Awas Wasir! Jaga Kesehatan Pencernaan saat Hamil

Awas Wasir! Jaga Kesehatan Pencernaan saat Hamil


Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil, kesehatan pencernaan memegang peranan yang sangat penting. tak jarang ibu hamil mengeluhkan rasa tidak nyaman seperti mual, muntah, kembung, bersendawa dan konstipasi (sulit bab) terutama pada trimester pertama kehamilan.

wasir pada ibu hamil
Awas Wasir! Jaga Kesehatan Pencernaan saat Hamil

Pada saat kehamilan, terjadi peningkatan hormon yang mengakibatkan gerakan (motilitas) organ pencernaan menjadi lambat. hal ini mengakibatkan proses pengosongan lambung menjadi lambat, demikian juga dengan gera- kan peristaltik usus juga akan melambat. Ibu akan merasa cepat kenyang dan cepat penuh, dan akhirnya ibu mengeluhkan mual dan sering bersendawa, rasa terbakar pada ulu hati disebabkan adanya regurgitasi isi lambung ke oesofagus, sehingga akan menyebabkan nyeri di oesofagus seperti rasa terbakar.



Ibu hamil juga akan mengeluhkan susah buang air besar (selain akibat penekanan usus oleh janin pada trimester akhir), sampai dengan ambien atau wasir pada saat hamil, di mana hal ini dapat mengakibatkan faeces menjadi semakin padat.

“rasa tak nyaman ini umumnya menyebabkan kebutuhan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang selama kehamilan menjadi terganggu, padahal kesehatan ibu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam kan- dungan,” ungkap dr. noroyono Wibowo, spOg (k), pakar obstetri dan ginekologi Fakultas kedokteran universitas Indonesia (FkuI).

Hal senada diungkapkan oleh dr. kartiwa hadi nuryanto, spOg, dokter ginekologi rscm yang mengatakan bahwa asupan nutrisi selama kehamilan sangat penting bagi perkembangan janin untuk menjamin pertumbuhan plasenta dan janin itu sendiri, menjamin janin tumbuh sempurna dan menjamin kecukupan nutrisi saat akhir kehamilan.

  • Untuk menjaga jumlah probiotik tetap tinggi, beberapa makanan probiotik penting untuk dikonsumsi. yang pertama adalah gOs (Galacto-oligosaccharides) adalah serat yang tak tercerna yang akan dimanfaatkan oleh prebiotik untuk tetap berkembang. gOs ini dapat ditemukan dalam hampir seluruh produk susu termasuk asI yang sangat berguna pula bagi pencernaan bayi. sementara prebiotik yang lain adalah FOs (Fructo- oligosaccharides). beberapa studi menyebutkan FOs mampu meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus. FOs sendiri dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti pisang, bawang bombay, akar chicory, asparagus maupun tomat atau bawang putih.
  • Menurut Noyorono  standar nutrisi dan gizi di Indonesia memang mempersulit banyak kehamilan akibatnya banyak dokter yang mengadopsi standar dari luar negeri. badan standarisasi pangan australia dan selandia baru FsanZ (Food Standards Australia New Zealand) menyebutkan bahwa komposisi FOs:gOs 1:9 sangat penting untuk meningkatkan jumlah bifidobakteria (bakteri baik) dalam usus.

Seperti diketahui nutrisi ibu hamil sangat diperlukan sejak kahamilan pertama kali terjadi. asam Folat diperlukan untuk mencegah Neural Tube Defects (ntd).  Sementara yodium diperlukan ibu hamil agar terhindar dari keguguran, anemia dan kemungkinan pre- eklamsia dan dibutuhkan janin untuk pertumbuhan yang sempurna, menjaga pertumbuhan otak dan kematian pasca lahir. 

 Kesehatan Pencernaan saat Hamil


Di dalam saluran pencernaan terdapat berbagai bakteri baik yang biasa disebut secara umum dengan probiotik. Probiotik ini akan membantu keseimbangan organisme alami (mikroflora) dan menjadi‘satpam’ dalam saluran pencernaan terhadap ancaman bakteri buruk seperti e-coli. semakin banyak probiotik dalam saluran cerna makan akan mampu menekan bakteri merugikan dalam pencernaan dan proses pencernaan berlangsung dengan sempurna. salah satunya adalah yang sering disebut dengan nama laktobasilus (Lactobacillus).

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: