Fakta Tentang Sistem Pencernaan Tubuh

Bunda, posting kali ini saya akan bahas mengenai Mitos dan Fakta mengenai Sistem Pencernaan tubuh yang saya rangkum dari buku kesehatan Erikar Lebang. Mengapa saya tulis disini? Menurut saya tips tulisan beliau mengenai tips hidup sehat sangat bagus, membahas kesehatan secara unik. Tak didasarkan pada ilmu pengobatan penyakit, tapi pada hal-hal praktis yang bisa dilakukan sehari-hari juga untuk bunda hamil sekalipun. Berikut rangkuman mengenai fakta dan mitos sistem Pencernaan tubuh manusia.

  • sistem-pencernaan-manusiaMakanan adalah penyedia nutrisi ( kombinasi beragam unsur Karbohidrat, Protein, Lemak, Mineral, Enzim, dan lainya ). Agar berguna, makanan harus diproses secara mekanik dan kimiawi dalam sistem pencernaan. Setelah diproses, makanan akan berguna sebagai energi atau zat pembangun dan perbaikan tubuh. mengunyah makanan sehat
  • Kunyahlah makanan dengan baik, agar makanan yang ditelan menjadi halus, dan mudah diserap oleh tubuh.
  • Kunyah makanan itu mutlak diperluakan, karena didalam pencernaan tidak ada lagi penghancur yang serupa dengan gigi.
  • Makanan lunak pun tetap perlu dikunyah lebih dari 10 kali kunyahan, gunanya agar liur mampu tercampur dengan baik ke substansi makanan yang diperlukan. Hal tersebut berlaku untuk karbohidrat yang dilunakkan dalam bentuk bubur atau makanan rendah gizi seperti makanan cepat saji yang juga bersifat lunak ( instan oat, mie, dsb).
  • Gizi yang tinggi dan padat dalam satu jenis makanan, belum tentu sesuai dan berguna apabila masuk ke dalam tubuh manusia.
  • Sistem cerna manusia yang harus menjadi acuan apakah makanan bergizi tersebut berguna atau tidak.

Semoga bermanfaat bunda.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: