Tips Menghilangkan Stretch Mark pada Ibu Hamil

Strech Mark Pada Ibu HamilIbu hamil akan mengalami yang namanya kulit meregang sehingga megakibatkan robekan pada lapisan di dalam kulit. Ketika ibu hamil warna stretch mark yang akan timbul tergantung pada kulit ibu hamil bisa merah maupun cokelat. Meskipun setelah melahirkan akan perlahan berubah warna menjadi putih dan memudar. Namun biasanya tidak bisa hilang.

Cara agar Ibu hamil bisa mengurangi guratan kulit atau stretch mark selama kehamilan dengan melakukan beberapa pencegahan dibawah ini.

Makan dengan pola makan yang sehat

Selama proses kehamilan, ibu hamil dituntut untuk memiliki pola makan yang sehat. Kandungan gizi yang diperoleh dari makanan harus mencukupi kebutuhan ibu dan calon bayinya. Sedangkan untuk mencegah stretch mark, disarankan untuk mencukupi kebutuhan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan sereal.

Perbanyak minum air putih

Air putih membantu ibu hamil untuk terhindar dari dehidrasi selama kehamilan. Selain itu, air putih bisa menjaga kesehatan kulit terutama bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya stretch mark.

Berat badan ideal selama kehamilan

Berat badan akan naik seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Ibu hamil harus bisa menjaga berat badannya selama kehamilan. Dengan menyeimbangakan asupan makanan selama kehamilan maka membantu ibu hamil terhindar dari kenaikan berat badan yang berlebihan serta mengurangi risiko stretch mark. Untuk mengetahui berat badan ideal sesuai usia kehamilan, berkonsultasilah kepada dokter kandungan.

Mengatasi Strech Mark Pada Ibu HamilMelakukan latihan fisik ringan

Aktifitas fisik pada ibu hamil bisa berupa senam kehamilan, yoga khusus untuk ibu hamil, jalan-jalan di pagi hari ataupun kegiatan-kegiatan lain. Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh ibu hamil, juga membantu mengurangi risiko stretch mark selama masa kehamilan.

Mencukupi kebutuhan vitamin E

Vitamin E akan membantu kulit ibu hamil menjadi kencang. Kebutuhi vitamin E yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Bila ibu akan mengonsumsi vitamin E secara oral sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan dulu. Apakah akan mempengaruhi tumbuh kembang si janin dan aman atau tidak jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Krim maupun oil yang mengandung vitamin E bisa diusapkan lembut pada bagian yang rentan terkena stretch mark.

 

Tags: Strech Mark,

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: