Apa Sajakah Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil?

Air Kelapa Hijau Untuk Ibu Hamil

Mitos Seputar Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

“Minum air kelapa biar kulit bayinya bersih pas lahiran!” “Jangan lupa minum air kelapa, nanti rambutnya subur gak gundul”. Kata-kata seperti ini lumrah kita dengar dari orang-orang terdekat ataupun tetangga saat hamil. Tak sedikit yang menganggap mitos dibalik manfaat air kelapa untuk ibu hamil itu benar adanya. Bahkan banyak pula yang menakut-nakuti jika diketahui si ibu hamil enggan mengkonsumsi air kelapa. Lalu benarkah pernyataan-pernyataan tersebut yang menyebutkan manfaat buah kelapa ijo bagi ibu hamil?

Agar tidak salah kaprah, Bunda harus mengkaji hal tersebut lebih dalam. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran mitos tersebut. Hanya saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil memang mampu menyerap lendir dan kotoran pada air ketuban. Ini dikarenakan kandungan elektrolit serta antioksidan yang sangat tinggi pada buah kelapa. Sehingga mampu menyerap kotoran serta radikal bebas yang banyak tersebar di sekitar kita.

Air Kelapa Hijau Untuk Ibu Hamil

Radikal bebas dan polusi menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat perkotaan. Itulah mengapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil selalu mengaitkan dengan hal tersebut. Selama masa kehamilan ibu tentu rentan menyerap segala polusi tersebut, sehingga berpengaruh besar pad tumbuh kembang bayi. Bukan hanya ibu hamil memang, mereka yang tidak hamil pun dianjurkan rajin mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa sendiri dapat pula dijadikan pengganti buah-buahan yang memang kaya antioksidan.

Masa yang paling tepat untuk mengkonsumsi manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah usia kandungan 6 bulan ke atas. Dokter sangat menganjurkan kelapa hijau daripada jenis kelapa lainnya yang banyak dijual di pasaran. Kelapa hijau memiliki ciri-ciri khusus, dimana bagian dalam kulitnya berwarna merah muda.

Kandungan air kelapanya pun lebih kaya elektrolit dan antioksidan dibandingan kelapa jenis lain. Hal ini tentu saja mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan penangkal virus maupun bakteri.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sendiri, tentu ada manfaat lain dari air kelapa hijau, yakni.

1. Mengurangi kelelahan hebat

Ibu hamil sangat riskan mengalami dehidrasi berat, terutama di musim panas. Kekurangan cairan tubuh tentu berakibat tidak baik, termasuk menurunnya sistem kekebalan tubuh. Guna menyiasatinya, mengkonsumsi manfaat air kelapa untuk ibu hamil menjadi solusi paling tepat. Kandungan elektrolit pada air kelapa dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, garam alami di dalam tubuh yang berkurang pun dapat ditemukan pada air kelapa, seperti potasium, klorida, dan sodium.

2. Terhindar dari konstipasi

Wasir Pada Ibu hamil

Perubahan hormon selama masa kehamilan nyatanya berpengaruh pada sistem pencernaan tubuh. Tak ayal seringkali tubuh mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Kondisi ini bisa pula disebabkan oleh dehidrasi yang dialami selama masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau, ibu hamil dapat terhindar konstipasi menyiksa. Itulah manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang paling dicari-cari, khususnya pada trimester awal, dimana Bunda seringkali mengkonsumsi makanan rendah serat.

3. Mencegah masalah buang air kecil



Infeksi saluran kemih paling umum dialami oleh para ibu hamil, terlebih pada usia kandungan tua. Bunda akan kesulitan buang air besar dan kerap menahan keinginan untuk ke belakang. Hal ini dikarenakan adanya penekanan rahim pada kantung kemih serta perubahan hormon. Air kelapa berperan aktif disini, dimana khasiatnya sebagai diuretik alami. Mengkonsumsi air kelapa secara rutin membantu memperlancar sistem eksresi. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil satu ini tentunya berkhasiat dalam jangka panjang untuk para wanita.

4. Meningkatkan sistem Imunitas/ Kekebalan Tubuh

Secara spesifik, air kelapa memiliki kandungan asam laurat yang sangat tinggi. Asam laurat inilah yang berperan aktif sebagai anti bakteri, anti virus serta anti jamur bagi ibu hamil. Bunda yang rajin mengkonsumsi air kelapa hijau memberikan proteksi dini pada bayi. Pasalnya bayi di dalam kandungan merasakan manfaat tersebut saat dilahirkan ke dunia, yakni lebih kebal terhadap infeksi maupun penyakit. Kandungan ini pula yang akan membantu Bunda selama proses menyusui, terutama lebih jarang flu dan demam.

5. Membantu peredaran darah

Sering merasakan pegal dan linu di sekujur tubuh saat hamil? Bunda perlu mencoba manfaat air kelapa untuk ibu hamil secara rutin. Air kelapa mengandung potasium dan magnesium yang berfungsi membantu memompa darah ke seluruh tubuh. Saat terjadi nyeri dan pegal, sebenarnya sistem peredaran darah di dalam tubuh tidak lancar. Bila dibiarkan terus-menerus, bayi di dalam kandungan akan merasakan dampaknya.

Selama kehamilan, tentu saja bayi membutuhkan asupan gizi dan oksigen yang disalurkan melalui darah. Bayangkan saja apa yang terjadi jika aliran darah ibu hamil terhambat! Selain itu, kandungan magnesium dan potasium pun membantu kinerja syaraf dan otot serta ginjal dalam menyaring darah.

 

Tips Mendapatkan Manfaat air Kelapa Untuk Ibu Hamil

air kelapa hijau

Meskipun semua air kelapa mengandung manfaat yang sama, tetapi kadarnya tentu berbeda. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah kelapa, Bunda harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. Jangan Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan, terutama saat hamil. Air kelapa memang kaya akan elektrolit dan antioksidan, tetapi Bunda tak boleh mengkonsumsinya terus-menerus. Tubuh pun membutuhkan air putih dalam jumlah yang cukup dan wajib terpenuhi selama masa kehamilan. Oleh karena itu, aturlah jadwal konsumsi air kelapa dan air putih, agar Bunda pun tidak merasa bosan. Dengan begini, manfaat air kelapa untuk ibu hamil lebih maksimal dirasakan Bunda maupun janin.

2. Kenali Rasanya

Saat Bunda mendapati ada yang berbeda dari rasa buah kelapa, sebaiknya segera hentikan mengkonsumsinya. Apalagi jika Bunda tak begitu suka dengan rasa air kelapa segar yang terkadang tak sesuai selera. Tak perlu memaksakan mendapatkan manfaat air kelapa untuk ibu hamil bila Bunda tak menginginkannya. Ditakutkan Bunda akan mengalami trauma serta enggan mengkonsumsinya nanti, saat menginginkan buah kelapa lagi.

3. Langsung Konsumsi Air Kelapa

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang bagus adalah air kelapa yang langsung diminum setelah dibuka. Pastikan Bunda segera mengkonsumsinya setelah disajikan, jangan biarkan beberapa saat. Agar lebih meyakinkan, mintalah pada penjual untuk membuka kelapa yang benar-benar segar. Bila perlu, Bunda memperhatikan dengan seksama proses penyajiannya supaya tidak mendapatkan kelapa yang tidak segar.

4. Dapatkan Nutrisi Lengkapnya

Kandungan nutrisi lengkap hanya didapatkan pada buah kelapa muda yang segar. Buah kelapa dengan usia yang lebih tua tentu sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Terlebih manfaat air kelapa untuk ibu hamil sudah tidak sempurna dan tidak dianjurkan. Untuk itu, selalu konsumsi buah kelapa yang benar-benar segar dan baru disajikan. Mintalah pada penjual untuk memilih buah yang baru saja dipetik atau datang, agar Bunda pun tidak merasa kecewa.



Hindari menyimpan air kelapa terlalu lama di dalam kulkas, sebab dapat merubah khasiatnya. Dalam kondisi normal, mungkin kita terbiasa membiarkan air kelapa tidak langsung habis. Bahkan sampai berhari-hari kita tetap mengkonsumsi air kelapa yang sama, namun tidak begitu saat hamil.

 


Pencarian Terkait :

  • air kelapa untuk ibu hamil
  • Hamil trimester 1 apa boleh konsumsi air kelapa
  • manfaat minum air kelapa saat hamil
  • penangkal yang lagi hamil

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!