Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

Apakah Bunda sedang dalam masa menyusui? Pernahkah Bunda menderita sakit influenza saat menyusui? Kami harap tidak. Tetapi apabila “iya”, Bunda perlu membaca artikel ini lebih lanjut. Obat flu untuk ibu menyusui harus benar-benar diperhatikan jangan sampai sembarangan meminum obat.

Mengatasi Flu Untuk Ibu HamilPada dasarnya flu merupakan penyakit yang tidak berbahaya yang biasa menyerang manusia ketika antibodi sedang lemah yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala seseorang terkena flu biasanya bersin-bersin, kepala berat, hidung tersumbat, badan demam, tenggorokan sakit, dan bahkan batuk. Meskipun flu merupakan penyakit yang biasa menyerang semua usia, berbeda lagi halnya dengan ibu menyusui.

Ibu yang sedang menyusui harus menjaga asupan yang benar termasuk konsumsi obat. Karena jika sembarangan mengkonsumsi obat tanpa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, justru akan menyebabkan akibat yang tidak baik pada bayi yang disusui olehnya.

Tetapi jika tidak diobati justru juga akan menular pada sang anak.

Obat flu untuk ibu menyusui yang aman yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Cara alami sebagai Obat flu untuk ibu menyusui
  • Perbanyak istirahat dan minum air putih hangat minimal 2-2,5 L per hari.
  • Banyak mengkonsumi vit C, sayuran, dan buah-buahan.
  • Saat menyusui dan merawat bayi anda pakailah masker untuk menghindari penularan virus influenza pada anak.
  • Untuk menyembuhkan hidung tersumbat anda bisa mengatasinya dengan menghirup uap panas yang ditetesi kayu putih selama kurang lebih 5 menit untuk melegakan hidung yang tersumbat tersebut.
  • Minum air jahe hangat dan pijatan lembut di kepala untuk menghilangkan pusing atau rasa berat di kepala.
  • Sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan minum air jeruk nipis hangat yang dicampur dengan madu.
  1. Obat Medis Flu Untuk ibu Menyusui

Jikalau anda pada akhirnya terpaksa harus meminum obat, maka konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter agar dokter memberikan resep obat yang aman bagi bayi dan produksi ASI anda. Berikut golongan obat yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui:

  • Nasal sprayyang mengandung Beclometasone dan Cromlyn sodium untuk obat pilek dan hidung tersumbat karena alergi.
  • Pesudoefedrin untuk hidung tersumbat, namun minimalisir penggunaan obat ini karena bisa menyebabkan penurunan produksi ASI.
  • Parasetamol dan Ibuprofen untuk menurunkan demamnya.
  • Guinafenesin, Dextromtophan untuk mengurangi batuknya.

Demikian beberapa hal yang dapat ibu menyusui lakukan untuk Obat flu untuk ibu menyusui baik secara alami maupun secara obat medis. Namun begitu, tetaplah harus meminimalisir penggunaan obat yang takutnya berdampak pada bayi yang anda susui bahkan pada produksi ASI anda sendiri.

Dan juga apabila ingin segera disembuhkan, konsultasikanlah dengan ahli medis agar anda tidak salah kaprah dan sembarangan dalam memilih obatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan lekas sembuh.

Semoga Bermanfaat.

 

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • imufor untuk ibu menyusui
  • obat flu untuk ibu menyusui

No comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: