Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil | Nutrisi Ibu Hamil

Sayuran dan Buah Buahan buat ibu hamil

Seperti yang kita ketahui, nutrisi bagi ibu hamil jelas sangat berbeda. Nutrisi Ibu hamil juga berbeda untuk tiap usia kandungannya, namun kebanyakan dari kita menganggap bahwa kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah sama di tiap usia kandungan.

Tidak cuma itu, konsumsi makanan bagi ibu hamil juga perlu disesuaikan dengan asupan gizi yang diperlukan oleh janin dalam kandungan. Ibu hamil mempunyai kebutuhan nutrisi yang khusus karena berhubungan dengan nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Pada usia kandungan di trisemester kedua kehamilan, pertumbuhan janin berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, Ibu hamil memerlukan sumber asupan makanan yang memberikan gizi yang optimal bagi kehamilan.


Bagi ibu hamil asupan yang harus di konsumsi adalah vitamin dan mineral, karena sangat dibutuhkan bagi kesehatan janin. Selain dari itu, protein juga merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Protein mempunyai peran penting dalam memproduksi sel-sel darah. Selain protein, karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang juga dibutuhkan bagi ibu hamil untuk kebutuhan energi setiap hari.

Selain nutrisi di atas, lemak juga merupakan nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Lemak berfungsi untuk cadangan energi bagi tubuh. Ketika wanita sedang hamil, ia akan memerlukan banyak energi. Lemak membantu menyediakan cadangan energi untuk mengurangi kelelahan.

Beberapa vitamin juga penting untuk ibu hamil, seperti Vitamin B6, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin E. Ibu hamil juga memerlukan kalsium yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan bayi. Selain itu zat besi juga merupakan unsur penting untuk nutrisi ibu hamil. Zat besi penting dalam memproduksi sel-sel darah merah dan mencegah anemia.

Satu lagi nutrisi penting bagi ibu hamil yaitu asam folik (asam folat). Menurut penelitian para ahli, asam folik/ asam folat sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mencegah resiko keguguran dan kerusakan pada janin selama kehamilan.

Sumber makanan untuk memebuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan

  1. Protein seperti susu, keju, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan
  2. Zat Kapur yaitu semua makanan yang terbuat dari susu
  3. Fosfor seperti susu, keju, daging dan kacang
  4. Zat Besi seperti hati, daging, telur, beras utuh, sayuran, kacang-kacangan dan buah
  5. Lodium yaitu garam ber-yodium
  6. Vitamin, yaitu vitamin B6, A, C, D, E, dan vitamin K

Panduan Gizi Sehat Seimbang Untuk Ibu Hamil

Pada periode kehamilanya, ibu memerlukan asupan gizi seimbang ibu hamil untuk kesehatan janin yang dikandungnya. Bunda dituntut memahami makanan yang sehat bagi kehamilanya. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil, sebaiknya diatur agar “tepat sasaran”. maksudnya, kita makan sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Tentunya tidak semua makanan baik untuk ibu hamil. Ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.

Asupan Gizi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa jenis makanan dengan gizi seimbang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Asupan Sumber Gizi Protein Ibu Hamil; Daging, Ikan, Dan Telur

Protein merupakan salah satu asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh Ibu hamil, karena asam amino di dalamnya merupakan zat dasar yang membangun organ tubuh janin dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh sel tubuh, termasuk sel otak. Dibawah ini beberapa jenis daging, ikan dan telur yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu sebagai asupan gizi seimbang dimasa kehamilan ibu.

 

Daging, Sumber Protein Hewani Buat Ibu Hamil

Daging tanpa Lemak. Salah satu sumber protein adalah daging, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak atau bagian lemaknya telah dipisahkan. Selain dari Daging Sapi/ Ayam sumber Protein hewani dapat diperoleh dari telur,  dan ikan. Daging mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap (terdapat sekitar 9 jenis asam amino) dibanding protein nabati (sayuran).

Selain itu, satu hal yang perlu diperhatikan saat mengolah sumber protein hewani ini adalah cara pengolahannya. Ibu hamil sebaiknya tidak langsung mengonsumsi daging mentah seperti sushisashimi, atau steak yang belum benar-benar matang. Ini disebabkan makanan setengah matang berisiko terpapar Toksoplasma gondii, sejenis parasit penyebab penyakit toksoplasma yang dapat mengganggu perkembangan otak dan mata.

Asupan Gizi Ibu Hamil

 

Telur 

Jumlah kalori yang terkandung dalam telur hanya sekitar 90 kalori, 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk sumber gizi pada masa kehamilan.
Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan janin dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan organ penglihatan.

Telur Asupan gizi buat Ibu Hamil

 

Ikan Salmon (Salmon Fish)

Ikan salmon merupakan sumber omega-3 dan protein. Kandungan gizi pada ikan salmon baik sekali untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

Ikan Salmon

 

 

Asupan Gizi Ibu Hamil Kacang-Kacangan, Buah Dan Sayur

Beberapa jenis kacang-kacangan, buah, sayuran hijau dan umbi-umbian juga sangat baik sebagai asupan gizi ibu hamil.

 

Sayuran Dan Kacang-Kacangan, Sumber Protein Hewani

Selain asupan protein hewani (daging, telur ikan), Bunda juga memerlukan sumber  protein nabati dari kacang-kacangan, seperti edamame, kacang tanah, kacang merah, dan bisa juga berasal dari olahan makanan  dari kacang kedelai, misalnya tahu dan tempe. Walapun kandungan asam amino pada protein nabati tidak selengkap protein hewani, Bunda sebaiknya tetap mengonsumsi kedua sumber protein secara bersamaan untuk mencukupi asupan asam amino selama kehamilanya. Sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.



Dari beberapa jenis kacang-kacangan yang ada, buncis mengandung yang sumber dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran lainya. Bunda sudah mengetahui pentingnya protein selama kehamilan, namun bunda mungkin belum menyadari bahwa serat merupakan asupan gizi ibu hamil yang sangat diperlukan. Pada saat hamil saluran pencernaan melambat, mengakibatkan risiko sembelit dan wasir pada ibu hamil. Serat alami dapat membantu meringankan wasir pada ibu hamil.

Asupan gizi dan sayur Buat ibu hamil

 

 

Susu Dan Berbagai Hasil Olahanya

Protein yang terdapat didalam susu tergolong menjadi 2 jenis meliputi; kasein dan wheyKasein adalah protein susu yang utama terdapat dalam bentuk kasein kalsium sebanyak ± 80%. Kasein ini dapat diendapkan oleh asan dan reninWhey dibagi menjadi dua yaitu laktalbumin(±10%) dan laktoglobulin (protein sumber S). Whey akan terdenaturasi pada suhu 650C.

Laktosa terdapat dua bentuk, yaitu, ά laktosa hidrat dan ß laktosa an hidratLaktosa hidrat disebut juga gula laktosa yang diperdagangkan yang dihasilkan dari kristalisasi larutan laktosa jenuh pada suhu 93,50C. Laktosa an hidrat akan terkristalisasi pada suhu . 93,5 0C

Air, mineral, dan vitamin. Air pada susu mudah dihilangkan dengan suhu tinggi. Mineral yang penting adalah Ca da P karena konsisten tidak dipengaruhi ransum. Selain Ca dan P terdapat juga mineral lain seperti K, Cl, Na, Mg, dan S. Vitamin yang penting pada susu adalah A, B kompleks, C, D, dan E. Namun, vitamin C akan rusak selama proses pemanasan.

Menurut standar Angka Kecukupan Gizi Indonesia, ternyata Ibu hamil itu perlu mengonsumsi protein sekitar 76 gr/ hari. Jadi, selain mendapatkan asupan protein dari telur, daging, dan kacang-kacangan, Bundu juga bisa melengkapi asupan gizi proteindengan cara mengonsumsi susu atau produk olahannya, seperti yoghurt dan keju.

Asupan Susu Ibu hamil

 

Ubi Jalar

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna. satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi ibu hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Ubi Jalar Buat Ibu Hamil

 

Walnut

Walnut merupakan sumber omega 3 alternatif selain ikan dan telur. Omega 3 sangat berguna untuk perkembang otak pada janin.

Asupan Nutrisi Ibu Hamil

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.

Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

Asupan Gizi Dan Nutrisi Buat Ibu Hamil

 

Buah-Buahan Dan Sayuran Beraneka Warna

Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. Baca juga: Manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Manfaat Buah Bengkoang untuk ibu hamil.

Makanan Olahan. Makanan olahan yang terbuat dari susu seperti yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pada prinsipnya, asupan makanan untuk ibu hamil harus memenuhi empat sehat lima sempurna setiap harinya:

  • karbohidrat, misalnya : nasi, roti, kentang, oatmeal (havermouth)
  • sayuran
  • buah-buahan
  • protein, misalnya : ayam, sapi, telur, tahu, tempe
  • produk susu, misalnya : susu, yogurt, keju

Sayuran dan Buah Buahan buat ibu hamil

Makanan Yang Harus DiHindari Selama Ibu Hamil

Bunda sebaiknya menghindari minum kopi. Caffein yang terkandung pada minuman kopi berakibat resiko pada janin. Batas maksimum yang dianjurkan adalah 200 mg per hari, kira-kira 1,5 cangkir kopi/hari.

Makanan lain yang harus dihindari ibu hamil adalah :

  • Hindari minuman yang mengandung alk*hol
  • mayonaise, karena mengandung telur mentah
  • telur yang kurang matang
  • daging yang setengah matang (half cooked)
  • hotdog atau hamburger
  • sushi
  • olahan susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu
  • seafood yang kandungan merkurinya tinggi, misalnya kerang

 

Dampak Kekurangan Nutrisi Selama Kehamilan

  1. Untuk ibu hamil

  • Anemia
  • Perdarahan post partum
  • Berat badan tidak bertambah secara normal
  • Infeksi post partum
  1. Untuk janin

  • Kematian neonatal
  • Cacat bawaan (kebutaan)
  • Berat badan lahir yang rendah (BBLR)
  • Berat badan lahir yang sangat rendah(BBLSR)
  • Kekurangan energi protein (KEP)
  • Bayi prematur

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • gizi ibu hamil
  • gizi seimbang pada ibu hamil
  • asupan makanan ibu hamil
  • gizi seimbang ibu hamil
  • gizi pada ibu hamil
  • gizi seimbang untuk ibu hamil
  • asupan nutrisi ibu hamil
  • gizi untuk ibu hamil
  • Kebutuhan gizi ibu hamil
  • asupan makanan yang baik untuk ibu hamil

 

 


Pencarian Terkait :

  • makanan gizi seimbang untuk ibu hamil
  • asupan gizi ibu hamil
  • gizi seimbang pada ibu hamil
  • asupan gizi yang baik untuk ibu hamil
  • asupan gizi yang penting untuk ibu hamil
  • contoh gizi seimbang untuk ibu hamil
  • gambar nutrisi ibu hamil
  • gizi bumil
  • nutrisi seimbang pada bayi dan ibu hamil
  • gizi hamil

2 thoughts on “Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil | Nutrisi Ibu Hamil

    • Asupan gizi ibu hamil Sebaiknya dipadukan antara makanan yang mengandung karbohidrat, protein, Vitamin, dan berbagai gizi lainya dengan susu dan supplement pendukung lainya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: