Makanan kaya Vitamin untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

nutrisi ibu hamil trimester pertamaPeriode awal kehamilan, atau trimester pertama kehamilan ibu, merupakan masa-masa  penting dalam kehamilan karena trimester pertama janin akan mengalami pembentukan dan perkembangan yang cukup pesat.

Begitu juga dengan Nutrisi Vitamin untuk Ibu Hamil Trimester Pertama – Ibu hamil trimester pertama membutuhkan nutrisi dan vitamin yang tinggi, dan bisa bunda dapatkan pada sayuran, dan buah-buahan yang ada pada menu makanan bunda sehari-hari. Oleh sebab itu ibu hamil harus memperhatikan nutrisi makanan di awal awal kehamilan karena sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan perkembangan janin nantinya.

sayuran-untuk-ibu-hamil-trimester pertamaPada trimester pertama kehamilan, ibu hamil juga banyak mengalami morning sickness kondisi dimana bunda merasa mual dan atau tidak disertai mutah yang bisa mengganggu aktivitas ibu hamil dan asupan gizi ibu hamil. Walaupun demikian, bunda sebaiknya tetap menjaga makanan sehat dan bergizi supaya nutrisi ibu dan janin tercukupi. Makan dengan porsi kecil namun sering-sering, bisa membantu Anda untuk terhindar dari mual dan asupan nutrisi tetap terjaga.

8 Jenis Makanan Kaya Vitamin yang Direkomendasikan untuk ibu Hamil

Makanan bergizi dan kaya vitamin untuk ibu hamil trimester pertama, beberapa jenis makanan yang bagus di trimester pertama kehamilan bunda, yakni

  • Sayuran terutama bayam,
  • asparagus,
  • bush jeruk,
  • kacang almond,
  • brokoli, telur,
  • ikan salmon,
  • dan yoghurt.
  1.  Bayam. Sayur bayam banyak mengandung kalsium, dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Konsumsi bayam selama kehamilan, dan khususnya trimester pertama kehamilan membantu produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Bayam juga bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan darah selama kehamilan.
  2. Asparagus. Asparagus merupakan sayur hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Asparagus juga kaya akan vitamin baik untuk ibu hamil trimester pertama. Kandungan nutrisi pada asparagus antara lain ialah vitamin D, Vitamin B, dan asam folat. Asparagus juga mengandung senyawa glutathion yang berfungsi sebagai antioksidan. asam folat akan membantu pembentukan sel baru untuk replika DNA. Selain itu, beberapa hasil penelitian juga menemukan bahwa asam folat yang terdapat dalam asparagus akan membantu untuk menekan kanker dan serangan jantung.. Bau asparagus yang segar ternyata juga membantu mengatasi masalah morning sickness pada trimester pertama kehamilan.
  3. Jeruk
    Buah Jeruk sangat kaya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Jeruk juga kaya akan asam folat yang berfungsi mencegah bayi lahir cacat. Jeruk juga berfungsi mencegah rasa mual karena morning sickness pada kehamilan trimester pertama.
  4. Kacang almond
    Kacang almond banyak mengandung protein, vitamin E dan kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk ibu hamil trimester pertama juga untuk perkembangan otak janin. Bunda juga menikmati kacang almond ini sebagai camilan pada saat hamil.
  5. Brokoli
    Seperti halnya sayur bayam, Brokoli kaya akan serat gizi dan nutrisi : protein, kalsium, vitamin A, B kompleks, C dan E anti oksidan, zat besi, dan fosfor, dan juga asam folat yang sangat bagus untuk janin. Brokoli sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah selama kehamilan, dan juga brokoli bisa mencegah sembelit selama kehamilan, banyak ibu hamil yang terkena sembelit/ susah buang air besar pada trimester pertama kehamilan.
  6. Telur
    Telur bermanfaat memberikan asupan protein pada ibu hamil. Telur juga banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil, terutama saat ibu hamil trimester pertama.
  7. Ikan salmon
    Ikan Salmon kaya akan lemak esensial, protein, vitamin A, vitamin D, B12, dan selenium, yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Ikan ini kaya akan kandungan omega 3 yang penting bagi perkembangan otak janin.
  8. Yoghurt
    Yoghurt merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan janin, dan juga kesehatan kehamilan. Yoghurt juga mengandung vitamin D yang diperlukan untuk ibu hamil trimester pertama, dan serat. Serat pada yoghurt membantu ibu hamil mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, dan ambeien pada ibu hamil. Yoghurt yang baik untuk ibu hamil adalah yoghurt yang masih murni, atau yoghurt yang tidak diberi zat pemanis/ perisai rasa.

Nutrisi dan Vitamin apa Yang baik untuk ibu hamil trimester pertama ?

Makanan yang paling direkomendasikan untuk ibu hamil trimester pertama adalah makanan yang kaya akan asam folat, vitamin, protein dan mineral yang sangat dibutuhkan selama ibu hamil.

Berikut Makanan Yang Wajib Untuk Nutrisi Ibu Hamil:

  • Sayuran

Jika bunda selama kurang menyukai sayur sayuran maka sangat disarankan mulai lah menyukai sayuran dan perbanyak makan sayuran mulai trimester pertama kehamilan bunda karena sayuran sangat baik untuk perkembangan janin anda dan juga memeliharan kesehatan kehamilan bunda.

  • Buah Buahan

Buah buahan merupakan sumber nutrisi yang banyak mengandung vitamin. Banyak vitamin penting untuk ibu hamil trimester pertama berasal dari buah. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah pisang, jeruk dan apel.

Buah pisang mengandung kaya akan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan sel sel otak janin di dalam kandungan.

  • Kacang Kacangan dan Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena mengandung karbohidrat, Vitamin B, serta kalsium yang dibutuhkan janin dan meningkatkan kondisi tubuh ibu hamil, selain itu sereal juga makanan yang kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan ibu hamil.

 

Pada trimester pertama kehamilan merupakan awal mulainya terbentuknya organ janin didalam rahim. Oleh karena itu, nutrisi dan vitamin yang tepat sangat dibutuhkan oleh janin untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Makanan yang banyak mengandung asam folat, protein, vitamin, dan mineral menjadi asupan utama gizi ibu hamil yang sangat dibutuhkan pada trimester pertama.

 

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • Vitamin Ibu Hamil trimester 1
  • vitamin untuk ibu hamil trimester pertama
  • vitamin ibu hamil trimester pertama
  • vitamin bumil trimester 1
  • suplemen ibu hamil trimester 1
  • buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama
  • vitamin untuk awal kehamilan
  • suplemen untuk ibu hamil trimester 1
  • vitamin untuk ibu hamil trimester 1
  • vitamin awal kehamilan

4 Comments. Leave new

Yes, awal kehamilan memang saat krusial dan ibu sangat perlu nutrisi yang baik untuk tubuh dan untuk bayinya. Bagaimana dengan vitamin prenatal? Bukankah itu sama pentingnya?

Reply

Leave a Reply to Anonymous Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: