Aerobik bagi ibu hamil

Aerobik Ibu Hamil, Low-Impact Aman kok.


Wanita manapun tentunya mengharapkan tubuh sehat, fit dan selalu segar, bukan. Tak terkecuali wanita yang sedang hamil. Senam aerobik banyak dilakukan oleh para wanita. Aerobik sendiri memang termasuk olahraga yang menyenangkan dengan gerakan-gerakan yang menarik serta manfaat yang banyak. Nah, untuk meraih semua itu tentu saja bukan hanya mendapatkan nutrisi yang memadai, melainkan diiringi dengan olahraga.

Aerobik bagi ibu hamil

Namun demikian olahraga khusus untuk wanita hamil harus disesuaikan dengan kondisi kehamilannya. Sebenarnya bagi Bunda yang terbiasa senam aerobik sebelum hamil masih dibolehkan untuk melakukan olahraga ini pada saat hamil, namun tidak boleh melakukan gerakan yang terlalu berat. Maka Senam Aerobik yang low impact (benturan ringan atau rendah) paling dipandang ideal agar tidak terlampau menguras tenaga.



Jika sudah terasa lelah maka sebaiknya dihentikan. Jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi  penting selama kehamilan dan minumlah air putih yang cukup.

Pada Hakikatnya Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Hamil Adalah Agar:

Memperkuat dan mempertahankan kelenturan otot dinding perut dan dasar panggul. Maksudnya untuk memperlancar proses persalinan.

Melatih sikap tubuh yang baik selama hamil. Sebab perubahan bentuk tubuh harus diimbangi dengan sikap tubuh yang baik agar terhindar dari keluhan sakit pinggang dan nyeri punggung.

Tubuh menjadi lebih rileks sehingga wanita hamil terhindar dari stres dan rasa sakit saat proses persalinan. Melatih tehnik persalinan yang benar akan mengantarkan wanita hamil mengetahui tehnik bernafas yang tepat agar proses persalinan nantinya dapat berjalan mulus.

Latihan Senam Aerobik ibu hamil

Senam aerobik low impact harus bebas dari gerakan lompat, melempar, gerakan memutar atau mengubah arah tubuh dengan cepat. Intinya lebih menekankan pada gerakan agar menguasai tehnik pernafasan, peregangan dan melatih otot perut serta otot daerah panggul saja.

Konsultasi ke dokter dulu sebelum ikut aearobik  low impact yang aman bagi kehamilan Anda. Kondisi tubuh yang prima membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, meski Anda sedang hamil. Selain itu, tubuh yang sehat dan bugar dapat menangkal berbagai penyakit seperti, darah tinggi, jantung dan sebagainya.

 

Adalah keliru jika ada pendapat, untuk segera hamil sebaiknya tidak melakukan olah tubuh dan menghentikan semua aktivitas fisik. Kecuali memiliki penyakit darah tinggi atau jantung. Siapa pun tahu, banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan berolah- raga. Selain melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh juga menunjang fungsi organ-organ tubuh berjalan dengan baik.

Olahraga juga sarat manfaat saat menjalani kehamilan dan persalinan. Kehamilan mengakibatkan beberapa otot tubuh jadi lemah. Kondisi ini dapat diperkuat dengan latihan. Jika tidak pernah melakukan aktivitas fisik apapun, Ada baiknya mulai sekarang lakukan kegiatan fisik agar tubuh terasa lebih bugar. Yuk…semangat!!

Olahraga berguna untuk menyeimbangkan kekuatan otot-otot, menjaga kelancaran kerja jantung dan peredaran darah. Sirkulasi darah dalam tubuh juga berjalan lancar. Alhasil tubuh bisa lebih efisien “memompa” oksigen untuk memenuhi kebutuhan janin. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar mencegah terjadi varises (pelebaran pembuluh darah). Membantu berjalan tegak. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka beban

tubuh Anda juga makin berat. Akibatnya, keseimbangan badan berubah dan berpusat diperut. Sehingga pada saat berjalan, anda cenderung “membuang badan” ke depan atau ke belakang. Artinya, sikap tersebut melawan daya tarik bumi. Padahal kedua sikap tubuh yang salah itu membuat pinggang sakit.

Para ahli menjelaskan otot tubuh yang terbentuk dan kuat, mampu membuat proses kelahiran lebih cepat dan mudah. Tak heran mereka yang rutin berolahraga selama masa hamil, lebih kecil risiko melahirkan dengan operasi caesar.

Usai proses melahirkan yang amat melelahkan , Anda masih harus merawat bayi anda. Dengan rajin berolahraga, Anda akan memiliki lengan dan punggung yang kuat. “Modal” ini penting sekali  saat menggendong dan mengangkat si kecil.

Memperbaiki Kulit Tubuh

Olahraga low impact secara teratur membuat kulit wajah bersinar dan lebih sehat. Secara keseluruhan kulit tubuh lebih lentur, sekaligus mengurangi  timbulnya stretchmark.

aerobik

Manfaat Aerobic Low-Impact Selama Kehamilan :

Senam aerobic yang dilakukan selama hamil akan menguatkan jantung dan paru dan menguatkan massa otot. Hindari gerakan melompat, meloncat tinggi, lari cepat dan sebagainya. Setidaknya kedua kaki selalu menapak di lantai dengan meminimalkan tekanan pada sendi-sendi kaki. Nah untuk memastikan gerakan Anda tidak membahayakan sebaiknya ikutilah kelas senam aerobik low impact khusus untuk ibu hamil . Tapi ingat ya, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.


aerobik low impact ibu hamil
Aerobik Low Imapact Ibu buat Ibu Hamil

Aerobic low impact akan jauh lebih menyenangkan jika dilakukan berama-ramai/ di tempat fitness, jadi tak ada salahnya Ibu mengikuti kelas senam hamil di tempat yang direkomendasikan oleh dokter. Selain membuat lebih bersemangat saat berolahraga, Ibu juga bisa mendapat pengawasan dan arahan dari instruktur yang berpengalaman di kelas senam hamil tersebut. Ayo, rajin-rajin berolahraga untuk kebugaran tubuh dan kesehatan calon anak tersayang.

Jika sulit menemukan kelas senam aerobik Low-Impact dekat tempat tinggal Anda, gerakan aerobik low impact juga dapat dilaksanakan sendiri di rumah lho. Saat ini sudah tersedia CD atau DVD disertai instruksi pelatih khusus. Hanya saja jika senam ditempat fitness Anda akan bertemu dengan ibu-ibu lain dan suasana senam pun jadi lebih menyenangkan. Selain itu juga Anda bisa bertukar pendapat dengan ibu-ibu lainnya.


Menyenangkan bukan….. yuk senam dulu bunda.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: