Waspadai Sejak Dini Bayi Lahir Cacat

Penyebab bayi lahir cacat – Setelah melalui masa kehamilan 9 bulan 10 hari sang ibu akan siap – siap melahirkan buah hatinya. Biasanya beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir keluarga sudah mempersiapkan alat – alat yang nantinya akan diperlukan oleh ibu dan anak. Selain masa kehamilan, kebahagiaan juga terpancar saat menjelang kelahiran.

Waspadai-bayi lahir CacatBayi dan ibu sehat setelah proses persalinan merupakan idaman setiap ibu. Dengan bayi yang sehat mamPu mengobati rasa sakit yang ibu rasakan pasca melahirkan. Selain itu sang ibu juga merasa bahagia dapat membawa sang anak terlahir ke dunia dengan sehat dan selamat. Namun bagaimana jika bayi yang terlahir cacat? Mungkin ada kekecewaan tersendiri bagi sang ibu. Oleh karena itu bagi calon ibu harus mengetahui penyebab bayi lahir cacat.

Apa saja penyebab bayi lahir cacat?

  • Merokok pasif maupun aktif.
    Ibu yang merokok aktif akan membuat anak berperilaku buruk dan IQ sang anak rendah. Selain itu rokok juga dapat menjadi penyebab bayi lahir cacat, seperti peringatan di bungkus – bungkus rokok. Selain merokok aktif, ibu yang berada di lingkungan perokok juga dapat menjadi menyebabkan bayi lahir dalam keadaan cacat atau tidak sempurna.
  • Minuman beralkohol.
    Alkohol pada minuman keras dapat menjadi penyebab bayi lahir cacat. Karena alkohol bersifat panas sehingga langsung berdampak pada janin yang di kandung. Janin yang di kandung oleh ibu pemabuk akan mengalami kerusakan pada otak dan janin memiliki perkembangan yang buruk.
  • Mengkonsumsi banyak junk food.
    Penyebab bayi terlahir cacat dapat dipicu karena sang ibu sering mengkonsumsi junk food. Terdapatnya banyak pewarna dan zat adiktif pada junk food ini yang menyebabkan bayi anda terlahir cacat. Salah satunya adalah perkembangan otak janin yang tidak normal dan IQ bayi rendah. Selain itu bayi yang terlahir akan hiperaktif jika sang ibu erring mengonsumsi junk food.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang Mengandung MSG.
    Makanan yang mengandung MSG dapat menjadi penyebab bayi lahir cacat, ini dikarenakan kandungan MSG ini sama berbahayanya dengan junk food. Ibu yang dalam keadaan hamil banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung MSG akan membuat otak janin mengalami kerusakan.
  • Banyak mengkonsumsi kopi.
    Kafein yang terdapat pada kopi yang sering anda minum merupakan salah satu penyebab bayi lahir cacat. Dengan kafein yang terdapat pada kopi akan berdampak langsung pada janin. Sehingga nantinya sang anak akan kesulitan dalam menerima pelajaran, IQ rendah, dan anak akan bersikap hiperaktif.
  • Faktor genetik.
    Keturunan ini dapat berupa kelainan gen tunggal, multifaktual, dan kelainan kromosom. Apalagi jika terdapat sanak saudara yang terlahir cacat, ini juga dapat menjadi penyebab bayi lahir cacat. Untuk mencegahnya konsultasikan kehamilan anda dengan dokter.
  • Obat-obatan.
    Penyebab bayi terlahir cacat dapat di picu dengan pemakaian obat-obatan oleh sang ibu saat masa kehamilan. Jika anda sedang merasa tidak enak badan, lebih baik konsultasi pada dokter, sehingga nantinya anda akan mengonsumsi obat yang aman untuk kehamilan anda.
  • Kekurangan gizi dan nutrisi.
    Factor utama penyebab bayi terlahir cacat adalah ibu dan janin kekurangan asupan gizi. Bayi akan mengalami gizi buruk jika kekurangan asupan gizi. Selain itu bayi akan terlahir dengan bibir sumbing, kaki pincang, keterbelakangan mental, dan cacat jantung jika asupan nutrisi yang dia dapatkan waktu di dalam kandungan kurang. Waspadai Bayi Lahir Cacat

Setiap ibu ingin anaknya terlahir dengan selamat dan sehat, oleh karena itu ada baiknya sang ibu mengetahui penyebab bayi lahir cacat sedini mungkin. Jadi sang ibu akan menghindari penyebab itu, dan bayi akan terlahir sehat.

 

Related Posts

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: