Aktivitas Untuk Ibu Hamil

Aktivitas Untuk Ibu Hamil yang Dianjurkan

 

Untuk menjaga kebugaran selama masa kehamilan, sebaiknya bunda banyak melakukan aktivitas yang dianjurkan seperti olah raga ringan, jalan dipagi hari, dll.  Olah raga yang dimaksudkan adalah olah raga ringan yang tidak banyak melakukan angkat beban dan bukan aktivitas yang harus dihindari ibu hamil yang berbahaya bagi kehamilan . Aktivitas apa saja sih yang dianjurkan untuk kesehatan ibu hamil? Berikut ini aktifitas yang dianjurkan boleh dilakukan, dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Aktivitas untuk Ibu Hamil yang boleh dilakukan selama masa Kehamilan

  • aktivitas-buat-ibu-hamilBerolah raga. Bunda yang hamil dianjurkan berolah raga agar supaya kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Aktivitas olah raga harus sesuai dengan kondisi kehamilan ibu, dan juga menyenangkan. Berolahraga bisa dilakukan sendiri di rumah atau di luar rumah, dan dilakukan pada waktu pagi hari. Beberapa aktivitas olah raga yang boleh dilakukan ibu hamil antara lain; jalan sehat, yoga hamil, dan berenang. Penelitian membuktikan bahwa ibu yang rajin melakukan aktivitas olahraga ringan memiliki janin dan plasenta yang sedikit lebih besar daripada ibu yang tidak berolahraga.
  • aktivitas ibu hamil di dalam rumahBekerja selama masa kehamilan ibu tidak dilarang. Jika bunda seorang karyawan kantor lakukanlan aktivitas pekerjaan dikantor seperti biasanya , hindari pekerjaan yang melibatkan fisik berat dan menimbulkan kelelahan. Pekerja perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.
  • Berhubungan Intim. Pada trimester pertama ( 1-3 bulan umur kehamilan) posisi boleh saling  berhadapan (misionaris).Trimester kedua & ketiga (usia kehamilan 3 bulan keatas), posisi yang disarankan adalah ibu diatas suami dibawah. Bisa dalam posisi berbaring atau duduk. Bisa juga dilakukan dalam posisi ibu miring.

 

Aktivitas yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamilbekerja-saat-hamil

  • Mengangkat Beban Berat. Aktivitas mengangkat beban berat dapat meningkatkat resiko berbahaya pada ibu hamil.
  • Berdiri terlalu lama. Bunda sebaiknya hindari aktivitas rumah tangga yang menuntut untuk berdiri selama berjam-jam. Hindari berdiri dalam waktu yang lama ( beresiko menambah tekanan ekstra pada kaki dan punggung ).

 

 

Tips Ibu Hamil Tags:

  • kegiatan ibu hamil
  • Aktivitas Ibu Hamil
  • aktifitas yang perlu di lakukan ibu hamil saat kandungan berusia satu bulan
  • kegiatan yang baik untuk ibu hamil
  • Kegiatan untuk ibu hamil
  • aktifitas ibu hamil
  • aktivitas apa saja yang dilakukan ibu hamil
  • aktivitas yang baik untuk ibu hamil
  • kegiatan yg bagus untuk ibu hamil
  • kegiatan sehari hari untuk ibu hamil tua

3 Comments. Leave new

[…] AKTIFITAS YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL […]

Reply

[…] sickness kondisi dimana bunda merasa mual dan atau tidak disertai mutah yang bisa mengganggu aktivitas ibu hamil dan asupan gizi ibu hamil. Walaupun demikian, bunda sebaiknya tetap menjaga makanan sehat dan […]

Reply

[…] Untuk menunjang kesehatan kehamilan, bunda bisa melakukan kegiatan/ aktivitas olahraga ringan yang dianjurkan buat ibu hamil (berenang, jalan kaki ringan, dll), sebaiknya bunda menjaga kegiatan yang tidak boleh dilakukan […]

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: