Manfaat Yoga untuk ibu hamil

yoga untuk ibu hamil

Yoga merupakan gerakan yang relatif aman dilakukan ibu hamil. Yoga untuk ibu hamil dapat dilakkan sejak trimester I kehamilan. Gerakan yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, Yoga untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat untuk mengatasi sesak nafas, nyeri pinggang, dan keluhan-keluhan lain selama kehamilan.

Yoga juga membuat ibu hamil lebih rileks, dimana kondisi ibu hamil yang rileks ini sangat baik untuk pertumbuhan janin. Perlu dihindari, ketika kita mengalami stress, tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Apakah Manfaat Yoga untuk ibu hamil? Berikut beberapa manfaat gerakan Yoga untuk ibu hamil.

  • Melancarkan peredaran darah ibu hamil, dan menyehatkan janin sehingga pasokan oksigen untuk janin menjadi lebih banyak.
  • Membantu pembakaran kalori, sehingga kenaikan berat badan selama hamil terjaga baik.
  • Menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, menyehatkan organ pencernaan sehingga zat gizi dapat diserap optimal.
  • Melatih pernapasan ibu hamil. Bunda akan terbiasa melakukan berbagai variasi pernafasan seperti napas pendek dan cepat, serta panjang dan dalam. Latihan napas panjang dan dalam bisa menenangkan bunda menahan rasa sakit saat melakukan persalinan.
  • Menguatkan otot panggul ibu hamil, agar menjadi lebih kuat dan elastis. Sirkulasi darah di sekitar daerah panggul juga lebih lancar, sehingga memudahkan bunda melakukan persalinan secara normal.

Gerakan yoga yang paling baik untuk ibu hamil

1. Gerakan Yoga dengan bersila. 

gerakan yoga untuk ibu hamil

Dimulai dengan duduk bersila arahkan tangan kanan dan tangan kiri pada sisi tubuh anda, luruskan siku dan telapak tangan sehingga menempel di lantai. Atur nafas anda berulang kali. Setelah itu anda dapat menambah gerakan dengan mengangkat kedua tangan dari samping tubuh ke arah kepala sebari menarik napas. Turunkan tangan secara perlahan ke bagian depan tubuh.

2. Gerakan Yoga Merangkak

yoga buat ibu hamilGerakan yoga ke-2 bermanfaat untuk melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh.

Posisi merangkak dengan posisi siku tangan lurus, arahkan pandangan anda ke depan dengan kepala yang terangkat dan punggung anda sejajar. Tarik napas secara perlahan, lengkungkan punggung ke arah dalam, lalu tarik napas kembali  secara perlahan sambil kembali meluruskan punggung ke posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang dalam hitungan. Selain melatih otot rahim dan panggul, pre-natal yoga juga berguna menunjang perkembangan janin serta mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan.

3.  Gerakan Yoga dengan telentang/ Berbaring

yoga baik untuk ibu hamilAmbil posisi berbaring, kedua kaki Anda menempel di dinding, dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan membuka. Yoga jenis ini dirancang khusus untuk ibu hamil. Tariklah nafas seiring mengangkat panggul dari lantai atau kasur. Hembuskan nafas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Gerakan yoga terlentang ini bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan dan pegal di kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, juga memberikan rasa rileks pada tubuh Anda.
Anda dapat melakukan gerakan ini dengan berbaring sehingga kedua kaki menumpu ke dinding. Posisikan kedua tangan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas tubuh. Rilexkan seluruh tubuh anda dengan memejamkan mata, tarik napas perlahan.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • Yoga Ibu Hamil
  • yoga untuk ibu hamil
  • yoga untuk bumil
  • yoga bumil
  • gerakan yoga untuk ibu hamil
  • yoga hamil
  • manfaat senam yoga untuk ibu hamil
  • gerakan yoga hamil
  • ibu hamil olahraga animasi
  • gerakan yoga untuk ibu hamil 21 week

1 Comment. Leave new

Ijin sharing info kegiatan yg dapat membuat ibu hamil happy dan lancar saat melahirkan ya. . Ikuti :

PELATIHAN 3 HARI PRENATAL VINYASA YOGA bersama ERNA NENA

Erna Nena adalah Founder of Soft Prenatal Yoga dan Indonesia’s Leading Prenatal Vinyasa Yoga Ambassador, Asisten Jennifer More (Founder & Creator of Prenatal Vinyasa Yoga) saat teacher training di Ubud Bali.

Dalam pelatihan ini, Erna Nena akan mengajarkan anatomi ibu hamil, mengatasi keluhan saat hamil, persalinan gentle birth, dan Postur-postur Prenatal Vinyasa Yoga yang sangat aman dilakukan pada setiap trisemester kehamilan.

Pelatihan ini dapat diikuti oleh tenaga medis dan praktisis yoga yang ingin menjadi instruktur prenatal yoga serta ibu hamil yg ingin  dapat berlatih secara mandiri.

Kapan?
Minggu, 8, 15, 22 Nopember 2015, Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Di mana?
XO STUDIO BANDUNG, Jl. Terusan Jakarta 30i Antapani ( Sebrang Borma) Bandung

Fasilitas :
Buku manual + DVD, Makan siang + snack, perlengkapan berlatih yoga (selimut, matras, guling, block yoga) dan sertifikat. 

Selain itu, otomatis akan masuk menjadi networking KIY Bumil (Komunitas Instruktur Yoga Ibu Hamil) yg disupervisi oleh Erna Nena dan di bawah Manajemen XO Studio Bandung.

Biaya : Rp. 1.750.000,-. Khusus Mahasiswa Rp. 1.500.000,- DP. Rp. 500.000,- (terbatas 15 peserta)

Info dan Pendaftaran : 08139140214 / extraordinarystudio@gmail.com 

Gunakan outfit olahraga saat pelatihan!!

*Dapatkan Partial Scholarship Teacher Training Prenatal Vinyasa Yoga bersama Jennifer More, 3-13Nov 2016 di Ubud Bali (Bagi yang berminat memperdalam Prenatal & Post Natal Vinyasa Yoga)

** silahkan di share..

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: