Pantangan & Larangan ibu Hamil Wajib Bunda Ketahui

pantangan dan larangan buat ibu hamilPantangan ibu hamil pada masa kehamilan yang wajib ibu hamil ketahui. Ibu hamil sebaiknya mengetahui mana yang harus dihindari pada saat hamil. Pada masa kehamilan ibu hamil juga dianjurkan untuk menghindari beberapa larangan makanan untuk ibu hamil seperti; ibu hamil tidak boleh makan buah durian, papaya mentah selama kehamilan.

Selain beberapa pantangan ibu hamil yang berkaitan dengan makan, ibu hamil juga perlu mengetahui beberapa larangan-larangan ibu hamil berkaitan dengan aktivitas dan kegiatan yang dilakukan.
Berikut  pantangan ibu hamil yang harus dihindari bunda berkaitan dengan makanan:

  1. Hindari Olahan makanan mentah atau daging setengah matang. Kandungan bakteri dalam makanan mentah seperti Listeria sangat membahayakan kehamilan dan resiko keguguran.
  2. Pantangan ibu hamil muda kedua makanan sea food.  Walaupun sea food kaya akan kandungan omega-3 zat besi yang sangat bermanfaat untuk janin terutama perkembangan otak. Makanan olahan sea food juga bisa mengakibatkan alergi selama kehamilan. Namun, tetap saja anda harus berhati-hati karena saat ini sebagian seafood sudah tercemar logam merkuri, yang dapat menghambat pertumbuhan saraf janin bayi.
  3. Pantangan ibu hamil muda yang ketiga Teh herbal dan kafein. Kandungan kafein dalam secangkir kopi, mampu menembus plasenta atau lapisan pelindung janin. Kafein dapat mengganggu detak jantung bayi dan pernafasan bayi atau janin.
ibu-hamil-daging-tanpa-lemak

Larangan Ibu Hamil untuk menghindari resiko Keguguran

Berikut pantangan kehamilan yang sebaiknya ibu hamil ketahui untuk meminimalisasi resiko keguguran pada kehamilan ibu.

  • Hindari asap Rokok. Fakta menunjukkan bahwa ibu hamil yang merokok sangat beresiko  mengalami keguguran, resiko keguguran meningkat seiring dengan pertambahan jumlah rokok yang dihisap.
  • Hindari minuman beralk*hol dan batasi asupan kafein.
    Minuman beralkoh*l sangat membahayakan janin. Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dan minuman bersoda.
  • Hindari radiasi dan racun. Cobalah menghindari paparan berbagai komponen yang bisa membahayakan janin seperti arsenik, timah, formaldehida, benzen dan etilen oksida.
  • Hindari paparan getaran berlebih.
  • Hindari paparan suhu panas berlebih. Bekerja dalam kondisi panas bisa membuat perempuan hamil lemas. Panas yang meningkatkan suhu tubuh hingga di atas 38,5 derajat selsius selama beberapa jam selama 12 minggu pertama kehamilan berpotensi menyebabkan cacat lahir pada janin. Peningkatan suhu jangka panjang dari 12  minggu pertama kehamilan hingga melahirkan bisa memicu kelahiran prematur. Karena itu, cobalah hindari paparan suhu panas berlebih selama kehamilan.
  • Hindari mengangkat beban berat selama kehamilan
    Ibu hamil mengalami peningkatan jumlah hormon progesteron pada masa kehamilan. Progesteron merilekskan dan melembutkan otot-otot dan jaringan pengikat sendi (ligamen) sehingga membuat tubuh lebih fleksibel, khususnya di area panggul. Perubahan ini membuat Anda lebih berisiko mengalami cidera. Mengangkat beban berat bisa menyebabkan cidera punggung dan peregangan di area tubuh lainnya. baca juga aktivitas yang dianjurkan selama kehamilan.

Mempersiapkan diri menghadapi kehamilan.

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan terutama buah yang mengandung asam folat. Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Sweden’s Karolinska Institute bekerja sama dengan U.S. National Institute of Child Health and Human Development (NICHD), rendahnya kadar folat berkaitan dengan peningkatan risiko keguguran dini. “Mengkonsumsi asam folat sebelum pembuahan tidak hanya mencegah cacat lahir tetapi juga menurunkan risiko keguguran,” terang direktur NICHD Duane Alexander, M.D., seperti dikutip situs womenfitness.

Bila sebelumnya dirasakan ada gangguan kesehatan, seperti adanya tumor, keputihan, infeksi leher rahim, kista, atau menderita endometriosis perlu segera diperiksa dan diobati agar bila kehamilan tiba, janin bisa tumbuh baik dan lahir dengan selamat.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • larangan ibu hamil
  • larangan ibu hamil trimester pertama
  • larangan saat hamil
  • larangan untuk ibu hamil
  • larangan orang hamil
  • larangan buat ibu hamil
  • larangan bagi ibu hamil
  • larangan bagi wanita hamil
  • larangan untuk orang hamil
  • pantangan ibu hamil
Tags: larangan,

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: