Gangguan Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

gangguan-kehamilan

  1.  Hiperemesis Gravidarum
    Hiperemesis Gravidarum merupakan keadaan dimana ibu hamil mengalami mual dan mutah yang hebat. Umumnya, gejala mual mutah saat hamil muncul di awal kehamilan dan akan berangsur-angsur menghilang saat memasuki trimester kedua. Namun beberapa ibu hamil mengalami masa mual mutah yang lebih hebat dibanding yang lainya. Hal ini dapat berbahaya, terutama bila ibu tidak bisa makan sama sekali, sehingga kekurangan nutrisi atau cairan (dehidrasi) yang juga dapat mengganggu kesehatan janin yang dikandung. Bila ini terjadi segera hubungi dokter kandungan. Bunda mungkin akan memerlukan pemberian cairan melalui infuse.
    Tanda-tanda Hiperemesis Gravidarum, diantaranya;
  • Sakit Kepala yang hebat
  • Pingsan
  • Nyeri
  • Panas
  • Pembengkakan tangan, jari, atau wajah
  • Susah buang air kecil
  • Kram yang sangat hebat.
  • Gestational Diabetes atau Diabetes Kehamilan
    Gestational Diabetes merupakan gangguan diabetes sementara yang terjadi saat hamil. Ketika bunda hamil, plasenta menghasilkan hormon yang mengurangi efek insulin sehingga ada lebih banyak gula yang tersedia untuk pertumbuhan bayi. Pada diabetes kehamilan, pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang diperlukan tubuh sehingga kadar gula menjadi terlalu banyak. Hal ini dapat membuat bayi tumbuh besar dan mengalami keseimbangan  gula saat lahir.
  • Pre-eklamasia
    Pre-eklamasia merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah ibu hamil tiba-tiba naik. Gangguan ini biasanya terjadi pada semester ketiga kehamilan. Untuk mengatasinya, bunda dianjurkan untuk melakukan bed rest dengan tidur menyamping. Pada kondisi tertentu, bayi harus dilahirkan lebih dini. Jangan khawatir, gangguan ini akan hilang setelah ibu melahirkan.
  • Keguguran
    Keguguran merupakan kondisi dimana ibu hamil kehilangan bayinya, karena bayi gagal berkembang sebelum usia kehamilan 24 minggu. Keguguran biasanya disebabkan oleh masalah plasenta, masalah kromosom, atau infeksi.
    Gejala Umum keguguran adalah sebagai berikut:

    • Adanya rasa nyeri yang hebat dibagian perut bawah selama lebih dari satu jam.
    • Pendarahan dari vagina, disertai kram ataupun tidak.
    • Pendarahan yang disertai keluarnya bekuan darah.
    • Badan terasa lemah hingga pingsan.
  • Hamil ektopik (diluar kehamilan)
    Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi gagal mencapai rahim, menempel pada leher rahim atau rongga lain dalam perut, bahkan kembali ke saluran indung telur. Kehamilan ektopik biasanya tidak dapat berkembang dan harus segera menjalani operasi kuret atau mendapatkan pengobatan lainya.
  • Persalinan Prematur
    Persalinan Prematur adalah situasi dimana bayi dilahirkan sebelum waktunya. Bayi prematur biasanya  dilahirkan antara minggu 20 – 37. Bayi yang dilahirkan belum cukup umur, sehingga biasanya bayi tsb sangat rentan sehingga membutuhkan perawatan-perawatan khusus. Perawatan ini bergantung pada tingkat kesehatanya saat dilahirkan sebelum waktunya. Persalinan prematur dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya infeksi yang terjadi pada vagina atau mulut. Selain itu dehidrasi juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu pastikan ibu minum air minimal 8 gelas perhari agar dapat memenuhi kebutuhan cairan ibu dan janin.
  • Toksoplasma
    Toksoplasma merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit yang terdapat pada tinja kucing. Penyakit ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat mengganggu perkembangan janin pada trimester pertama.
    Jika bunda memelihara kucing, pastikan kucing tersebut terjaga kebersihanya. Namun, hindari membersihkan kotoran kucing oleh ibu sendiri. Mintalah bantuan orang lain untuk menghindari terjadinya kontak dengan parasit penyebab toksoplasma. Bahkan bila ibu tidak memelihara kucing, resiko terkena toksoplasma itu masih dapat terjadi. Tinja kucing yang ada pada tanah di pekarangan rumahlah penyebabnya.
    Jika bunda suka berkebun, pastikan selalu menggunakan sarung tangan saat memegang tanah. Cuci bersih sayuran atau buah-buahan, dan cuci tangan bunda setelah mengolah daging mentah. Pastikan masak makanan hingga benar-benar matang.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: