Cara Menghindari Keguguran Pada Ibu Hamil

Keguguran adalah sesuatu yang sangat tidak diharapkan oleh ibu hamil manapun. Berdasarkan penelitian, hampir 80% keatas masalah keguguran terjadi saat 12 minggu kehamilan pertama, atau sekitar 3 bulan pertama.

Inilah masa paling kritis dan krusial bagi para ibu hamil untuk tetap memberikan perawatan ekstra terhadap kandungan dan calon bayi yang dimilikinya agar selalu sehat. Janin pada usia ini masih sangat rentan sekali untuk gugur dan rontok dari Rahim karena berbagai hal; mulai dari pola makan, ketidaksengajaan, guncangan rahim, dan pola hidup tidak sehat.

Berdasarkan penelitian, hampir 80% keatas masalah keguguran terjadi saat 12 minggu kehamilan pertama, atau sekitar 3 bulan pertama. Inilah masa paling kritis dan krusial bagi para ibu hamil untuk tetap memberikan perawatan ekstra terhadap kandungan dan calon bayi yang dimilikinya agar selalu sehat.

Tips cara mengatasi keguguran ibu hamilJanin pada usia ini masih sangat rentan sekali untuk gugur dan rontok dari Rahim karena berbagai hal; mulai dari pola makan, ketidaksengajaan, guncangan rahim, dan pola hidup tidak sehat.
Berikut ini ada beberapa tips penting yang bisa di lakukan oleh ibu hamil untuk bisa menjaga kesehatan janinnya dan mencegah terjadinya keguguran:

  1. Nutrisi, gizi, dan makanan harus sangat diperhatikan; karena inilah sumber utama pasokan gizi untuk sang ibu dan calon bayi. Makanan penyubur kandungan yang dikonsumsi oleh ibu haruslah berasal dari sumber yang alami dan wholefood (makanan utuh) seperti sayur, buah, daging, yang mengandung asam folat, vitamin B 12, dan vitamin B complex. Vitamin ini banyak terkandung pada sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi. Sebaiknya di konsumsi sekitar 400 mg asam folat (b9) tiap harinya. Jika sang ibu konsisten menerapkan jenis makanan penyubur kandungan diatas maka ibu bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya keguguran.
  2. Stop rokok dan alkohol, juga minum keras lainnya. Ini sangat berbahaya bagi janin anda. Rokok, alkohol, juga bisa menghambat pertumbuhan calon bayi, terutama otaknya. Nikotin juga menyebabkan kandungan terlepas dari rahim.
  3. Kurangi stres dan lakukan meditasi untuk lebih menenangkan pikiran anda.Stres bisa membuat hormon anda tidak seimbang, sehingga ibu mungkin jadi mual dan sulit untuk makan, yang ujung-ujungnya akan membahayakan kesehatan ibu hamil itu sendiri dan juga.
  4. Istirahat yang cukup: Wanita harus tidur malam paling lambat 10 malam dan tidur selama 8 jam/malam, ini untuk mengantisipasi adanya recovery yang optimal pada ibu tersebut siapa tahu mungkin seharian sudah kelelahan bekerja, dan butuh istirahat yang cukup dan optimal.
  5. Jangan terjatuh; baik dari kendaraan, terpeleset, dan aktifitas fisik berlebihan lainnya. Seperti kita ketahui keguguran terjadi saat janin rontok dari rahim. Adanya benturan fisik akan membahayakan kondisi janin tersebut dan bisa jadi lepas dari rahim. Oleh sebab itu jangan mengendarai sepeda motor sendirian, dan waspada saat berjalan di tangga, lantai yang licin, dan jangan memakai alas kaki seperti sandal yang licin juga.
  6. Hindari Anemia; Anemia adalah kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang bisa membuat ibu cepat oyong, kurang berenergi, dan bisa membuat ibu pingsan, jatuh dan mungkin menyebabkan adanya benturan fisik ke daerah perut dan membahayakan janin.

Selain itu, banyak kasus ibu yang sulit hamil ternyata mereka mengalami anemia atau kekurangan darah. Dari segi kesehatan, tak bisa dipungkiri bahwa sel darah merah lah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke dalam tubuh dan digunakan sel-sel untuk menciptakan energi, dan nutrisi untuk seluruh tubuh.

Bahkan beberapa wanita yang mencoba hamil setelah keguguran, juga sangat rentan akan kekurangan sel darah merah ini sehingga mereka menjadi tidak subur (infertil). Solusi terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan b6, b9 (asam folat), b12 (cobalamin), dan juga zat besi. Contoh makanannya: daging sapi,telur ayam, sayur brokoli, bayam, hati, buah bit, dan juga kentang (beserta kulitnya).

Demikanlah tips menghindari keguguran pada ibu hamil yang bisa anda lakukan. Sebagai gambaran besarnya, ibu wajib menghindari penyebab terjadinya keguguran; seperti malnutrisi, anemia, rokok, benturan fisik, stres, pikiran, aktifitas berat, dan meningkatkan peluang terjadinya proses kehamilan yang aman; dengan tidur teratur, asupan makanan gizi yang tepat, istirahat yang cukup, dan juga tentunya doa kepada yang Kuasa.

Semoga bermanfaat.

 

Related Posts

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: