Menyusui Saat Hamil, Bolehkah?

Ibu Hamil menyusui pada saat kehamilan, Bolehkah?

menyusui-selama-kehamilan

Ibu hamil boleh menyusui pada saat kehamilan, asalkan…

Pada beberapa kejadian, bunda mengalami kehamilan pada saat kondisi masih menyusui. Pada kondisi tersebut mungkin bunda mengambil keputusan menghentikan menyusui dengan alasan janin yang dikandung dengan bayi yang masih menyusui akan “bersaing” mendapatkan gizi dari sang ibu. Dan alasan keselamatan bayi yang ada di dalam janin. Hal ini tentu menjadi dilema ibu hamil sebab bayi juga sangat memerlukan asi.

Tandem Nursing Amankah untuk ibu hamil?

 Tandem Nursing atau kegiatan menyusui saat ibu hamil sebenarnya relatif aman dan tidak berbahaya selama ibu mematuhi beberapa rambu-rambu terutama pemenuhan gizi selama melakukan Tandem Nursing atau menyusui saat ibu hamil.

Terkait bolehkah ibu hamil menyusui, berikut poin-poin yang harus diluruskan:

  1.  Menyusui saat hamil bisa membuat rahim berkontraksi dan berakibat pada keguguran. Pada saat menyusui hormon bernama oksitosin turut diproduksi. Hormon ini memang menyebabkan kontraksi di bagian payudara juga rahim ibu. Akan tetapi, kontraksi tersebut tidak berpengaruh secara signifikan bagi janin yang dikandung oleh ibu yang menyusui. Kontraksi rahim pada saat menyusui sama dengan kontraksi rahim saat berhubungan intim dengan suami, dan tidak mengakibatkan keguguran. Meski demikian, ibu yang melakukan Tandem Nursing juga harus hati-hati. Jika pada bagian rahim terasa nyeri maka jauh lebih baik jika ibu mengehentikan kegiatan menyusui.
  2. Hal lain yang membuat orang menghidari Tandem Nursing adalah isu ASI basi. Hal ini tidak benar sama sekali. Tidak ada ASI yang basi. Yang ada adalah semakin meningkatnya usia kehamilan maka produksi air susu ibu juga akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan kadar hormone estrogen sang ibu juga semakin meningkat. Hal ini juga menyebabkan rasa ASI sedikit berubah dan bayi yang menyusui kemungkinan besar akan memilih berhenti menyusui dengan sendirinya. Jadi poinnya adalah teruskan menyusui sampai bayi sendiri yang memilih berhenti.
  3. Alasan kedua mengapa kegiatan menyusui saat hamil tidak dibolehkan adalah kekhawatiran akan gizi yang kurang. Hal ini memang ada benarnya, namun jika ibu bisa memenuhi kebutuhan super extra gizinya, mengaoa tidak? Tandem Nursing memerlukan asupan makanan yang penuh dengan protein dan juga karbohidrat. Jumlahnya lebih tinggi lagi dari biasanya sebab ada janin dan bayi menyusui.

 

 Ibu Hamil Boleh Menyusui, Asal..

Dalam dunia medis, tandem nursing bisa dilakukan jika ibu memang siap untuk itu. Pada saat hamil, banyak ibu yang mersakan fisik dan psikisnya lelah. Ia kadang mengalami morning sickness dan merasa tak nyaman sepanjang hari. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya ibu tidak membebani diri dengan kegiatan menyusui sebab kualitas ASI juga sangat bergantung pada kualitas emosional sang ibu.

Tandem saat hamil

Ibu hamil yang menyusui saat kehamilan disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Ibu yang menyusui saat hamil sebaiknya memperbanyak minum air putih. Jangan tunda terutama jika Anda sudah merasa kehausan. Baiknya, jika hendak menyusui, minumlah segelas air putih. Setelah menyusui, lakukan hal yang sama.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan adalah ciptakan suasana rileks dan nyaman dim omen menyusui saat hamil. Hindari stress pada saat masa kehamilan. Mulai dari payudara kanan dan setelah 15 menit misalnya, pindahkan bayi ke payudara kiri. Untuk lebih baiknya ibu hamil konsultasikan dengan dokter.

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • suami menyusu saat hamil
  • bolehkah ibu hamil menyusui suami
  • menyusui suami saat hamil
  • bolehkah saat hamil menyusui suami
  • bolehkah suami menyusu saat istri hamil
  • ibu hamil menyusui suami
  • tante hamil menyusui
  • menyusui saat hamil
  • ibu hamil menyusui suaminya
  • suami menyusu saat istri hamil

Related Posts

Seputar Asi Ibu Hamil

2 Comments. Leave new

[…] Berikut ini obat-obat antibiotik yang tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil selama proses kehamilan dan menyusui. […]

Reply

Di Indonesia Banyak Sekali Ibu Menyusui Sampai Dengan Usia 4 Tahun

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: