Olahraga untuk Ibu Hamil

Kehamilan yang sehat memerlukaberolah-raga-selama-kehamilann tubuh yang sehat. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, salah satu caranya yaitu dengan berolahraga secara teratur. Baik sebelum maupun selama periode kehamilan, olahraga itu sangat penting. Sebelum hamil, olah raga akan menyebabkan tubuh menjadi sehat untuk persiapan mengandung janin yang sehat pula. Ketika hamil, olah raga dapat menguatkan otot-otot untuk melindungi sendi, dan tulang belakang serta mengurangi rasa sakit menjelang persalinan.

Olahraga Apakah yang Baik bagi Ibu Hamil?

Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Semua jenis olahraga baik untuk kesehatan asal dilakukan secara teratur. Namun ada beberapa jenis olahraga yang gerakan-gerakan fisiknya khusus ditujukan untuk wanita hamil guna meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan stamina. Beberapa jenis olahraga yang bagus dan sesuai untuk ibu hamil diantaranya sebagai berikut;

  1. Jalan Kaki
    Olah raga jenis ini merupakan latihan yang bagus bagi ibu hamil. Berjalan kaki dapat membantu melancarkan pencernaan, sirkulasi darah, dan menjaga bentuk tubuh anda. Berjalan kaki secara rutin dengan cara menegakan badan, bokong lurus dan tulang belakang, bahu ditarik kebelakang, serta kepala ditegakkan.
  2. Yoga 
    Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk persiapan kehamilan. Gerakan-gerakan pada yoga ditekankan pada kendali otot tubuh, pernafasan, relaksasi, dan ketenangan pikiran. Gerakan yoga untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan kelenturan dan menurunkan ketegangan. Teknik-teknik pernafasan dalam yoga dapat membantu tahap-tahap pembukaan sewaktu persalinan.
  3. Renang
    Berenang merupakan olahraga yang sangat bagus ketika hamil. Berenang dapat mengencangkan otot Anda dan merupakan cara yang baik untuk meningkatkan stamina. Lakukan gerakan renang dengan bertolak dari satu tepi dan mengambanglah secara bebas dengan punggung anda, dan tangan diletakan dibelakang kepala. Akhir akhir ini banyak pusat olahraga yang menawarkan kelas renang spesial untuk wanita hamil serta latihan melahirkan dalam air.
  4. Menari
    Menari sangat baik untuk otot-otot panggul. Sejauh tidak terlalu banyak gerakan, anda dapat menari selama kehamilan.

Apa Manfaat dari Ibu hamil yang Melakukan Olahraga bagi bayinya?

Dengan melakukan olahraga, dapat membantu bayi untuk mendapatkan asupan oksigen ke dalam darahnya. Hal ini dapat memacu metabolismenya dan memberinya perasaan senang. Semua jaringanya, terutama otak dapat berfungsi secara optimal.

Beberapa manfaat olahraga yang bunda lakukan bagi bayi diantara adalah sebagai berikut:

  • Pada saat melakukan olahraga, hormon yang dilepaskan akan menyeberang melalui placenta dan mencapai bayi anda. Sehingga bayi akan merasakan peningkatan emosi yang ia dapatkan dari adrenalin anda.
  • Ketika berolah raga, sang bayi akan merasakan efek positif dari endhorphin anda. Endhorphin mempunyai efekyang dapat membuat bayi senang dan gembira. Setelah selesai berolahraga, endhorphin akan berefek menenangkan.
  • Ketika berolahraga, otot perut mengirimkan pesan pada bayi sehingga ia merasa nyaman dan tenang.
  • Selama berolahraga, aliran darah anda berada pada taraf tertinggi sehingga baik untuk perkembangan janin.
Tags: Berenang, Yoga,

Related Posts

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: