Berenang Untuk Ibu Hamil

Tips Aman Berenang Untuk Ibu Hamil

aktivitas berenang untuk ibu hamilBerenang merupakan olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil. Banyak manfaat yang diperoleh ibu hamil dengan gerakan-gerakan olah raga berenang diantaranya;

  • Membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak.
  • Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan.
  • Memperkuat otot rahim dan sendi-sendi panggul, agar proses persalinan bunda menjadi mudah nantinya;
  • Terapi untuk kesehatan sendi dan otot.
  • Menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

Aktivitas fisik dengan berenang yang teratur akan membuat otot-otot tubuh ibu hamil menjadi lentur, napas teratur dan tubuh tidak mudah lelah, hal ini tentu sangat berguna ketika ibu akan mengejan saat bersalin.

Ibu hamil boleh berenang sejak trimester ke I kehamilan hingga trimester ke III kehamilan. Pada trimester ke III kehamilan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya bunda lebih berhati-hati mengingat kandungan ibu yang semakin besar, selain juga beban ibu hamil kian berat.

Tips untuk ibu hamil berenang dengan aman dan Sehat .

  • Gunakan pakaian renang ibu hamil yang nyaman, tidak sempit dan menekan area perut.
  • Berenanglah dengan gerakan tenang pelan dan tetap santai. Hindari gerakan-gerakan mengentak dan jangan sampai ada benturan pada bagian perut agar rahim tidak tergoncang. Hal ini termasuk benturan dengan air kolam, sehingga anda harus berhati-hati ketika masuk ke dalam kolam renang. Jangan melompat, namun gunakan saja tangga di tepi kolam renang
  • Jangan menggunakan gaya punggung. Karena dikhawatirkan akan terjadi penekanan pada pembuluh darah di bagian belakang rahim.
  • Jangan memaksakan diri untuk terus bergerak. Jika lelah, istirahatlah dengan cara mengapung atau merelakskan diri.
  • Jangan terlalu lama, cukup 15 – 20 menit (jangan lebih dari 30 menit). Berenang terlalu lama dapat meningkatkan suhu dalam kandungan ibu hamil yang bisa saja membahayakan janin.
  • Gunakan pula sepatu atau alas kaki anti-slip (aqua shoes) supaya ibu hamil tidak terpeleset.
  • Ibu yang sebelumnya jarang berenang, sebaiknya jangan berenang terlalu lama. Bisa dimulai 5-10 menit, lalu secara bertahap tambah 1-2 menit setiap minggu. Berenang bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.
  • Pastikan kolam renang menggunakan air yang bersih, khususnya bila ibu hamil menggunakan fasilitas kolam renang umum, pastikan kolam renang tsb dibersihkan secara berkala.
  • Lakukan Renang di pagi hari sebelum pukul 10.00 dan sore hari sesudah pukul 15.00. Hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara yang panas yang tidak baik bagi janin Anda.
  • Setelah berenang, ibu hamil biasanya terasa lapar atau haus, konsumsilah makanan/minuman yang bernutrisi supaya pertumbuhan janin maksimal.Memilih baju renang ibu hamil

 

 

aktivitas olahraga selama kehamilanBerenang mempunyai manfaat sama seperti ketika anda melakukan olahraga aerobik, berlari, atau berjalan yang berfungsi melatih paru-paru dan jantung. Yang berbeda adalah Ketika berenang, suhu badan ibu lebih stabil. Sehingga gangguan pada janin di dalam kandungan akibat meningkatnya suhu tubuh ibu tidak terjadi.

 

 

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • ibu hamil berenang
  • renang untuk ibu hamil
  • berenang saat hamil
  • berenang untuk ibu hamil
  • apakah ibu hamil boleh berenang
  • renang ibu hamil
  • renang saat hamil
  • hamil berenang
  • ibu hamil boleh berenang
  • berenang bagi ibu hamil

1 Comment. Leave new

[…] Hindari mengangkat beban berat selama kehamilan Ibu hamil mengalami peningkatan jumlah hormon progesteron pada masa kehamilan. Progesteron merilekskan dan melembutkan otot-otot dan jaringan pengikat sendi (ligamen) sehingga membuat tubuh lebih fleksibel, khususnya di area panggul. Perubahan ini membuat Anda lebih berisiko mengalami cidera. Mengangkat beban berat bisa menyebabkan cidera punggung dan peregangan di area tubuh lainnya. baca juga aktivitas yang dianjurkan selama kehamilan. […]

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: