Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E buat Ibu Hamil

Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E Untuk Ibu Hamil | Vitamin Penting Bagi Ibu Hamil

Vitamin adalah salah satu zat gizi yang penting bagi ibu hamil untuk menunjang kesehatan kehamilanya.

Vitamin bagi ibu hamil juga memiliki peran penting untuk menjaga metabolisme ibu hamil dan menjaga perkembangan janin didalam kandungan mengingat vitamin tidak diproduksi oleh tubuh. Oleh karenanya, kebutuhan Vitamin bagi ibu hamil harus selalu dipenuhi selama periode kehamilan bunda.

Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil,

Perlukah Vit B6 untuk Mencegah Mual saat awal Kehamilan?

Pada trimester pertama kehamilan biasanya ibu hamil mengalami morning sickness atau mual tanpa atau disertai muntah.

Mual pada periode awal kehamilan merupakan hal wajar terjadi saat hamil. Mengkonsumsi Vitamin B6 bagi ibu hamil akan membantu mengurangi rasa mual dan mutah (morning sickness).

Anjuran konsumsi untuk vitamin B6 pada ibu hamil untuk mengatasi mual dan mutah saat hamil yaitu 10 mg perhari. Untuk memastikan perlu tidaknya bunda mengkonsumsi tambahan vitamin B6 ibu hamil sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

Sehingga dokter akan member anjuran dosis tepat yang bunda butuhkan, sebab pada Vitamin kehamilan (prenatal vitamin) sudah terdapat kandungan vitamin dan jumlah kandungan Vitamin B6.

Vitamin C untuk ibu hamil

Vitamin C bersifat antioksidan dan meningkatkan sistem imun dan bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Konsumsi zat besi akan optimal dibarengi dengan konsumsi vitamin C. Kekurangan vitamin C menyebabkan anemia pada kehamilan, mudah lelah, gusi berdarah, dan bibir pecah-pecah.  Kelebihan vitamin C menyebabkan mual, pusing, muntah, dan peningkatan jumlah urin.

Mengkonsumsi vitamin C pada masa kehamilan aman dilakukan setiap hari baik vitamin C alami (melalui buah-buahan dan sayuran ) maupun suplemen Vitamain C tambahan.

Dosis anjuran untuk pria dewasa adalah 80 mg/hari dan untuk wanita dewasa adalah 75 mg/hari.

Kebutuhan Vitamin C untuk wanita hamil lebih tinggi dibanding orang yang tidak hamil. Anjuran Vitamin C untuk ibu hamil adalah 85 mg (untuk wanita 18 tahun ke bawah) atau 90 mg (bagi mereka berusia 19 tahun keatas). Karena vitamin C ditemukan dalam berbagai macam makanan yang umum dikonsumsi, kebanyakan orang tidak memiliki kesulitan mendapatkan cukup vitamin C.

Dan dikarenakan hampir kebanyakan vitamin prenatal mengandung setidaknya 85 mg vitamin C per dosis. Dengan demikian untuk usia dibawah itu tentu membutuhkan lebih sedikit Vitamin C sedangkan untuk lanjut usia bisa diatas kebutuhan tersebut.

Bagaimana bila ibu hamil konsumsi vitamin C melebihi dosis anjuran?

Vitamin C akan larut dalam air dalam tubuh. Bila konsumsi vitamin C untuk ibu hamil melebihi kebutuhan tubuh maka sisanya akan dikeluarkan melalui urin. Karena vitamin C ini larut dalam air di dalam tubuh. Kondisi fisik manusia berbeda-beda. Oleh karena itu mengkonsumsi 75 mg/hari tidaklah diserap 100% oleh tubuh. Sehingga dibutuhkan lebih dari 75 mg/hari.

Pada trimester pertama ibu hamil, tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi. Hal ini dapat beresiko terhadap keguguran janin yang dikandung akibat adanya tekanan progesteron.

Menghilangkan kelebihan vitamin C pada ibu hamil bisa dilakukan dengan banyak minum air putih secara rutin dan lebih dari seharusnya.

Bunda juga bisa memakan buah yang mengandung banyak air seperti melon dan semangka. Karena buah yang mengandung banyak air akan memicu urin terbentuk sehingga pengeluaran vitamin C berlebihan dalam tubuh bisa segera terjadi.

Vitamin E untuk Ibu Hamil

vitamin E Buat Ibu HamilVitamin E untuk ibu hamil  berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati.

  • antioksidan alami untuk membuang radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
  • mencegah berbagai macam penyakit,
  • mengurangi kelelahan,
  • memperlambat penuaan dini yang dikarenakan oleh proses oksidasi.

Vitamin E dapat kita peroleh dari beberapa sumber vitamin E, seperti: susu, mentega, sayuran hijau, selada, kacang-kacangan, telur, dan buah-buahan.

Kebanyakan makanan berminyak juga mengandung vitamin E. Jika Anda ingin memperoleh vitamin E lebih banyak, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan segar (tanpa diolah).

Vitamin E untuk ibu hamil juga banyak terdapat dalam bentuk kapsul dan pil, (baca juga antibiotik untuk ibu hamil).

Konsultasi ke dokter atau bidan terdekat sebelum bunda memutuskan untuk mengkonsumsi supplement Vitamin E tambahan untuk memastikan perlu tidaknya bunda mengkonsumsinya.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • dosis vitamin c untuk ibu hamil
  • dosis vitamin c pada ibu hamil
  • cara minum kalak b6 bcom vit c untuk ibu hamil
  • pembarian vitamin c dosis untuk ibu hamil
  • vit c ipi untuk ibu hamil
  • dosis b6
  • dosis vitamin E untuk ibu hamil menurut FDA
  • ibu hamil minum vit c ipi
  • ipi vit c untuk bumil
  • ipi vitamin bagi ibu menyusui

Related Posts

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: