, dan lain lain. Bunda sebaiknya membatasi konsumsi terhadap berbagai jenis merek mie instant tersebut terutama bagi ibu hamil yang dalam masa kehamilan.

Kandungan zat kimia dalam bumbu mie instan sangat berbahaya, terlebih ibu hamil yang sering mengkonsumsinya. Bagi ibu hamil, bahaya mie sangat mempengaruhi kesehatan kehamilan bunda maupun janin yang dikandung. Mie instan mungkin memang sudah menjadi makanan praktis sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama anak kos karena tergolong murah dan cepat dalam penyajianya. Namun tahukah Bunda bahaya mie instan bagi ibu hamil jika sering mengonsumsinya?

Bahaya Mie Instant bagi Ibu Hamil

 

Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil Bila Sering Mengkonsumsinya

Bunda sering menkonsumsi  dan gemar mengkonsumsi mie instan pada masa kehamilan? Walaupun mie instan termasuk jenis makanan yang aman untuk di konsumsi keluarga asal dimasak dengan cara yang benar dan aman, serta dalam jumlah yang wajar (tidak berlebihan). Banyak opini dimasyarakat yang beredar tentang bahaya mie pada ibu hamil, sehingga ibu hamil dilarang mengkonsumsi mie instan. Ada baiknya Bunda mengetahui bahaya zat kimia yang terkandung pada isi maupun bumbu mie instant. Seperti apa bahaya mie instan bagi ibu hamil?

Berikut ini beberapa bahaya mie instant bagi ibu hamil yang sering mengkonsumsinya dan sebaiknya Bunda menghindarinya terutama pada kehamilan trimester pertama, karena pada pada masa itu kondisi janin di dalam kandungan masih lemah/ rentan.;

1. Kandungan Garam pada Mie Instant.

Tahukah bunda bahwa kandungan garam pada mie instan itu sangat tinggi, dan kurang baik untuk kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Tingginya kandungan garam pada bumbu mie instant beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi terhadap ibu hamil (bila terlalu sering dikonsumsi). Tidak hanya itu, asupan garam yang tinggi juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan kaki bengkak pada ibu hamil (edema) serta pengaruh buruk kesehatan ibu hamil lainnya.

2. MSG Pada Bumbu Mie Instant.

Bumbu mie instant mengandung zat MSG ( Monosodium Glutamat ) yang sangat tinggi. Pemberian zat MSG (monosodium glutamate) pada bumbu mie instant  berfungsi penguat rasa mie instan menjadi lebih asin, manis, atau asam yang memiliki risiko buruk kesehatan. Bahaya zat MSG pada ibu hamil yaitu bisa mengakibatkan reaksi hipersensitif pada ibu hamil seperti, lemas, muntah, nyeri kepala dan mual.

Untuk meminimalisasi bahaya MSG pada sajian makanan Mie Instant, Bunda dapat menambahkan sayuran hijau seperti kubis, wortel, dan makanan tambahan lain seperti; telur, ayam, dan jamur. Gunakan bumbu mie instan hanya sedikit saja, atau setengah takaran saja karena bumbu mie instan mengandung MSG dan banyak garam.

Bahaya mie instant pada ibu hamil



3. Bahaya Kandungan Mie Instant.

Kandungan Mie Instant berupa tepung yang mengandung banyak kalori, garam, dan lemak. Bunda jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi mie instan, rutin konsumsi mie instan berpotensi pada meningkatnya berat badan. Tingginya kandungan lemak, dan sodium yang ada di dalam mie instan bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam jumlah yang besar, dan kandungan lemak jenuh tidak bisa di serap oleh tubuh, sehingga lemak akan semakin menumpuk serta berubah menjadi lemak tubuh. Memiliki kandungan lemak yang tinggi selama kehamilan tentu  akan berdampak buruk bagi Kesehatan kehamilan dan janin

4. Kemasan Mie Instant

Hal lain yang perlu ibu hamil waspadai tentang bahaya mie instan adalah kemasannya. Ada beberapa merek mie instan yang beredar di masyarakat dikemas dengan bahan yang menggunakan styrofoam yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA). BPA merupakan zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu cara hormon bekerja, terutama estrogen.

Bahaya Mie Instant bagi Ibu Hamil

Tips Aman Menghindari Bahaya Mie Instant Bagi Ibu Hamil

Bolehkan ibu hamil mengkonsumsi mie instant? Ibu hamil hamil tidak dilarang mengkonsumsi mie instant selama masa kehamilan. Untuk mengurangi dampak buruk mie instant pada ibu hamil, lakukan tips aman berikut ini;

  • bunda memasaknya dengan benar terlebih dahulu untuk menghindari bahaya yang ada pada bumbu mie instant.
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi mie instant karena bagaimanapun juga mie instant merupakan makanan yang tidak sehat dan berbahaya dikonsumsi ibu hamil.

Berikut tips aman Untuk menyajikan mie instant sebelum ibu hamil mengkonsumsinya;

  • Berikan bumbu mie instant hanya setengahnya saja atau kurang. Ataupun lebih aman bunda menggunakan bumbu sendiri yang tidak mengandung msg.
  • Tambahkan sayuran bergizi pada mie instant, seperti potongan wortel, sawi, telur, kacang polong, tomat atau jenis sayur lain yang anda sukai.
  • Memasak Mie Instant terlebih dahulu rebus mie sampai hampir matang, lalu tiriskan / buang air yang digunakan (hal ini bertujuan untuk menghilangkan pengawet yang berada pada mie instan). Langkah Kedua, Panaskan Air sekitar 400 ml. Setelah mendidih masukan telur, selang satu menit masukan Bumbu dan sayuran dan setelah setengah menit masukan mie. Imbangi dengan konsumsi makanan kaya gizi di waktu lain, agar kebutuhan gizi wanita hamil dan janin di dalam kandungan tetap terpenuhi.


Pencarian Terkait ;

  • ibu hamil makan mie telur
  • bahaya mie untuk ibu hamil
  • dampak mie instan pada ibu hamil
  • apa danpak sering mkn mie instan pada janin
  • hamil makan mie te
  • boleh kah ibu hamil makan mie pake telor
  • bolehkah ibu hamil trismeter ke2 makan mie instant
  • bahaya mie instant untuk ibu hamil
  • ibu hamil makan mie telor
  • ibu hamil makan mie instan saat hamil trimester ketiga

 

245 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • ibu hamil makan mie telur
  • makanan berbahaya bagi ibu hamil loc:ID
  • pengaruh mie ayam pada air ketuban
  • apakah ibu hamil boleh makan mie telor
  • bahaya kurang asupan makanan bagi ibu hamil
  • bahaya mie instan untuk janin dalam kandungan
  • bolehkah ibu hamil makan mie te
  • bolehkah ibu hamil makan mie telor
  • bolehkh ibu hamil makn mie instan cmpur sawi hijau
  • Mie instan bagi ibu hamil trismester 2

Leave a Comment

error: Content is protected !!