Aktivitas Untuk Ibu Hamil

Aktivitas Untuk Ibu Hamil


Aktivitas yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil

Untuk menjaga kebugaran selama masa kehamilan, sebaiknya bunda banyak melakukan aktivitas yang dianjurkan seperti olah raga ringan, jalan dipagi hari, dll.  Olah raga yang dimaksudkan adalah olah raga ringan yang tidak banyak melakukan angkat beban dan bukan aktivitas yang harus dihindari ibu hamil yang berbahaya bagi kehamilan . Aktivitas apa saja sih yang dianjurkan untuk kesehatan ibu hamil?

Aktivitas Untuk Ibu Hamil

Berikut ini aktifitas yang dianjurkan boleh dilakukan, dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Aktivitas Untuk Ibu Hamil yang Boleh dilakukan Selama Masa Kehamilan

  • Berolah raga.
    Bunda yang hamil dianjurkan berolah raga agar supaya kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Aktivitas olah raga harus sesuai dengan kondisi kehamilan ibu, dan juga menyenangkan. Berolahraga bisa dilakukan sendiri di rumah atau di luar rumah, dan dilakukan pada waktu pagi hari. Beberapa aktivitas olah raga yang boleh dilakukan ibu hamil antara lain; jalan sehat, yoga hamil, dan berenang. Penelitian membuktikan bahwa ibu yang rajin melakukan aktivitas olahraga ringan memiliki janin dan plasenta yang sedikit lebih besar daripada ibu yang tidak berolahraga.
  • Bekerja selama masa kehamilan ibu tidak dilarang.
    Jika bunda seorang karyawan kantor lakukanlan aktivitas pekerjaan dikantor seperti biasanya , hindari pekerjaan yang melibatkan fisik berat dan menimbulkan kelelahan. Pekerja perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.
  • Berhubungan Intim.
    Berhubungan intim ketika usia kehamilan muda  aman dilakukan, namun banyak  ibu yang merasa enggan melakukanya saat hamil muda  dikarenakan sering kali dihinggapi rasa mual dan lelah.  Pada trimester pertama ( 1-3 bulan umur kehamilan) posisi boleh saling  berhadapan (misionaris). Trimester kedua & ketiga (usia kehamilan 3 bulan keatas), posisi yang disarankan adalah ibu diatas suami dibawah. Bisa dalam posisi berbaring atau duduk. Bisa juga dilakukan dalam posisi ibu miring.

Aktivitas Buat Ibu hamil



Aktivitas Yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil

  • Mengangkat Beban Berat.
    Aktivitas mengangkat beban berat dapat meningkatkat resiko berbahaya pada ibu hamil.
  • Berdiri terlalu lama.
    Bunda sebaiknya hindari aktivitas rumah tangga yang menuntut untuk berdiri selama berjam-jam. Hindari berdiri dalam waktu yang lama ( beresiko menambah tekanan ekstra pada kaki dan punggung ).
  • Tidur dengan Posisi TelentangKetika usia kehamilan mencapai trimester kedua biasanya ibu hamil merasakan gangguan kenyamanan saat tidur. Posisi tidur  yang ibu hamil hindari yang wajib bunda hindari adalah posisi tidur  ibu hamil telentang. Karena posisi ini bisa menyebabkan bayi tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup dan meningkatkan resiko kematian atau keguguran. Posisi telentang jusa bisa menyebabkan tekanan yang terlalu berat untuk bagian tulang belakang dan pembuluh darah. Ibu hamil bisa menghadapi situasi dimana nafas menjadi lebih buruk, sakit pinggang dan rasa tidak nyaman.

Aktivitas bekerja ibu hamil

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • kegiatan ibu hamil
  • Aktivitas Ibu Hamil
  • aktivitas yang baik untuk ibu hamil
  • kegiatan yang baik untuk ibu hamil
  • Kegiatan untuk ibu hamil
  • aktifitas ibu hamil
  • kegiatan yg baik untuk ibu hamil
  • aktivitas untuk ibu hamil
  • kegiatan bumil
  • aktifitas yang baik untuk ibu hamil

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: