5 Posisi Tubuh Dalam Menjaga Kehamilan

posisi ibu hamil mengangkat benda

Ketika anda sedang dalam masa kehamilan, tentu saja ada banyak sekali kendala dalam hal aktivitas sehari-hari anda karena merasa kurang nyaman. Perubahan pada fisik yang terus berubah selama masa kehamilan membuat anda perlu memperhatikan posisi yang aman dan nyaman untuk kehamilan anda.

Berikut 5 posisi untuk menjaga kehamilan anda yang di kutip dari berbagai sumber terpecaya.

Berjalan dan Berdiri

ibu hamil berjalan dan berdiri

Bagi anda yang penuh aktivitas dan aktif bergerak, anda harus memperhatikan gerak tubuh anda. Pastikan kepala dan bahu tetap tegak ke depan dan kaki sama rata untuk menjaga keseimbangan beban badan.

Oleh karenanya ibu hamil tidak dianjurkan untuk memakai sepatu dengan hak tinggi karena dapat membuat badan menjadi condong ke depan dan juga membuat badan cepat pegal dan mengganggu kesehatan.

Di usia kehamilan tua sebaiknya jangan terlalu lama berdiri dengan posisi yang sama. Kalaupun anda harus berdiri, usahakan menopang beban tubuh pada salah satu kaki sementara kaki lainnya beristirahat. Setelah beberapa menit kemudian berganti menopang dengan kaki satunya dan lakukan secara bergantian tiap lima hingga lima belas menit.

Duduk

posisi duduk ibu hamil

Ibu hamil disarankan untuk duduk dengan posisi punggung lurus dengan bahu ditarik ke belakang. Bertambahnya berat badan saat hamil akan berpengaruh terhadap otot sehingga menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu yang akhirnya membuat anda merasa tidak nyaman.

Bersandar pada kursi maupun sofa akan membuat anda merasa nyaman dengan menyandarkan pinggul dan bahu untuk merelaksasi tubuh anda. Duduk juga merupakan sarana penting untuk mengurangi rasa nyeri pada kaki akibat menahan beban berat badan selama kehamilan.

Ubahlah posisi anda setidaknya tiap 30 menit dari posisi awal untuk mencegah keram pada kaki.



Bangun dari tidur

ibu hamil bangun dari tidur

Ibu hamil akan seringkali sulit untuk bangun dari posisi tidur, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan cara dengan memiringkan tubuh terlebih dulu kemudian menopang dengan tangan untuk bangkit duduk dan biarkan sejenak untuk bernafas agar rileks.

Mengambi Sesuatu

posisi ibu hamil mengambil sesuatu

Wanita yang sedang hamil akan lebih kesulitan untuk mengambil sesuatu yang posisinya berada di bawah atau lebih rendah dari badan. Solusinya adalah dengan mengatur posisi tulang punggung agar tegak lurus dengan sedikit demi sedikit menekuk salah satu kaki agar dapat meraih benda tersebut.

Agar lebih aman, anda dapat berpegang terhadap sesuatu seperti meja atau lainnya disekitar untuk menjaga keseimbangan badan dan juga membantu untuk berdiri kembali.

Mengangkat Benda

posisi ibu hamil mengangkat benda

Sebelum anda mengangkat sesuatu benda ada baiknya anda memperhatikan berat beban benda tersebut. Ibu hamil tidak disarankan untuk mengangkat beban yang lebih dari 5 kg dalam waktu yang lama.



Untuk mencegah hal yang tak di inginkan sebaiknya ibu hamil tidak melakukan atau mengangkat beban selama kehamilan. Ada baiknya untuk meminta bantuan orang di sekitar untuk membantu anda mengangkat benda tersebut.

454 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • posisi angkat barang saat hamil
  • posisi mengambil barang ketika hamil
  • bagian tubuh yang menopang saat hamil
  • kehamilan usia dianjurkan berjalan kaki

Leave a Comment

error: Content is protected !!