Bahaya Keputihan Pada Wanita Hamil Dan Tips Mengatasinya

ibu hamil sering buang air kecil

Bahaya Keputihan Pada Wanita Hamil Dan Tips Mengatasinya

Wanita lebih rentan mengalami Keputihan pada saat hamil karena pada saat hamil terjadi perubahan hormonal yang salah satu dampaknya adalah peningkatan jumlah produksi cairan dan penurunan keasaman v*gina serta terjadi pula perubahan pada kondisi pencernaan.

Ibu yang sedang hamil akan lebih mudah terserang penyakit keputihan. Hal ini disebabkan karena pada ibu hamil perubahan hormonal mengakibatkan peningkatan jumlah produksi cairan dan turunnya kadar keasaman pada area mrs v. Sehingga berpengaruh meningkatnya resiko keputihan bagi ibu hamil.

Bahaya Keputihan Pada Ibu Hamil
Bahaya Keputihan Pada Wanita Hamil

Namun sebagian besar perempuan hamil tidak pernah mengeluhkan keputihan yang tiba-tiba dideritanya. Meningkatnya kadar dan frekuensi keputihan umumnya adalah kondisi normal saat hamil. Namun jika keputihan telah berubah warna atau diiringi gejala tertentu, maka kondisi ini dapat menjadi tanda timbulnya infeksi.

Keputihan saat hamil sebenarnya adalah hal yang normal. Peningkatan kadar estrogen dan meningkatkan aliran darah ke vag*na membuat frekuensi dan kadar keputihan semakin meningkat di masa kehamilan. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim  ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vag*na, bakteri normal dari vag*na, dan sel-sel mati dari dinding vag*na.

 

Biasanya ibu hamil yang baru mengidap keputihan tidak mengeluhkan terjadi apa-apa pada kehamilanya, dan menganggap tidak menggangu kesehatanya. Bila hal tsb dibiarkan hingga pada periode waktu yang lama akan membahayakan kesehatan kehamilan bunda.

keputihan pada ibu hamil
Waspadai Bahaya Keputihan Pada Ibu Hamil

Bahaya keputihan pada ibu hamil antara lain; persalinan prematur (prematuritas), keputihan pada kehamilan juga dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya serta kelahiran bayi dengan berat lahir rendah. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar bunda segera melakukan pemeriksaan kehamilan jika mendapatkan dirinya mengalami keputihan. Terlebih lagi keputihan pada ibu hamil tsb sudah pada tahap timbul gejala sangat gatal di area vag*na hingga keluar cairan yang berbau.

Berikut ada beberapa bahaya keputihan pada ibu hamil yang harus Bunda waspadai, antara lain:

  1. Kerusakan Selaput Mata Bayi

    Keputihan karena virus Neisserea Gonorrhoeae dapat mengakibatkan kerusakan pada mata bayi. Yang mana bayi terinfeksi pada organ genital si ibu saat bayi dilahirkan secara normal.

  2. Kelahiran Prematur

    Keputihan ini biasanya disebabkan oleh virus chlamydia. Jika keputihan karena virus ini tidak segera diatasi, dapat menimbulkan beberapa akibat yang cukup berbahaya bagi ibu dan janin seperti kelahiran prematur, keguguran, berat bayi lahir rendah dan yang lebih berbahaya lagi yaitu kematian ibu dan janin. Keputihan yang muncul yang ditandai dengan adanya cairan yang lebih kental, memiliki bau wamis serta rasa gatal yang bisa memicu iritasi pada bagian vulva. Keputihan yang terjadi pada ibu hamil jenis ini bisa mengakibatkan rasa nyeri ketika melakukan hubungan suami istri. Bahkan adapun penyebab keputihan pada ibu hamil jenis ini yaitu adanya mikroorganisme yaitu candida albicans. Dan jika keadaan ini terus menerus dibiarkan, maka bisa menyebabkan kelahiran premature pada janin yang ada di dalam kandungan.

  3. Ketuban Pecah Sebelum Waktunya

    Keputihan yang abnormal biasanya ditandai dengan munculnya cairan yang memiliki warna kekuningan, berbau amis serta ketika muncul rasanya sedikit gatal. Biasanya keputihan jenis ini disebut dengan vaginosis bakterialis yang bisa menyebabkan ketuban menjadi pecah sebelum waktunya tiba.

  4. Berat Badan Bayi Rendah

    Keputihan yang berupa iritasi yang terjadi di sekitar gentil dengan munculnya rasa panas juga gatal. Dalam keadaan yang parah, bisa menyebabkan rasa nyeri pada daerah vulva juga daerah paha, perineum dan saat senggama. Penyebab utama dari keputihan ini yaitu protozoa trichmonas vaginalis, yakni dikeluarkan melalui hubungan suami istri. Dampak untuk ibu hamil yaitu lahirnya bayi dengan berat yang sangat rendah.

  5. Epilepsi Pada Bayi

    Keputihan akibat dari infeksi jamur candida dapat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan bayi. Keputihan karena jamur ini dapat menyebabkan resiko terjadinya serangan epilepsi pada bayi

Selain bahaya keputihan diatas, dirangkum dari beberapa sumber, ada 3 bahaya keputihan lainya pada ibu hamil, yaitu Kandidosis vulvovaginal, Vaginosis baterialis dan Trikomoniasis.



Kandidosis Vulvovaginal

Bahaya keputihan pada wanita hamil

Bahaya Keputihan Kandidosis vulvovaginal terjadi disebabkan karena pertumbuhan berlebihan sel-sel jamur, kondisi yang memudahkan pertumbuhan tersebut antara lain : kehamilan, pemakaian kontras*psi or*l kombinasi, pemakaian antibiotika berlebihan, menstruasi, diabetes mellitus (kencing manis), penyakit-penyakit yang menurunkan daya kekebalan tubuh, kebiasaan irigasi/bilas vag*na, cairan pembersih/pewangi vag*na, vaginal jeli atau pemakaian celana dalam yang ketat dengan ventilasi yang kurang.

Gejala yang timbul akibat bahaya ini antara lain; cairan kental, berbau sangat tajam dan disertai dengan rasa gatal akibat cairan keputihan sudah mengiritasi dan membuat lecet vulva. Ibu hamil juga akan merasakan nyeri saat berkemih dan saat berseng**ma.

Vaginosis Bakterialis

Disebabkan oleh berkurangnya jumlah laktobasili normal yang merupakan efek dari perubahan ekosistem di area genital. Pada ibu hamil frekuensi terjadinya Vaginosis bakterialis meningkat sekitar 16-24 % dibandingkan pada saat tidak hamil. Gejalanya muncul cairan kental, berbau sangat tajam. Pada kondisi parah barulah muncul rasa gatal.

Trikomoniasis

Yaitu protozoa yang mempunyai flagel, pada manusia biasanya terdapat di uretra (saluran kemih). Ditularkan pada umumnya melalui hubungan sek*ual. Gejala yang timbul berupa iritasi pada area genital, rasa panas, gatal dan nyeri yang dapat terasa di daerah vulva dan paha, perineum (kulit diantara vag*na dan anus) , dapat pula disertai nyeri saat berkemih dan senggama. Keluar cairan keputihan yang berbuih dan berwarna putih keabuan atau berwarna kuning kotor kehijauan serta berbau busuk yang menusuk. Dalam kondisi parah, vag*na dan leher rahim dapat bengkak dan meradang kemerahan.

 

Tips Mudah Mengatasi Bahaya Keputihan Pada Ibu Hamil

keputihan pada wanita hamil

  1. Menjaga kebersihan area gen*tal terutama setelah mandi dan buang air kecil untuk menghindari tumbuhnya jamur, dan biasakan membersihkan area kewanitaan dengan arah depan ke belakang.
  2. Pastikan organ kewanitaan tetap kering setelah mandi. Gunakan selalu handuk bersih dalam mengeringkannya dan hindari memakai tisu yang memiliki aroma wewangian.
  3. Sebaiknya menghindari penggunaan sabun pembersih di areal organ int*m.
  4. Bunda harus segera mencegahnya dengan mengganti celanan ketat dengan celana dalam katun yang mampu menyerap banyak keringat
  5. Hindari pakaian dan celana dalam lembab, agak basah atau tidak kering ketika dijemur.
  6. Hindari makanan yang mengandung banyak gula.
  7. Kurangi asupan makanan manis dan yang tinggi kandungan kafein.
  8. Selalu berkonsultasi dengan dokter jika anda mencurigai terjadinya keputihan yang tidak normal pada masa kehamilan bunda.

Siapa bilang keputihan hanya terjadi pada orang dewasa atau bahkan pada ibu hamil. Karena pada kenyataannya keputihan juga bisa di alami oleh bayi juga balita. Pemicu utama terjadinya keputihan pada bayi atau balita yaitu hormon serta infeksi.



Penggunaan minyak juga bedak yang berlebihan di daerah kemaluan si kecil bisa menyebabkan munculnya infeksi. Sama halnya dengan keputihan yang kerap kali di alami oleh orang dewasa, namun keputihan pada bayi atau balita tidak memiliki bau juga tidak gatal, maka keputihan ini masih dikategorikan aman. Namun jika si kecil mengalami kesakitan, kemerahan di daerah kelaminnya, bahkan menangis ketika ia buang air kecil, maka segeralah konsultasikan kepada dokter. Sehingga pengobatan bisa dilakukan sejak dini.

 

232 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • proses jamur candida albicans menyebabkan penyakit pada ibu hamil dan menyusui
  • keputihan pada ibu hamil
  • keputihan yang terus menerus pada ibu hamil
  • keputihan orang hamil
  • keputihan pada kehamilan
  • nangis disaat hamil tiba2 keputihan parah
  • selangkangan gatal saat hamil

Leave a Comment

error: Content is protected !!