Sumber Nutrisi dalam Makanan untuk Anak yang Harus Bunda Ketahui

Pertumbuhan seorang anak, baik itu fisik, mental dan juga kecerdasannya bisa tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan memainkan peranan penting dalam hal tersebut. Itulah sebabnya mengapa setiap ibu harus memperhatikan gizi yang diperoleh oleh anaknya setiap hari dari makanan.

Bagi Bunda yang ingin mengetahui sumber nutrisi di dalam makanan yang baik untuk anak anak terutama dalam mendukung tumbuh kembang mereka, berikut ini adalah beberapa di antaranya. Sumber Makanan Untuk anak

Sumber Protein

Ada banyak manfaat yang akan diperoleh dari protein mulai dari untuk membantu membangun sel sel di dalam tubuh membantu mengurangi makanan menjadi energi, melawan infeksi, dan juga untuk menyalurkan oksigen keseluruh tubuh. Diantara beberapa makanan yang banyak mengandung protein antara lain:

  1. Daging
  2. Unggas
  3. Ikan
  4. Kacang-kacangan
  5. Telur
  6. Produk susu

Sumber Karbohidrat

Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat tidak boleh terlalu banyak dalam makanan sehari hari kita. Walau demikian, sebenarnya karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh paling utama. Karbohidrat membantu tubuh anak untuk menggunakan lemak dan protein sebagai salah satu bahan untuk memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Karbohidrat sendiri bisa datang dalam berbagai bentuk mulai dari serat, gula dan juga pati.

Akan tetapi perbandingannya, anak-anak harus mengkonsumsi pati dan juga serat lebih banyak dibandingkan dengan gula. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tingkat tinggi antara lain:

  1. Nasi
  2. Roti
  3. Sereal
  4. Kerupuk
  5. Pasta
  6. Kentang

Sumber Lemak

Lemak adalah sumber energi untuk anak anak dan mudah disimpan di dalam tubuh. Lemak sangat penting dalam membantu tubuh agar menggunakan nutrisi dengan benar. Diantara beberapa makanan yang mengandung kadar lemak tinggi antara lain:

  1. Semua produk susu mulai dari yogurt, susu, dan juga keju
  2. Minyak goreng
  3. Daging
  4. Ikan
  5. Kacang-kacangan

Sumber Kalsium

Manfaat kalsium sangat penting untuk membantu perkembangan tulang yang sehat dan gigi untuk anak. Selain itu, kalsium juga dapat membantu membekukan darah, baik untuk syaraf, otot dan juga baik untuk fungsi jantung. Beberapa makanan sumber kalsium antara lain:

  1. Susu
  2. Yogurt
  3. Keju
  4. Es krim
  5. Kuning telur
  6. Bayam
  7. Tahu
  8. Brokoli

Sumber Zat besi

Zat besi diperlukan oleh seorang anak untuk membangun darah yang sehat yang dapat membawa oksigen ke seluruh sel sel di dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain:

  1. Daging merah
  2. Daging unggas
  3. Hati
  4. Kerang
  5. Biji bijian
  6. Kacang
  7. Kacang-kacangan
  8. Sereal yang diperkaya dengan zat besi

Sumber Folat

Folat juga sangat penting untuk perkembangan anak dan harus diperhatikan oleh ibu. Folat mengandung vitamin B yang diperlukan untuk membantu tumbuh kembang sel otak anak. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain:

  1. Buncis
  2. Bayam
  3. Kacang hitam
  4. Kubis
  5. Brussel
  6. Lentil
  7. Sereal
  8. Gandum
  9. Asparagus

Sumber Serat

Serat akan membantu melancarkan pencernaan anak. Selain itu, serat juga memainkan peranan penting dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung, dan juga kanker di kemudian hari. Makanan yang banyak mengandung serat antara lain:

  1. Buncis
  2. Kacang merah
  3. Kacang kacangan
  4. Kecambah
  5. Sereal
  6. Gandum
  7. Lentil

Sumber Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat untuk anak anak maupun orang dewasa. Vitamin A membantu pertumbuhan, menyehatkan mata agar mampu menyesuaikan dengan terang redupnya lampu, membuat kulit menjadi sehat dan juga dapat mencegah infeksi. Beberapa makanan yang kaya Vitamin A antara lain:

  1. Wortel
  2. Kuning telur
  3. Ubi jalar
  4. Labu
  5. Bayam
  6. Brokoli
  7. Kol/Kubis
  8. Minyak ikan
  9. Aprikot

Sumber Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat mulai dari menjaga sel sel tubuh tetap sehat, memperkuat dinding pembuluh darah, membantu tubuh dalam penyembuhan luka dan juga bagian penting dalam pembangunan tulang serta gigi yang kuat. Makanan yang banyak mengandung kadar Vitamin C antara lain:

  1. Buah jeruk
  2. Buah Stroberi
  3. Tomat
  4. Kentang
  5. Melon
  6. Brokoli
  7. Kol/Kubis
  8. Bayam
  9. Mangga
  10. Pepaya
  11. Kembang kol

 

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: