makanan kaya vitamin ibu hamil

Asupan Gizi untuk Ibu Hamil


Asupan Gizi untuk Ibu Hamil | Panduan Gizi Sehat Seimbang Untuk Ibu Hamil

Pada periode kehamilanya, ibu memerlukan asupan gizi seimbang ibu hamil untuk kesehatan janin yang dikandungnya. Bunda dituntut memahami makanan yang sehat bagi kehamilanya. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil, sebaiknya diatur agar “tepat sasaran”. maksudnya, kita makan sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Tentunya tidak semua makanan baik untuk ibu hamil. Ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.

Berikut ini beberapa jenis makanan dengan gizi seimbang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.



Asupan Gizi Protein Ibu Hamil

Asupan Sumber Gizi Protein Ibu Hamil; Daging, Ikan, dan Telur

Protein merupakan salah satu asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh Ibu hamil, karena asam amino di dalamnya merupakan zat dasar yang membangun organ tubuh janin dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh sel tubuh, termasuk sel otak. Dibawah ini beberapa jenis daging, ikan dan telur yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu sebagai asupan gizi seimbang dimasa kehamilan ibu.

 

Asupan Gizi Ibu Hamil Daging

Daging, Sumber Protein Hewani buat Ibu Hamil

Daging tanpa Lemak. Salah satu sumber protein adalah daging, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak atau bagian lemaknya telah dipisahkan. Selain dari Daging Sapi/ Ayam sumber Protein hewani dapat diperoleh dari telur,  dan ikan. Daging mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap (terdapat sekitar 9 jenis asam amino) dibanding protein nabati (sayuran).

Selain itu, satu hal yang perlu diperhatikan saat mengolah sumber protein hewani ini adalah cara pengolahannya. Ibu hamil sebaiknya tidak langsung mengonsumsi daging mentah seperti sushisashimi, atau steak yang belum benar-benar matang. Ini disebabkan makanan setengah matang berisiko terpapar Toksoplasma gondii, sejenis parasit penyebab penyakit toksoplasma yang dapat mengganggu perkembangan otak dan mata.

Telur bagi kehamilan ibu

Telur 

Jumlah kalori yang terkandung dalam telur hanya sekitar 90 kalori, 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk sumber gizi pada masa kehamilan.
Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan janin dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan organ penglihatan.

assupan gizi terbaik ibu hamil

Ikan Salmon (Salmon Fish)

Ikan salmon merupakan sumber omega-3 dan protein. Kandungan gizi pada ikan salmon baik sekali untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

Asupan Gizi Ibu Hamil Kacang-Kacangan, Buah dan Sayur

Beberapa jenis kacang-kacangan, buah, sayuran hijau dan umbi-umbian juga sangat baik sebagai asupan gizi ibu hamil.

 

Asupan gizi sayuran untuk ibu hamil

Sayuran dan Kacang-Kacangan, Sumber Protein Hewani

Selain asupan protein hewani (daging, telur ikan), Bunda juga memerlukan sumber  protein nabati dari kacang-kacangan, seperti edamame, kacang tanah, kacang merah, dan bisa juga berasal dari olahan makanan  dari kacang kedelai, misalnya tahu dan tempe. Walapun kandungan asam amino pada protein nabati tidak selengkap protein hewani, Bunda sebaiknya tetap mengonsumsi kedua sumber protein secara bersamaan untuk mencukupi asupan asam amino selama kehamilanya. Sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

Dari beberapa jenis kacang-kacangan yang ada, buncis mengandung yang sumber dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran lainya. Bunda sudah mengetahui pentingnya protein selama kehamilan, namun bunda mungkin belum menyadari bahwa serat merupakan asupan gizi ibu hamil yang sangat diperlukan. Pada saat hamil saluran pencernaan melambat, mengakibatkan risiko sembelit dan wasir pada ibu hamil. Serat alami dapat membantu meringankan wasir pada ibu hamil.

asupan susu ibu hamil

Susu dan Berbagai Hasil Olahanya

Protein yang terdapat didalam susu tergolong menjadi 2 jenis meliputi; kasein dan wheyKasein adalah protein susu yang utama terdapat dalam bentuk kasein kalsium sebanyak ± 80%. Kasein ini dapat diendapkan oleh asan dan reninWhey dibagi menjadi dua yaitu laktalbumin(±10%) dan laktoglobulin (protein sumber S). Whey akan terdenaturasi pada suhu 650C.

Laktosa terdapat dua bentuk, yaitu, ά laktosa hidrat dan ß laktosa an hidratLaktosa hidrat disebut juga gula laktosa yang diperdagangkan yang dihasilkan dari kristalisasi larutan laktosa jenuh pada suhu 93,50C. Laktosa an hidrat akan terkristalisasi pada suhu . 93,5 0C

Air, mineral, dan vitamin. Air pada susu mudah dihilangkan dengan suhu tinggi. Mineral yang penting adalah Ca da P karena konsisten tidak dipengaruhi ransum. Selain Ca dan P terdapat juga mineral lain seperti K, Cl, Na, Mg, dan S. Vitamin yang penting pada susu adalah A, B kompleks, C, D, dan E. Namun, vitamin C akan rusak selama proses pemanasan.

Menurut standar Angka Kecukupan Gizi Indonesia, ternyata Ibu hamil itu perlu mengonsumsi protein sekitar 76 gr/ hari. Jadi, selain mendapatkan asupan protein dari telur, daging, dan kacang-kacangan, Bundu juga bisa melengkapi asupan gizi protein dengan cara mengonsumsi susu atau produk olahannya, seperti yoghurt dan keju.

 

asupan gizi bagi kehamilan ibu

Ubi Jalar

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna. satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi ibu hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

asupan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil

Walnut

Walnut merupakan sumber omega 3 alternatif selain ikan dan telur. Omega 3 sangat berguna untuk perkembang otak pada janin.

sayuran untuk kesehatan kehamilan

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.

Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

 

Asupan sayuran dan buah untuk ibu hamil

Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna

Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. Baca juga: Manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Manfaat Buah Bengkoang untuk ibu hamil.

Makanan Olahan. Makanan olahan yang terbuat dari susu seperti yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pada prinsipnya, asupan makanan untuk ibu hamil harus memenuhi empat sehat lima sempurna setiap harinya:

  • karbohidrat, misalnya : nasi, roti, kentang, oatmeal (havermouth)
  • sayuran
  • buah-buahan
  • protein, misalnya : ayam, sapi, telur, tahu, tempe
  • produk susu, misalnya : susu, yogurt, keju

Makanan Yang Harus diHindari selama Ibu Hamil

Bunda sebaiknya menghindari minum kopi. Caffein yang terkandung pada minuman kopi berakibat resiko pada janin. Batas maksimum yang dianjurkan adalah 200 mg per hari, kira-kira 1,5 cangkir kopi/hari.


Makanan lain yang harus dihindari ibu hamil adalah :

  • Hindari minuman yang mengandung alk*hol
  • mayonaise, karena mengandung telur mentah
  • telur yang kurang matang
  • daging yang setengah matang (half cooked)
  • hotdog atau hamburger
  • sushi
  • olahan susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu
  • seafood yang kandungan merkurinya tinggi, misalnya kerang

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • gizi ibu hamil
  • gizi seimbang pada ibu hamil
  • asupan makanan ibu hamil
  • gizi seimbang ibu hamil
  • gizi pada ibu hamil
  • gizi seimbang untuk ibu hamil
  • asupan nutrisi ibu hamil
  • gizi untuk ibu hamil
  • Kebutuhan gizi ibu hamil
  • asupan makanan yang baik untuk ibu hamil

2 pemikiran pada “Asupan Gizi untuk Ibu Hamil

  1. Asupan gizi ibu hamil Sebaiknya dipadukan antara makanan yang mengandung karbohidrat, protein, Vitamin, dan berbagai gizi lainya dengan susu dan supplement pendukung lainya.

Tinggalkan Balasan ke Anonim Batalkan balasan

%d blogger menyukai ini: